Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru BetiriMenikmati Pesona 4 Pantai Eksotis di Taman Nasional Meru Betiri.
Taman Nasional Meru Betiri merupakan salah satu taman nasional di Indonesia yang terletak di Pantai Selatan Jawa Timur. Meskipun kalah populer dibanding taman nasional yang lain, Menu Betiri menyimpan pesona alam dan kekayaan flora maupun fauna yang luar biasa elok.

Ada banyak tanaman langka yang tersimpan di taman nasional ini, seperti bunga Raflesia, api-api, rengas, waru, dan beberapa jenis tanaman obat. Begitu juga fauna langka yang menempati wilayah ini. Satwa liar seperti kumbang hitam, penyu, lekang, kera ekor panjang, banteng, dan rusa merupakan satwa dilindungi yang memiliki keelokan tersendiri.

Selain kekayaan flora dan fauna, taman nasional ini juga menyajikan pemandangan alam yang aduhai indahnya. Ada beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di daerah ini, salah satunya pesona pantai yang tak kalah dengan indahnya pantai di kota lain. Mau tahu pantai apa saja itu? Berikut ini penjelasan lebih detailnya.

  1. Pantai Bandealit
    Salah satu wisata pantai yang ada di Taman Nasional Meru Betiri adalah Pantai Bandealit. Sebelum sampai ke tempat ini, Anda harus melewati pintu gerbang Andengrejo yang merupakan satu-satunya jalan masuk ke pantai. Di sini, Anda akan memperoleh informasi mengenai taman nasional ini sekaligus membayar tiket masuk. Selama perjalanan menuju pantai, Anda akan disuguhi pemandangan pohon aren dengan buahnya yang sangat mempesona. Berbagai atraksi monyet pun dapat Anda nikmati di sepanjang perjalanan.
    Setelah melewati pintu gerbang pantai dan melaporkan ke kantor setempat, pemandangan pantai pun langsung terpampang di depan mata. Kealamian dan kebersihannya yang masih terjaga menjadi nilai plus dari pantai ini. Bagi yang menyenangi olahraga air, seperti jet sky, bodysurfing, dan kano, akan termanjakan di sini. Memang, pantai ini sangat pas untuk dijadikan tempat olahraga air karena ombaknya yang tidak begitu besar.
  2. Pantai Rajagwesi
    Pantai indah selanjutnya yang ada di Taman Nasional Meru Betiri adalah Pantai Rajegwesi. Seperti halnya Pantai Bandealit, pantai ini sangat bersih dan eksotis. Karena ombaknya yang sangat tenang, menjadikan tempat ini aman digunakan untuk berenang. Pantai ini juga dijadikan sebagai pelabuhan untuk nelayan lokal sekaligus tempat pelelangan ikan. Bagi Anda yang ingin bermalam di pantai ini dapat memanfaatkan homestay yang tersedia di sekitar pantai.
  3. Pantai Sukamade
    Keistimewaan dari Pantai Sukamade adalah adanya habitat dari berbagai jenis penyu. Ya, di sekitar pantai memang digunakan sebagai tempat penangkaran penyu. Anda akan disuguhi pemandangan mengagumkan saat penyu melakukan aktivitasnya bertelur. Namun, untuk bisa menikmati hal itu, Anda harus datang di malam hari. Sebab, hanya di malam hari penyu akan bertelur. Mereka akan mendekati pantai dan membuat lubang sebagai tempat meletakkan telur. Agar tidak mengganggu kenyamanan penyu, Anda harus didampingi petugas saat menyaksikan pemandangan tersebut.
  4. Pantai Teluk Hijau
    Inilah pantai yang paling indah di Taman Nasional Meru Betiri. Deburan ombak yang menghiasi air laut yang berwarna biru toska memberi pemandangan yang sungguh mempesona. Saat Anda di sini dan menikmati pemandangan alam yang indah, Anda akan merasa seperti sedang berlibur di Lombok. Ya, pemandangan Pantai Teluk Hijau tidak kalah eloknya dibandingkan pantai-pantai di Lombok. Di pantai ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas, mulai dari bermain pasir, bermain air, jalan-jalan di tepi pantai, atau hanya sekadar duduk-duduk.

Taman Nasional Meru Betiri

Itulah beberapa pantai indah yang wajib Anda kunjungi saat berlibur di Taman Nasional Meru Betiri. jangan lupa untuk mengajak teman, kerabat atau sang kekasih untuk menikmati indahnya pesona Meru Betiri di Jawa Timur ini.

admin