Tips Wisata ke kawah Ijen

Tips Wisata ke kawah Ijen

Tips Wisata ke kawah IjenBeberapa Tips Untuk Anda Berwisata Ke Kawah Gunung Ijen.
Tips wisata ke kawah ijenGunung Ijen merupakan suatu tempat wisata kawah dan juga pegunungan yang berada di kota Banyuwangi, Jawa Timur. Tempat wisata ini sangat sering dikunjungi mulai dari turis mancanegara sampai turis lokal dari luar kota/pulau. Bagi anda yang ingin sekali mengunjungi tempat wisata kawah ijen, sangat harus memperhatikan beberapa hal agar nantinya perjalanan anda tenang dan lancar. Mungkin destinasi wisata kawah ijen ini bisa membuat anda terkesan dengan fenomena alam yang ada di sana mulai dari Api Biru (Blue Fire), air kawahnya yang berwarna hijau ke biru biruan, serta pegunungannya yang dapat menghipnotis mata anda. Disana anda juga bisa melihat sunrise atau sunset yang sangat indah sekali. Tetapi sebelum anda menikmati fenomena alamnya, ada beberapa tips wisata ke kawah ijen yang harus anda siapkan yaitu.

  1. Memilih waktu yang sangat tepat (direkomendasikan pada saat kemarau)
    Waktu yang sangat dianjurkan dan sangat direkomendasikan apabila anda ingin sekali pergi ke kawah ijen yaitu pada saat musim kemarau. Karena pada musim kemaraulah jalanan untuk menuju ke kawah ijen cenderung lancar dibanding pada saat anda pergi ke kawah ijen di musim penghujan karena jalan untuk akses ke kawah ijen sangat padat dan juga jalanannya sering sekali longsor, licin dan kadang tertutup oleh kabut yang tebal. Dan untuk melihat pemandangan terbaik di kawah ijen, anda harus mendaki gunung sekitar jam 03.00 dan akan sampai pada jam 04.30 dan andapun akan melihat fenomena alam Blue Fire dan juga sunrise di kawah ijen.
  2. Menyiapkan kondisi fisik terlebih dahulu
    Maksud dari persiapkan kondisi fisik adalah anda harus biasakan sedikit berolah raga seperti jogging, senam, push-up dan latihan lain agar pernafasan anda dapat teratur. Kenapa begitu? Karena nantinya anda akan mendaki gunung untuk menyaksikan fenomena alam yang hanya bisa ditemui di kawah ijen saja yaitu Api biru atau Blue Fire/Blue flame. Untuk mendaki gunung pasti membutuhkan tenaga ekstra kan? Nah pastikan kurang lebih 1 bulan sebelum keberangkatan, anda harus biasakan olahraga yang teratur agar nanti pada saat di menuju kawah ijen, anda sudah terbiasa karena sebelumnya sudah melakukan olahraga. Dan jangan lupa menjaga tubuh dari serangan penyakit.
  3. Menyiapkan peralatan untuk tracking
    Yang dimaksudkan disini adalah anda harus menyiapkan peralatan pribadi seperti air, obat-obatan, sapu tangan, masker, jaket, tenda, sepatu bot pendaki, tongkat. Itu semua diperlukan karena nantinya rute yang dilalui adalah rute pendakian jadi harus selalu disiapkan semua peralatan pendakian tanpa terkecuali.
  4. Menyewa pemandu lokal
    Pemandu lokal sangat dibutuhkan apalagi bagi anda yang baru pertama kali ke wisata kawah ijen. Pada saat perjalanan pendakian, anda akan dipandu untuk melewati rute mana yang nantinya akan menuju ke best view. Dan anda akan tertolong dan tidak akan tersesat nantinya. Apabila sudah sampai di tempat yang pemandu tunjukan, anda bebas untuk berfoto disana dan melihat beberapa fenomena alam di kawah ijen.
  5. Selalu mentaati peraturan
    Perhatikan kalau anda berjalan di rute dan melihat beberapa rambu-rambu dan peraturan yang tertera disana untuk selalu mentaati agar nantinya tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

Tips Wisata ke kawah Ijen

Hanya itu yang bisa saya sampaikan untuk beberapa tips wisata ke kawah ijen, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan anda dan sebelum pergi kesana, baca dahulu tips wisata ke kawah ijen.