Wisata Pemandian Air Panas Cangar Batu

Wisata Pemandian Air Panas Cangar Batu

Wisata Pemandian Air Panas Cangar BatuWisata Pemandian Air Panas Cangar, Lokasi Liburan yang Menyenangkan.
Meski tidak lagi menjadi bagian dari wilayah Malang, kota Batu terus menunjukkan eksistensi sebagai kota yang memiliki beragam obyek wisata di dalamnya. Tidak hanya gunung, taman bunga, dan juga kebun buah, di kota ini kalian akan menemukan Pemandian Air Panas Cangar yang terletak tepatnya di kaki Gunung Welirang, Batu – Malang.

Keunggulan liburan di wisata Pemandian Air Panas Cangar Batu dibandingkan dengan yang lain adalah, pertama melepas penat sebagaimana tujuan utama berlibur, kedua kandungan belerang yang terkandung di dalamnya berpotensi menyehatkan dan membuat tubuh menjadi lebih bugar. Dengan begitu, tidak hanya rasa fresh yang kita dapatkan selama liburan namun kita juga akan merasa lebih sehat sepulang berwisata. Bagaimana? tertarik berkunjung? Siapkan waktu luang kalian dan ikuti rute berikut ini untuk sampai di tujuan.

Rute Menuju Pemandian Air Panas Cangar
Akses jalan menuju obyek wisata Pemandian Air Panas Cangar Batu cukup aman dan nyaman untuk dilalui. Kalian akan melalui sepanjang jalan beraspal yang bisa diakses dengan kendaraan pribadi baik motor atau mobil. Jangan harapkan akan menemukan angkutan umum sepanjang jalan ini sebab pemerintah setempat belum menyediakan alat transportasi tersebut. Jalur ini telah dibangun dengan sangat baik sebab menjadi jalur penghubung utama dari kota Batu ke Mojokerto. Meski begitu, pastikan kendaraan yang membawa kalian ke tujuan wisata ini dalam keadaan prima sebab seperti kebanyakan daerah pegunungan, di jalur ini kalian akan menemukan cukup banyak tanjakan dan jalanan curam. Ada dua rute yang bisa diambil:

  1. Rute Batu untuk wisatawan yang berasal dari daerah sekitaran Malang, Sidoarjo dan Surabaya
    Ambil rute menuju kota wisata Batu, ikuti petunjuk ke Pemandian Air Panas Cangar. Arah wisata ini sama dengan arah yang harus diambil saat kalian mengunjungi Selecta dan juga Coban Talun. Ikuti rute tersebut hingga sampai di Taman Hutan Rakyat R. Soeryo dan menemui pintu masuk wisata Pemandian Air Panas Cangar.
  2. Rute Pacet untuk wisatawan yang berasal dari daerah sekitaran Jombang dan Mojokerto.
    Ambil rute menuju Pacet lalu belok kanan. Ambil arah ke Batu melalui Cangar (sesuai dengan petunjuk arah Batu-Cangar). Jika menempuh rute ini baiknya lebih berhati-hati sebab jalanan yang ekstrim dan penuh tanjakan. Kalian akan menemukan Jembatan Kromong, setelah itu Jembatan Kembar yang terdapat di tengah hutan setelah Coban Watu Ondo. Lebih kurang 500 meter dari sini kalian akan menemukan pintu masuk Pemandian Air Panas Cangar.

Apa yang akan kita temui saat di pemandian air panas Cangar?
Di lokasi ini ada 3 kolam yang bisa kalian manfaatkan, pertama kolam khusus berenang. Kolam ini terdiri dari dua kolam yaitu kolam dalam dan kolam dangkal. Jika ingin berenang di kolam yang pertama ini, kalian diharuskan membayar lagi. Kedua, di kolam yang kedua pengunjung bisa berendam sepuasnya. Kolam kedua kaya akan belerang dan terasa hangat (atau bahkan panas). Itulah kenapa perlu waktu beradaptasi saat berendam di kolam ini. Ada tiga kolam yang tersedia, dua kolam berendam umum, dan 1 kolam berendam khusus wanita yang telah diberi sekat. Tidak perlu bayar untuk menikmati lokasi ini. Ketiga, kolam yang khusus dipakai untuk tempat bermain anak-anak dan kebetulan lokasinya juga berdekatan dengan taman bermain anak di Cangar.

Baca info lainnya:
– Wisata Museum Angkut Batu
– Wisata BNS – Batu Night Spectacular

Fasilitas dan kegiatan di Pemandian Air Panas Cangar Batu – Malang.

  1. Mengunjungi Goa Jepang
    Dari lokasi pemandian, kalian bisa menempuh perjalanan sepanjang 600 meter menuju Goa Jepang yang berada di dekat lokasi pemandian. Ini adalah goa bersejarah saat Jepang menjajah Indonesia.
  2. Camping Ground
    Lokasi pemandian sangat cocok dipakai untuk kegiatan camping sebab memiliki lahan yang luas dan cukup untuk menampung tenda-tenda. Selain itu, ada pula aula untuk kegiatan kepramukaan. Namun ijin penggunaan area ini ada di tangan perhutani setempat.
  3. Taman Bermain
    Pemandian Air Panas Cangar memang di setting untuk lokasi liburan sekeluarga. Salah satu fasilitas yang disediakan adalah taman bermain khusus anak yang menyediakan berbagai macam permainan.
  4. Lahan Parkir
    Ada dua lokasi parkir di taman wisata ini, yaitu tempat parkir atas dan tempat parkir bawah. Dari kedua tempat parkir tersebut kita bisa menikmati keindahan panorama pegunungan di pagi hari.

Wisata Pemandian Air Panas Cangar Batu

Menikmati tempat wisata pemandian air panas cangar batu, yang paling tepat adalah pada musim sepi, karena anda dapat lebih leluasa berendam di kolam air panas tanpa ada pengunjung lainnya. Selamat mencoba.