Tips Wisata Arung Jeram di Sungai Pekalen

Tips Wisata Arung Jeram di Sungai Pekalen

Tips Wisata Arung Jeram di Sungai PekalenTips wisata arung jeram di sungai pekalen atau panduan rafting seringkali harus diperhatikan oleh siapapun yang ingin melakukan arung jeram, baik yang sudah professional maupun pemula. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menjaga keselamatan peserta selama arung jeram dan meminimalisir resiko perahu terbalik. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat ingin melakukan olehraga arung jeram di Sungai Pekalen.

Persiapkan fisik dan mental
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan fisik dan mental, dimana dalam hal ini Anda harus benar-benar yakin bahwa Anda tidak sedang dalam kondisi kelelahan akibat aktivitas sebelumnya dan Anda juga tidak takut untuk mengarungi jeram yang atusnya kadang sulit terprediksi.

Baca juga, agent wisata rafting di pekalen:
Noars Rafting Pekalen
Songa Rafting Pekalen (Songa Adventure)
Regulo Rafting (Arus liar group)

Untuk mempersiapkan fisik dan mental sebelum melakukan olahraga arung jeram, ada beberapa hal yang bisa dilakukan:

  1. Tidak membiarkan perut dalam kondisi kosong tetapi juga tidak membiarkan perut dalam kondisi terlalu kenyang, karena hal tersebut bisa memacu kram perut pada saat melakukan arung jeram. Ada baiknya Anda mengkonsumsi makanan yang hangat dan manis untuk mengisi sedikit tenaga sebelum memulai arung jeram.
  2. Istirahat cukup sebelum melakukan arung jeram dan pastikan Anda bukan orang yang memiliki riwayat sakit jantung atau sakit HNP. Karena jika Anda memiliki riwayat tersebut, akan berbahaya bagi Anda untuk melanjutkan permainan.
  3. Untuk seorang pemula, akan lebih baik jika Anda membaca informasi tentang arung jeram secara online maupun offline, sehingga ketika Anda mendapat instruksi dari pelatih arung jeram, Anda dapat langsung mempraktekkannya dengan baik.

Persiapkan perlengkapan dengan matang
Tips wisata arung jeram berikutnya adalah mempersiapkan segala jenis perlengkapan yang berhubungan dengan olahraga mulai dari perlengkapan yang dipersiapkan sendiri maupun persiapan alat di lapangan. Terkait hal itu, jangan lupa untuk mengecek beberapa hal berikut sebelum melakukan arung jeram.

  1. Membawa baju ganti minimal dua stel yang digunakan untuk menjaga tubuh tetap hangat setelah melakukan olahraga,
  2. Membawa perlengkapan obat atau P3K ringan untuk pertolongan pertama ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
  3. Membawa perlengkapan pribadi yang umumnya harus dipakai untuk menghindari munculnya alergi seperti sarung tangan, sunblock, atau lainnya,
  4. Memeriksa perlengkapan arung jeram seperti safety jacket (usahakan sesuai dengan ukuran tubuh dan tidak terlalu longgar), sepatu, dayung, dan helm (pilih yang sesuai dengan ukuran kepala agar tidak mudah lepas saat getaran arung jeram terasa sangat kuat).

Ikuti perintah instruktur
Tips Wisata Arung Jeram di Sungai Pekalen lainnya yang bisa Anda ikuti untuk menjaga keselamatan saat berarung jeram adalah mematuhi apapun perintah instruktur. Untuk para pemula, terkadang Anda akan merasa bingung dengan berbagai istilah yang baru didengar pertama kali, namun Anda harus mampu mengingat semuanya agar olahrag ayang dilakukan berkesan bagi Anda maupun peserta lainya. Berikut adalah beberapa instruksi yang umum diberikan instruktur arung jeram.

  • Mundur.
    Instruksi ini meminta siapapun yang ditunjuk instruktur untuk mendayung mundur
  • Maju. Sebagai lawan dari kata mundur,
    instruksi ini meminta siapapun yang ditunjuk untuk mendayung maju. Tujuan instruksi maju dan mundur umumnya untuk menstabilkan laju perahu inflatable.
  • Kanan maju kiri mundur.
    Instruksi ini memerintahkan pada orang yang duduk di kanan untuk mendayung maju sementara kiri mundur.
  • Boom.
    Instruksi ini berlaku untuk semua peserta, dimana mereka harus duduk tenang di lantai perahu atau dengan posisi setengah berbaring dan mengangkat dayung keatas.
  • Stop.
    Instruksi ini memerintahkan semua peserta berhenti mendayung dan membiarkan perahu berjalan mengikuti alur arus.

Tips Wisata Arung Jeram di Sungai Pekalen

Semoga dengan beberapa panduan dan tips wisata arung jeram di sungai pekalen diatas, Anda dapat menikmati olahraga arung jeram dengan nyaman dan aman.

admin