Coban Ciblungan, Air Tejun Mungil dengan Banyak Aliran Air yang Masih Alami

Seperti yang sempat saya ulas di artikel awalnya, Kabupaten Malang Propinsi Jawa Timur sebagai wilayah yang memiliki tempat wisata air terjun yang paling banyak. Karena sangat jumlahnya, karena itu masih ada lokasi air terjun yang belum teratur secara maksimal. Tetapi meski begitu, nuansa naturalnya jadi bintang di lokasi yang belum teratur itu. Seperti lokasi Coban Ciblungan yang ada di Kecamatan Ampelgading. Walau belum diatur dengan baik oleh pemerintahan atau swasta, tetapi Coban Ciblungan bisa memikat hati beberapa pengunjung.

Coban Ciblungan

Daya Tarik Keelokan Coban Ciblungan

Coban Ciblungan sebagai lokasi air terjun yang merayap naik merampas hati beberapa traveler. Lebih satu air terjun sebagai unggulan dari Coban Ciblungan.

Di lokasi itu, ada satu air terjun yang besar yang terletak paling tertinggi atau atas. Selanjutnya di bawahnya ada beberapa air terjun yang kecil, hingga membuat kesatuan keelokan alam yang luar biasa.

Sumber air untuk coban yang besar datang dari saluran sungai, tetapi air terjun yang kecil datang dari sumber mata air setempat.

Kombinasi air dari coban yang kecil sama yang besar jadi sebuah kolam air yang jernih tetapi tidak begitu dalam. Karena airnya langsung mengucur ke sungai yang lokasinya ada sesudah kolam air terjun.

Karena keadaan kolam tidak begitu dalam, karena itu juga bisa tiba ke lokasi Coban Ciblungan dengan catatan masih tetap di lokasi yang dangkal atau tidak begitu dalam ya…

Kalian harus berhati-hati saat ada di titik pas air terjun jatuh. saat ada di batu-batuan disekitaran air terjun tetap harus jaga keamanan, saat keadaan licin kalian dapat tergelincir jatuh.

Macam Kegiatan Di Sekitar Air Terjun

Ada banyak macam kegiatan yang bisa dilaksanakan oleh beberapa pengunjung saat ada di lokasi Coban, yakni :

1. Berenang Atau Bermain Air

Yang pertama sudah pasti berbasahan alias bermain air atau berenang. keadaan kolam yang tidak begitu dalam, keadaan air yang bersih, dan pohon-pohonan yang melingkari lokasi air terjun jadi kepuasan ketika bermain air di lokasi ini.

2. Spot Photo

Kegiatan seterusnya yang dapat dilaksanakan beberapa pengunjung saat ada di sini ialah hunting photo untuk keperluan content media sosial.

Bisa dibuktikan, Coban Ciblungan populer karena jumlahnya beberapa orang yang mempublikasikan keelokan lokasi ini, hingga Coban Ciblungan mulai merayap naik dikenali di kelompok beberapa traveler.

3. Nikmati Keelokan Alam

Keadaannya yang alami jadikan lokasi ini benar-benar pas untuk mereka yang ingin melepas semua kepenatan hidup, baik tugas atau beberapa hal lainya.

Udaranya yang sejuk, suara air terjun dan saluran air, ditambahkan suara burung-burung yang terbang bebas di alam memberi situasi damai.

Sebuah situasi yang berbeda jauh dengan situasi kota. Tempat perkebunan masyarakat, sawah, pegunungan, dan pohon-pohonan ialah panorama yang bisa memberi kenyamanan saat di lokasi.

Sekalian duduk dalam suatu batu besar, di muka Coban Ciblungan, nikmati siraman air terjun yang terikut angin, sekalian minum kopi atau satu cangkir teh hangat.

Memikirkannya saja telah nikmat, apalgi saat ada di lokasi. Tetapi sampahnya janganlah sampai dibuang asal-asalan ya !

Karena “Sampahmu Ialah Dosamu “.Pikir warga sekitaran yang manfaatkan Coban Ciblungan untuk sumber mata air khusus, apa yang terjadi bila sampah berantakan dan padati saluran air khususnya sampah plastik.

