Waduk Selorejo, Malang

Waduk Selorejo, Malang

Waduk Selorejo, MalangRasakan Pesona Alam yang Tak Biasa di Waduk Selorejo Malang.
Apakah Anda sedang jenuh dengan aktivitas harian yang padat? Jika demikian, Waduk Selorejo Malang dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda sekeluarga untuk melepas lelah dan penat. Waduk ini terletak di daerah Pandansari, Ngantang, Kab. Malang, Jawa Timur.

Waduk ini juga sering disebut Bendungan Selorejo, yang unik dari waduk ini adalah berfungsi pula sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), salah satu pembangkit listrik yang masih jarang ditemukan di Indonesia, jadi jika Anda ke sana Anda mendapat poin plus dengan menambah pengetahuan anda dengan menyaksikan langsung seperti apa PLTA itu. Fungsi lain dari waduk ini adalah untuk menampung aliran sungai yaitu sungai Konto, anak dari sungai Brantas serta sungai Kwayangan yang bermanfaat untuk mencegah dari adanya banjir. Waduk ini sendiri langsung diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 22 Desember 1970 dan saat ini waduk tersebut dikelola oleh BUMN Malang. Nah lalu apa saja yang dapat Anda lakukan disana?

Bercengkrama dengan Alam
Waduk Selorejo Malang ini dikenal dengan pemandangan alamnya yang begitu indah dan menenangkan jiwa, bagaimana tidak? Susana alam yang masih asri, ditambah banyaknya pepohonan dan suara gemericik air nan merdu akan memanjakan indra penglihatan dan telinga Anda, hal ini tentu akan sangat jarang Anda temui jika berada di kota-kota besar yang seringkali lebih didominasi oleh suara bising jalan raya. Disana juga terdapat sebuah jembatan gantung yang akan bergerak ketika Anda lewati, wah sepertinya cukup menantang ya? Terutama bagi Anda yang kurang menyukai ketinggian, namun sesekali Anda juga bisa mencobanya untuk memacu adrenalin. Jika Anda benar-benar tidak suka dengan jembatan gantung yang menantang itu, tenang, Anda dapat memilih untuk menaiki perahu kecil yang disewakan di sekitar waduk tersebut. Anda bisa berkeliling sebentar sembari mendengarkan gemericik air dari permukaan air yang dilalui oleh sampan tersebut, begitu damai dan tentunya menyenangkan karena Anda tentu akan disuguhi pemandangan yang luar biasa. Oh iya, dari sekitar area waduk ini Anda dapat menyaksikan indahnya salah satu gunung yang terkenal di Jawa Timur yaitu gunung Kelud. Pemandangan alam ini akan semakin indah dan mempesona apabila Anda datang berkunjung ketika matahari terbit maupun saat matahari terbenam.

Melakukan Aktivitas Menyenangkan
Selain menikmati indahnya alam yang ditawarkan, di waduk ini Anda juga dapat mencoba berbagai macam aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan bersama keluarga tercinta. Salah satunya adalah melakukan kegiatan memancing. Waduk ini dikenal kaya akan ikan-ikan yang terdapat di dalamnya, Anda dapat menyiapkan sendiri kail dan umpan dari rumah, namun bila Anda tidak sempat maka Anda bisa menyewa kail serta membeli umpan pancing yang ada di pinggiran waduk Selorejo dengan harga yang cukup bersahabat di kantong. Jangan berkecil hati dulu apabila Anda tidak terlalu suka kegiatan memancing namun ingin membawa ikan dari waduk untuk dibawa pulang karena di area ini juga dijual berbagai macam ikan yang dibudidayakan oleh warga sekitar waduk. Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah mencicipi buah jambu yang ada di kebun jambunya, Anda diperbolehkan untuk berkeliling di area kebun jambu sembari mencicipi buah dari pohonnya, sedangkan apabila Anda menginginkannya untuk dibawa pulang maka Anda dapat membelinya dalam ukuran per-kilogramnya.

Waduk Selorejo

Di waduk Selorejo ini Anda juga berkesempatan untuk berwisata kuliner sesuai selera, karena di sekitar area ini terdapat banyak penjual makanan khas daerah setempat. Oh iya, jangan lupa mengambil foto Anda bersama keluarga ketika berkunjung ke Waduk Selorejo Malang ya!