Wisata Taman Nasional Baluran

Wisata Taman Nasional Baluran

Wisata Taman Nasional BaluranMengulik Lebih Dekat Tentang Tempat Wisata Taman Nasional Baluran
Wisata Taman Nasional Baluran merupakan tempat wisata yang berada di Banyuputih, Wongsorejo Kabupaten Situbondo Jawa Timur. Menurut orang orang Indonesia, Wisata Taman Nasional Baluran ini dijuluki sebagai tempat yang mirip sekali seperti Afrika atau Africa Van Java. Mengapa begitu? Karena di Wisata Taman Nasional Baluran ini memiliki padang savana yang sangat luas dan penuh dengan satwa liar. Sejauh mata anda memandang di daerah tersebut, semuanya adalah padang yang tandus, bebatuan, serta pohon pohon kering. Lalu satwa liar yang menempati Taman Nasional ini ada kerbau, rusa, banteng, burung merak dan monyet berekor panjang. Savana yang ada di Taman Nasional ini menjadi salah satu ciri khas dari kawasan konservasi di Wisata Taman Nasional Baluran. Mengapa dinamakan Baluran? Karena nama itu diambil dari salah satu gunung yang ada dekat di daerah tersebut yaitu Gunung Baluran.

Baca juga: Air Terjun Blawan Bondowoso

Pintu masuk wisata taman nasional baluran
Sebelum anda memasuki kawasan Wisata Taman Nasional Baluran, anda harus membayar biaya masuk kira kira 5.000 rupiah per orang dan mobil 10.000 per hari. Dari pintu masuk Wisata Taman Nasional Baluran, kita harus menempuh perjalanan sekitar 12 km untuk menuju ke padang savana bekol. Anda akan disambut dengan pemandangan hutan musiman yang sangat lebat yang panjangnya sekitar 5 km. Tetapi pada musim kemarau, hutan tersebut daunnya akan menguning dan kering jadi tidak akan indah untuk dipandang dan juga rawan sekali terjadi kebakaran. Disarankan apabila ingin ke taman wisata ini pada musim penghujan saja. lalu di kilometer 6 sampai 9, anda akan disajikan dengan pemandangan hutan yang sepanjang tahun daunnya hijau terus tidak akan kering atau apapun. Hutan ini memiliki nama populer yaitu hutan evergreen. Hutan ini selalu hijau sepanjang tahun dan tidak pernah kering sekalipun karena hutan ini berada tepat di wilayah cekungan yang terdapat sungai, dan sungainya itu berada di bawah tanah. Jadi seakan akan pengunjung melewati terowongan hijau karena pepohonan disana sangat rapat dan lebat sepanjang jalan.

Padang savana bekol
Di wilayah ini anda akan melihat hamparan padang savana yang sangat luas serta pemandangan Gunung Baluran yang sangat indah. Padang savana ini memiliki luas sekitar 300 hektar dari jumlah total 10.000 hektar luas padang savana di Wisata Taman Nasional Baluran.

Pantai Bama
Setelah puas dengan padang savana bekol, wisata selanjutnya adalah pergi ke pantai bama yang jaraknya kurang lebih 3 km. Di perjalanan anda akan melihat luasnya padang savana juga sedikit hutan. Disana terdapat monyet monyet liar yang akan menyambut anda di sepanjang jalan, bahkan terdapat biawak juga di jalan tersebut. Kehadiran monyet ini semakin banyak bahkan pada saat di pintu masuk, terkadang monyet monyet sering ditemui. Tapi harus berhati hati, kalau anda kurang hati hati sedikit saja barang barang anda akan di ambil alih oleh monyet tersebut. Selalu tutup kaca mobil rapat rapat dan jangan meninggalkan barang berharga sembarangan. Dibandingkan dengan padang savana bekol, pantai brama terdapat fasilitas yang bagus. Dan disana anda bisa bermain air dengan leluasa seperti berenang, snorkling, istana pasir, dll

Wisata Taman Nasional Baluran

Itu tadi sedikit banyak membahas tentang indahnya Wisata Baluran dan jangan lupa untuk mengeksplor keindahan alam serta kekayaan alam di Indonesia terutama di Wisata Taman Nasional Baluran.

admin