Diperlukan sebuah kebijakan dan kesadaran dari beberapa pengunjung, karena bersamaan dengan mengembangnya sebuah lokasi rekreasi, ada sebuah rintangan yang perlu ditemui khususnya oleh faksi warga sekitaran dan pengurus.

Sampah, rusaknya ekosistem sekitaran lokasi, dan sikap pengunjung ialah rintangan yang umum muncul. Maka dari itu jadilah pelancong yang arif ya..

Lokasi Dan Alamat Coban

Lokasi dan alamat Coban ini ada di Dusun Purwoharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur – Indonesia.

Rute Menuju Lokasi

Jalur ke arah lokasi Coban lumayan gampang, karena lokasi loket dan gerbang intinya ada di samping jalan. Dan dari loket pembayaran ke arah Coban Ciblungan tidak begitu jauh.

Untuk ke arah Coban Ciblungan bisa dilakukan memakai kendaraan beroda 2, mapun kendaraan roda empat. Dan dari parkir diteruskan pada jalan kaki telusuri lajur yang telah ada ke arah lokasi air terjun atau coban.

Jalur ke arah Coban Ciblungan bila dari Malang dapat lewat Turen, selanjutnya diteruskan ke arah Dampit. Kemudian, teruskan perjalanan ke arah Tirtoyudo.

Dari Tirtoyudo, terus teruskan ke arah Ampelgading, selanjutnya masuk ke wilayah Purwoharjo persisnya arah PLTA Ampelgading.

Saat sebelum gapura tepian Malang dengan Lumajang ada papan petunjuk arah ke arah lokasi Coban Ciblungan. Dan lokasi gapura masuk Coban ada di samping kanan.

Dan paling akhir, dari loket pembayaran, teruskan dengan menuruni anak tangga, selanjutnya jalan setapak ke arah lokasi coban. Lajurnya tidak terjal, hingga juga bisa dilewati bersama anak-anak, namun tetap berhati-hati karena sedikit licin.

Jarak dari kota Malang ke arah lokasi Coban Ciblungan sekitaran 65 km dengan keseluruhan waktu pintas sekitaran 2 jam perjalanan.

Harga Tiket Masuk Coban Ciblungan

Untuk pengunjung yang tiba ke Coban , dikenai ongkos seperti berikut :

  • Ticket masuk : Rp. 5.000 per-orang
  • Parkir mobil : Rp. 3.000 per unit
  • Parkir motor : Rp. 2.000 per unit

Jam Operasional

Jam operasional Coban Ciblungan membuka dari jam 08.00 s/d jam 17.00 dari hari Senin s/d hari Minggu.

Panduan Wisata

Berikut panduan rekreasi untuk kalian yang memiliki gagasan habiskan waktu berlibur di Coban Ciblungan :

  • Saat di jalan raya dari Malang ke arah Coban piculah kendaraan anda dengan berdasar ke konsep kenyamanan dan keamanan. Karena jalan ke arah lokasi banyak kelokan.
  • Siapkan pakaian tukar dan bekal makanan
  • Untuk kalian yang tidak dapat berenang, cukup bermain air di lokasi yang tidak begitu dalam.
  • Janganlah sampai bertandang ke lokasi Coban Ciblungan di saat musim penghujan, karena arus airnya akan deras dan kuat.
  • Tidak boleh menghancurkan lingkungan alam
  • Tidak boleh buang sampah asal-asalan
Penutup

Perubahan dunia tehnologi yang demikian cepat kadang beberapa orangtua lupa untuk memperkenalkan anak-anaknya pada alam.

Walau sebenarnya bila orang tuanya ada niat kuat, anak-anak lebih sukai bermain di alam ditambah dengan panorama yang cantik. Bentangan alam akan mengajari anak hal yang lebih membahagiakan dan berguna.

Mudah-mudahan kedatangan Coban Ciblungan sanggup menyuguhkan sebuah tujuan rekreasi keluarga yang nyaman dan aman.

Selamat liburan…

jika kalian ingin berwisata ke Malang, sebaiknya memesan paket malang tour atau paket wisata murah bromo.

Tour Planner kami siap membantu anda.