Wisata Air Terjun Lider

Wisata Air Terjun Lider

Wisata Air Terjun LiderObyek wisata Air Terjun Lider, Banyuwangi, Jawa Timur.
wisata Air Terjun Lider letaknya berada di kawasan Dusun Sragi, Songgon Banyuwangi Jawa Timur. Bisa dikatakan jika Air terjun Lider ini sebagai salah satu objek wisata yang ada di Kawasan Banyuwangi yang memiliki daya tarik karena memiliki suasana yang sangat alami dan juga asri. Kawasan objek wisata air terjun lider ini sendiri berlokasi di hutan lindung yang juga masuk dalam pengawasan dari Resort Pemangkuan Hutan ( KRPJ ), Lindungan dari perhutani dan juga bagian dari Pemangkuan Hutan ( BKPH ) yang berada di kawasan setail sempuh

Lokasi Objek Wisata Air Terjun Lider
Dikatakan sebagai air terjun lider sendiri karena berada di kawasan hutan lindung 74, yang berada di lider. Air terjun ini sendiri lokasinya dekat sekali dengan lereng timur dari gunung raung, dan hanya sekitar 45 km dari kota banyuwangi sendiri. Selain itu, air terjun ini juga sangat mudah untuk bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan umum. Untuk bisa sampai ke air terjun ini memang sangat melelahkan dan sangat sulit. Namun akan sangat terkesima ketika anda sudah melihat seperti apa pesona dari air terjun ini apalagi dengan keindahan dari air terjunnya yang memiliki tinggi 60 meter dengan ketinggian maksimal. 1.300 meter.

Baca info air terjun lainnya: Air Terjun Kali Bendo Banyuwangi

Salah satu alasan yang membuat air terjun ini terlihat menjadi sangat indah dan sangatlah mempesona adalah karena bagian dinding dari tebing ini memiliki sebanyak dua jurang yang terhimpit. Dinding tebing dari dua jurang ini berupa batu – batuan yang cukup besar dengan dimensi yang rata. Serta disekitar air terjun ini juga terdapat setidaknya empat air terjun lainnya yag mana ini adalah bagian dari air terjun utamanya. Yang membuatnya tampak sempurna adalah ketika matahari terbit dimana panorama didepan dari wisata air terjun lider ini sendiri terlihat sangat luar biasa indah. Matahari yang menyinari ini mulai merambat dan terbias dengan butiran air yang bisa memercik dari air terjun sehingga akan menimbulkan efek adanya pelangi.

Untuk kondisi alamnya juga sangat sejuk dan juga alami, pohon yang cukup hijau dan batuan juga terlihat disekitarnya, selain itu, airnya yang jernih dan juga memiliki suhu yang dingin menjadi salah satu alasan mengapa ini adalah salah satu destinasi yang wajib untuk anda bisa kunjungi. Terutama untuk mereka yang suka melakukan perjalanan dengan konsep pertualang atau aktivitas lainnya. Dana anda bisa mengabadikannya menjadi objek yang menjadi sangat menarik untuk bisa anda nikmati.

Akses dan Akomodasi
Letaknya yang hanya berjarak sekitar 45km dari kota banyuwangi, anda bisa menuju ke air terjun ini dengan pilihan dua jalur. Jalur yang pertama anda bisa melewati kawasan Desa Jambewangi, dimana kawasan ini berada di kawasan Sempu yang letaknya disepanjang kurang lebih 5km. Untuk jalan alternatif lainnya adalah dengan melewati jalur desa Sragi, Songgon dengan jaraknya mencapai kurang lebih 8 km dari kawasan perkampungan. Namun, yang cukup disayangkan adalah kondisi dari kedua jalur ini sama – sama kurang menudkung. Karena tidak beraspal dan jalannya cukup rusak. Kondisi ini akan semakin cukup parah ketika musim hujan datang.

Wisata Air Terjun Lider

Nah, jika anda menuju ke Air terjun ini dengan memilih jalur pertama yang letaknya dari terminal bus kota ganteng, maka anda bisa melakukan perjalanan dengan melewati kecamatan sempu yang jaraknya hanya 15 km. Dan dari sini anda harus terus berjalan sekitar 10km menuju ke desan Songgon. Anda sebenarnya bisa menggunakan ojek atau anda juga bisa berjalan kaki dengan menikmati panorama alam dari perkebunan cengkeh yang luas.