Pantai Taman Ayu, Keelokan Pantai di Kabupaten Malang Bagian Selatan

Kabupaten Malang sedang gitul-getolnya mempromokan rekreasi pantainya. Bahkan juga, di tahun 2014 lakukan promo sampai ke Jerman dengan branding Malang seribu pantai. Salah satunya pantai yang jadi unggulan ialah Pantai Taman Ayu. Pantai ini berada di Dusun Tumpakrejo, Kec. Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur.

Pantai Taman Ayu

Daya Tarik Pantai Taman Ayu

Daya tarik pantai ini bisa di pikirkan saat Anda sampai di pekarangan gerbang masuknya. Suara debur ombaknya dari terlalu jauh seakan telah mampu mengguyuri sekujur badan. Sepoinya angin yang terhembus juga seperti menarik-narik badan untuk makin dekat ke bibir pantai. Atmosfer keelokan itu tidak lagi angan-angan tingkat dewa saat kaki betul-betul bertumpu di atas pasir putihnya. Pohon-pohonan teduh di sekitaran pantai juga pantas jadi tempat favorite untuk melangsungkan alas. Anda dapat makan siang di sekedar berbaring atau bawahnya. Ada juga beberapa ayunan di antaranya.

Berlainan dari pantai ngantep yang di sebut surga untuk beberapa peselancar. Pantai ini memiliki tipikal pantai yang berkarang dengan arus bawah yang kuat, meskipun sama ombak yang besar pantai ini tidak pas jadi tempat berselancar.

Untuk Anda yang ingin sekadar merendam, Pantai Taman Ayu tawarkan lokasi yang nyaman. Walau ombaknya besar, 10 mtr. dari bibir pantai, tempatnya masih dangkal. Di sejauh pantai yang dangkal ini jarang-jarang sekali ada batu karang, hingga dasarnya nyaman di kaki. Akan tetapi, masih tetap di perlukan kesiagaan saat air pasang.

Pantai Taman Ayu sendiri sebetulnya terdiri dari 2 sisi yaitu pantai pertama sebagai pantai yang luas yang umumnya selalu ramai di datangi wisatawan. Sedangakan pantai ke-2 ada di samping barat dan termasuk lebih sepi hingga jadikan panorama pantainya lebih eksotis.

Walau baru di sahkan sekian tahun lalu, tetapi sarana yang ada di Pantai Ngantep ini cukup komplet tersedia. Di tempat pantai ini telah di buat kantor rekreasi dan tempat parkir yang cukup luas. Ada juga banyak warung nasi, kios-kios dan warung kopi yang di buka oleh warga dusun sekitar. Untuk Anda yang ingin melewati situasi malam di pantai ini tak perlu cemas, karena ada juga pemondokan untuk umum dengan biaya dimulai dari 100 ribu rupiah per malam.

Akses Menuju Lokasi Pantai

Bila Anda ingin berkunjung pantai ini secara kelompok atau sendiri anda tidak perlu cemas. Jalan yang di lalui benar-benar gampang untuk di lewati semua tipe kendaraan. Sayang, seperti arah rekreasi lain di Kab. Malang kendaraan umum tidak ada yang ke arah langsung ke pantai ini.

Berikut jalur yang dapat Anda lalui baik menggunkan kendaraan individu atau umum bila ingin berkunjung Pantai Taman Ayu.

Kendaraan Umum (Bis, angkutan kota, ojek)

Jika pelancong ingin betul-betul rasakan akar penjelajahan, naik kendaraan umum ke arah Pantai Balekambang pantas di coba. Jalurnya ialah dari Terminal Arjosari, Malang, naiklah angkutan kota jalur Terminal Gadang. Lalu, lanjut dengan naik angkutan kota jalur Bantur.

Sesampai di Bantur pelancong dapat memakai jasa ojek untuk melanjutkan perjalanan ke arah Pantai Ngantep karena tidak ada kendaraan umum langsung ke arah pantai itu.

Kendaraan Pribadi

Bila akan pergi berekreasi ke Pantai Ngantep bersama kelompok keluarga besar atau rekan, sebaiknya pelancong bawa kendaraan individu untuk kenyamanan sepanjang perjalanan. Dari pusat perkotaan Malang, pelancong bisa pilih salah satunya antara dua jalur berikut:

Malang – Bululawang

Dari Malang, mengambil arah ke arah Gadang dan Kendalpayak untuk ke arah Dusun Gondanglegi, Pagelaran, Bantur, Srigonco, sesampai di perempatan ke arah arah Balekambang anda belok ke kiri ke arah pantai Goa Cina. Turuti saja jalan kemudian Anda akan mendapati sebuah gapura masuk ke arah Pantai Ngantep, dari gapura itu anda tinggal ikuti jalan sekitaran 1,5 Km. 500 mtr. pertama anda akan meleati jalan aspal yang lumayan bagus, selanjutnya bekasnya ialah lajur batu-batuan dan tanah. Sesudah masuk ticket masuk pantai ngantep anda belok ke kiri sekitaran 200 Mtr. karena itu anda sampai di Pantai Taman Ayu

Malang – Kepanjen

Bila pilih jalur ini, pelancong bisa melalui Dusun Gondanglegi, Pagelaran, Bantur, Srigonco sesampai di perempatan ke arah arah Balekambang anda belok ke kiri ke arah Pantai Goa Cina. Turuti saja jalan kemudian Anda akan mendapati sebuah gapura masuk ke arah Pantai Ngantep, dari gapura itu anda tinggal ikuti jalan sekitaran 1,5 Km. 500 mtr. pertama anda akan meleati jalan aspal yang lumayan bagus, selanjutnya bekasnya ialah lajur batu-batuan dan tanah. Sesudah masuk ticket masuk pantai ngantep anda belok ke kiri sekitaran 200 Mtr. karena itu anda sampai di Pantai Taman Ayu.

Malang – Turen

Bila pilih jalur ini, anda dapat belok ke kiri saat sebelum Pabrik Gula Krebet, kemudian turuti papan petunjuk jalan ke sendang biru. Setelah tiba persilangan jalan ke arah Sendang Biru dan Goa Cina, turuti arah yang ke Goa Cina terus turuti saja JLS lokasinya sekitaran 2 km sesudah Pantai Ngudel.

kami menyediakan berbagai macam tour lokal bromo atau promo tour ke malang

Tour Planner kami siap membantu anda.