Wisata Pantai Goa Cina Malang

Wisata Pantai Goa Cina Malang

Wisata Pantai Goa Cina MalangWisata Pantai Goa Cina, Dibalik Nama Unik dan Keindahan Panorama Pantai !
Apa yang Anda harapkan dari tempat wisata pantai Goa Cina Malang? Apakah lokasinya berada di Cina, pemandangan menarik, atau hal lainnya. Anda yang pernah mengunjungi pantai ini tentu akan mengetahui hal-hal seperti ini !

Pantai Goa Cina ini adalah nama sebuah tempat wisata yang ada di Indonesia, atau lebih tepatnya di daerah Malang. Berada di Dusun Tumpa Awum Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Nama tempat wisata ini memang tergolong baru, namanya mencuat setelah banyak orang yang mengupload kegiatan mereka di tempat ini.

Pantai Goa Cina
Nama asli dari pantai ini bukan Goa Cina, melainkan Pantai Rowo Indah. Namun berdasarkan cerita, terjadi sebuah peristiwa, dimana seorang Cina ditemukan meninggal ketika sedang bertapa di goa tersebut. Maka semenjak itulah kawasan ini lebih dikenal dengan sebutan pantai Goa Cina.

Keindahan pantai
Sebagai Obyek Wisata Pantai Goa Cina Malang, tidak hanya namanya saja yang unik, namun keindahan pantainya juga unik, berikut beberapa hal menarik tentang pantai Goa Cina ini.

  1. Di kawasan ini Anda tidak hanya menemukan ombak besar, seperti khasnya pantai-pantai yang menghadap ke arah samudra, namun juga Anda dapat menikmati matahari terbenam atau sunset di tempat ini.
  2. Hal unik lainnya yang akan Anda temukan ditempat ini adalah gelombang laut yang tidak beraturan, dari arah selatan, barat dan timur. Penyebabnya adalah pecahnya ombak akibat terbentur 2 pulau kecil, yaitu pulau Bantengan, dan Pulau Nyonya. Karena gelombang yang dihasilkan cukup kuat, sehingga suara yang ditimbulkan juga cukup kuat. Ini juga yang menyebabkan tidak ada perahu yang mau bersandar ke pantai ini. Banyak sekali perahu yang hanya mondar-mandir menuju pantai Sendang biru.
  3. Keindahan lainnya yang akan Anda nikmati di tempat ini adalah adanya 3 buah puau kecil yang lokasinya tidak jauh dari pinggir pantai, yaitu pulau Bantengan, pulau Nyonya dan pulau Goa Cina.
  4. Untuk Anda yang penasaran dengan goa Cina, jaraknya tidak jauh dari pantai ini, sekitar 50 meter dan berada di bukit karang. Bentuk goa ini seperti sebuah rongga, yang menjorok ke dalam sekitar 8 meter, sedangkan tinggi goa ini diperkirakan 2 meter. Karena goa ini berada di batu karang, maka di dalam goa ini Anda tidak akan menemukan stalagtit dan stalagnit.

Pesona alam sekitar pantai Goa Cina
Di kawasan ini Anda tidak hanya dapat menikmati keindahan panorama alamnya saja. Beragam aktifitas seperti camping ringan dapat Anda lakukan di tempat ini. Namun harap diingat, walaupun tempat ini cantik, sebaiknya Anda tidak berenang di pantai, karena arus ombaknya cukup deras. Jika Anda ingin menikmati pantai, dan bermain air, tetap boleh, namun tidak terlalu dalam.

Baca: 
Wisata Pantai Tiga Warna Malang
– Wisata Pantai dan Air Terjun Banyu Anjlok

Rute menuju pantai Goa Cina
Ada beberapa cara yang dapat Anda tempuh menuju kawasan ini, namun biasanya menggunakan kendaran pribadi. Bagi Anda yang mengunjungi malang namun tidak memiliki kendaraan pribadi dapat mengajukan rental mobil atau rental motor.

Sedangkan rute menuju kawasan ini dari Kota Malang adalah pergi ke arah Selatan menuju daerah Gadang, kemudian Bululalang, Lalu daerah Turen, kemudian Sumber Manjing Wetan dan terakhir adalah Sitiarjo. Rute menuju daerah ini memang tidak semulus tempat wisata di tempat lainnya, namun hal ini tentu terbayarkan setelah Anda menikmati pantai Goa Cina nan indah.

Wisata Pantai Goa Cina Malang

Untuk masuk ke kawasan ini Anda hanya akan dipungut biaya sebesar Rp 10.000 ribu rupiah, sebagai biaya untuk membersihkan lokasi wisata pantai Goa Cina Malang ini. Bagaimana, cukup menarik bukan, coba saja datang dan nikmati pesona indahnya pantai yang indah nan cantik ini.

admin