Toko OEN Malang

Toko Oen Malang

Toko OEN MalangMenikmati Suasana Malang Tempo Dulu sambil menyeruput Es Krim di Toko Oen Malang.
Toko Oen Malang dapat menjadi pilihan tempat yang layak untuk dikunjungi bagi anda yang saat ini sedang merencanakan untuk berlibur ke kota malang. Sebelum berlibur, pastinya anda akan mencari-cari tempat yang hits untuk dikunjungi di kota Apel tersebut. Salah satu tempat yang telah menjadi ikon Kota Malang ini adalah Toko Oen Malang tersebut.

Toko Oen ini merupakan salah satu restoran yang terkenal di Kota Malang karena telah didirikan sejak tahun 1930 dan masih tetap eksis sampai sekarang. Hal ini membuatnya menjadi salah satu tempat favorit bagi para turis asing. Hal yang membuatnya terkenal adalah es krimnya yang khas dan suasana yang ditawarkan membuat pengunjung dapat bernostalgia dan membayangkan suasana di zaman penjajahan Belanda. Restoran ini dulunya merupakan tempat hangout favorit para Meneer, Mevrouw, dan sosialita Belanda.

Awalnya, restoran ini didirikan pada tahun 1910 di Yogyakarta dengan nama Oen Cookies Store oleh Liem Gien Nio (Oma Oen) yang merupakan istri dari Oen Tjon Hoek (Opa Oen). Seiring berjalannya waktu, nama toko tersebut berubah menjadi Toko Oen. Pada waku itu, Toko Oen hanya menjual kue dan es krim yang kemudian berkembang sampai sekarang dan menyediakan berbagai jenis masakan Indonesia, Cina, dan Belanda. Pada tahun 1934, Toko Oen membuka cabang di Kota Jakarta namun hanya dapat bertahan sampai pada akhirnya cabang jakarta tutup pada tahun 1973. Saat ini, cabang Toko Oen yang masih bertahan adalah di Malang dan Semarang. Toko Oen Malang pun memiliki kisah perjalanan yang cukup panjang yang pada suatu saat hampir ditutup. Hal ini dikarenakan pada tahun 1990 Toko Oen Malang mengalami omzet yang menurun sehingga pemilik aslinya harus menjual restoran tersebut.

Desain tampak luar bangunan Toko Oen Malang ini masih mempertahankan nilai historis sehingga para pengunjung menjadikannya sebagai sebuah spot yang bagus untuk diabadikan melalui foto. Ketika anda berada di dalam restoran ini, anda akan dimanjakan dengan furniture khas tempo dulu seperti meja bundar dan kursi rotan rendah yang ditata mengelilingi meja tersebut serta foto-foto lama yang dipajang dengan rapi di dinding restoran seperti foto-foto lama kota Malang, foto Gereja Katedral tahun 1920-an, foto toko Oen zaman dulu, foto Bung Karno yang mengunjungi kota Malang, foto stasiun kereta api Malang, dan masih banyak lagi. Hal ini membuat anda dapat membayangkan suasana kota Malang pada zaman Belanda dulu.

Adapun menu-menu es krim yang ditawarkan adalah berbagai macam rasa es krim single scoop yaitu rasa vanila, stroberi, moka, cokelat, dan gula jawa durian, sundae, dan es tradisional seperti sirup selasih, es kolang kaling, dan es campur yang dijual mulai dari harga 15 ribu rupiah sampai 40 ribu rupiah. Toko Oen juga menawarkan berbagai jenis snack gurih Belanda seperti kroket saus mustard, risoles saus mustard, lumpia, dan pastry ayam saus mustard yang dijual mulai dari 10 ribu rupiah sampai 30 ribu rupiah. Untuk menu makanan utama, Toko oen menyediakan Sup ayam dan steak yang dijual dengan harga mulai dari 25 ribu rupiah sampai 60 ribu rupiah.

Toko Oen Malang

Toko Oen Malang terletak di jalan Jenderal Basuki Rahmat No. 5, Kauman, Klojen, di dekat alun-alun Kota Malang. Toko Oen buka setiap hari dari jam 8 pagi sampi dengan 09.30 malam. Jika anda menyukai suasana yang ramai, anda dapat berkunjung di hari Sabtu karena hari tersebut merupakan hari terpopuler Toko Oen dikunjungi. Anda dapat merasakan es krim Toko Oen yang terkenal sejak dahulu kala sembari menikmati suasana Malang ketika zaman penjajahan Belanda dulu di Toko Oen Malang.