Wisata Religi Makam Sunan Ampel

Wisata Religi Makam Sunan Ampel

Wisata Religi Makam Sunan AmpelWisata Religi Makam Sunan Ampel Menarik Banyak Wisatawan
Mungkin bagi para pecinta wisata religi, wisata kunjungan atau ziarah makam merupakan salah satu wisata yang menjadi favorit. Para wisatawan tersebut mengunjungi makan – makam tokoh – tokoh pemuka agama islam pada zaman dahulu misalnya wisata religi makam sunan ampel. Tempat wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata yang mana banyak diminati oleh para pecinta wisata religi.

Lalu apa itu wisata ziarah religi makam sunan ampel? Dan apa saja yang bisa kita lihat dan nikmati di sana? Pada kesempatan kali ini artikel ini akan membahas lebih jauh mengenai hal tersebut. Sehingga bisa menambah pengetahuan anda mengenai salah satu destinasi wisata religi berikut ini.

Apa itu wisata ziarah makan sunan apel?
Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pada saat ini banyak orang yang menyukai kunjungan ziarah makam. Salah satunya adalah makan sunan ampel. Objek wisata religi sunan ampel merupakan salah satu objek wisata makam yang terletak disekitar komplek Masjid Sunan Ampel tepatnya terletak di bagian belakang komplek masjid Sunan Ampel. Di tempat ini terdapat makam sunan ampel yang mana merupakan seorang tokoh besar penyebar agama islam pada waktu itu. Nah selain anda bisa wisata religi, anda juga bisa ziarah juga untuk mendoakan para arwah leluhur pemuka agama islam pada waktu itu. tempat wisata religi makam sunan ampel ini terletak di dekat jembatan merah surabaya yang mana mudah diakses dari arah manapun.

Baca info menarik lainnya:
– Masjid Cheng Ho Surabaya
– Objek Wisata Patung Budha Empat Wajah

Bagaimana bangunan objek wisata sunan ampel?
Jika pertama kali anda memasuki kawasan objek wisata sunan ampel ini anda akan disuguhkan bangunan klasik. Pintu masuk anda akan disuguhi gapura besar yang bisa anda lewati untuk masuk ke area masjid sunan ampel dan makam sunan ampel. Gapura ini disebut dengan gapura Madhep yang mana mempunyai arti menghadap kiblat. Komplek makam ini mempunyai area yang luas. Oleh karena itu , komplek makam ini tidak hanya digunakan sebagai Makam Sunan Ampel namun juga sebagai makam para pengikut salah satu walisongo ini.

Banyak orang mengujungi Makam Sunan Ampel ini untuk berziarah dan mendoakan. Namun tidak hanyan Makam Sunan Ampel saja, banyak para penziarah juga menggunjungi makam – makam yang ada disekitar komplek makam tersebut. Makam yang bisa dikunjungi andalah Makan Shonhaji atau yang disebut juga dengan Makam Mbah Bolong. Mbah Bolong adalah seorang nahkoda kapal Dia sangat ahli dalam ilmu perbintangan maka dia menggunakan ilmunya tersebut untuk menentukan arah kiblat pada masjid sunan ampel ini. Ada mitos yang berkaitan dengan Makam Mbah Bolong ini. Konon apabila orang meragukan arah kiblat pada masjid sunan ampel ini, Mbah Bolong memberikan lubang pada diding dengan jari, dan dari lubang tersebut para santri bisa melihat arah kab’ah secara jelas. Itulah mitos yang berkembang sejak zaman dahulu.

Ketika anda memasuki area Makam Sunan Ampel anda akan melewati gapura yang bernama gapura Paneksen. Gapura ini melambangkan rukun islam yang pertama yaitu syahadad yang bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah.

Wisata Religi Makam Sunan Ampel

Area Makan Sunan Ampel ini sangat rindang dan bersih sekali. Jalanya pun sudah dilapisi dengan paving block dan dikelilingi dengan pohon – pohon hijau yang rindang. Jika anda lelah, di tempat ini juga disediakan beberapa gajebo yang bisa digunakan untuk beristirahat sejenak. Selain itu, di sekitar wilayah wisata religi makam sunan ampel juga terdapat berbagai macam kios penjaja makanan khas dan oleh – oleh khas Surabaya.

admin