Tips menuju Puncak B29

Tips menuju Puncak B29

tips menuju puncak b295 Tips Wisata Menuju Puncak B29 Argosari Lumajang, Jawa Timur
Apakah Anda ingin berlibur ke Gunung Bromo, terutama mengunjungi kawasan puncak B29, maka berikut ini adalah ulasan tentang Tips menuju puncak B29 untuk Anda. Ketika Anda hendak mengunjugi puncak B29, ada beberapa hal yang harus dilakukan, agar nyaman selama perjalanan dan Anda dapat menikmati pemandangan selama perjalanan menuju puncak dan pemandangan di puncak dengan nyaman.

Berikut ini adalah beberapa Tips menuju Puncak B29 di Bromo untuk bisa anda persiapkan sebelum melakukan perjalanan ke Puncak B29 Argosari Lumajang, Jawa Timur Indonesia.

  1. Persiapkan kondisi tubuh
    Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika mengunjungi kawasan puncak adalah mempersiapkan kondisi fisik, atau kondisi tubuh. Rute menuju B29 ini tidak mudah, untuk itu tidak ada salahnya jika Anda melakukan olahraga rutin, agar kondisi tubuh tetap stabil dan prima selama perjalanan.
  2. Barang-barang apa saja yang dibutuhkan
    Berikutnya adalah mempersiapkan berbagai macam barang yang dibutuhkan baik selama perjalanan atau ketika beraa di puncak B29 tersebut. Adapun beberapa peralatan yang harus dibawa  untuk mengunjungi kawasan ini adalah : jaket, kamera, kupluk dan sarung tangan, apabila Anda hendak bermalam di kawasan ini maka beberapa perlengkapan yang harus dibawa adalah tenda, sleeping bag, matras, senter, korek api, perlengkapan masak, dll. Untuk makanan dan minuman Anda tidak perlu merasa khawatir karena selama perjalanan ke kawasan puncak ini terdapat bebrapa warung yang menjajakan makanan dan juga minuman.
  3. Siapkan budget
    Berikutnya adalah memersiapkan budget. Buget yang harus Anda keluarkan memang tidak terlalu banyak, cukup untuk pergi ke daerah Bromo, kemudian menyewa ojek hingga ke puncak. Karena tidak semua kendaraan pribadi seperti mobil dan juga motor dapat menjelajahi kawasan ini. Menyewa ojek akan jauh lebih aman, dan kendaraan pribadi Anda sebaiknya disimpan di tempat parkir yang disediakan di pos pertama. Siapkan juga budget yang dapat Anda gunakan untuk keperluan membeli makanan atau minuman selama berlibur di kawasan ini.
  4. Analisa rute
    Terdapat 2 buah rute yang dapat Anda lalui untuk mengunjungi kawasan B29, yaitu melalui Lumajang dan melalui desa Ranupani. Apabila Anda melalui Lumajang, maka rute yang akan Anda hadapi adalah jalanan yang berliku, dan belum diaspal, oleh karena itu tidak heran ketika Anda menggunakan jalur ini, maka Anda akan banyak berhadapan dengan banyak bebatuan . Namun demikian jalur ini adalah salah satu jalur yang paling banyak dilalui oleh para pendaki, karena dinilai paling aman.
    Sedangkan jika Anda menggunakan jalur Ranupani, maka jalan sudah diaspal, dan cenderung nyaman jika menggunakan motor, sepeda atau bahkan berjalan kaki. Akan tetapi yang paling menantang di jalur ini adalah di bagian kanan dan kiri jalan terdapat jurang yang cukup terjal. Anda dapat memilih jalur yang dirasa paling nyaman, aman dengan pemandangan yang menarik.
    Baca:
    Rute dan Akses menuju Puncak B29
  5. Analisa kendaraan yang akan digunakan
    Apabila Anda hendak membawa kendaraan, ada baiknya perhatikan dengan baik, kesiapan kendaraan Anda, seperti rem, ban, mesin, oli, bensin, ban serep, alat tambal, dll. Dengan demikian ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Anda sudah siap dengan berbagai macam perlengkapan cadangan. Namun jika Anda belum mempersiapkan kendaraan dengan baik, tidak ada salahnya jika menggunakan jasa ojek, karena di kawasan ini ada beberapa jasa ojek yang dapat Anda sewa untuk pergi ke puncak B29.

Baca juga: Tips Wisata ke Gunung Bromo

Tips menuju Puncak B29

Semua perjalanan yang cukup menantang adrenalin ini akan terbayarkan ketika Anda berad di puncak B29.  Sebuah pemandangan awan menghampar, dengan matahari terbit, pastinya menjadi suguhan yang tidak akan terlupakan. Demikianlah beberapa tips menuju puncak B29, semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda yang hendak menuju puncak B29.

admin