Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo5 Tempat Wisata di Taman Nasional Alas Purwo yang Wajib Anda Kunjungi.
Taman Nasional Alas Purwo merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Banyuwangi, Jawa Timur. Dari Pelabuhan Ketapang, tempat wisata ini hanya berjarak 5 km, sedangkan dari kota Banyuwangi sendiri berjarak 14 km ke utara. Untuk bisa mencapai tempat ini, Anda harus membawa mobil atau motor sendiri. Sebab, di sini tidak ada kendaraan umum yang menuju Alas Purwo.

Seperti namanya “alas”, tempat wisata ini memberikan pemandangan hutan alami dengan barbagai jenis flora maupun faunanya. Bagi masyarakat Banyuwangi sendiri, hutan tertua di Pulau Jawa ini terkenal sangat angker dan keramat. Di tempat ini banyak terdapat situs untuk bersemedi, terutama saat malam tanggal 1 Suro. Di sini, terdapat kerajaan jin yang menjadi tempat berkumpulnya jin dari seluruh Indonesia. Hal ini diperkuat dengan masih perawannya hutan ini.

Baca juga: Taman Nasional Meru Betiri

Namun, terlepas dari keangkeran dan kekeramatannya, hutan ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang sangat eksotis. Ada beberapa tempat wisata yang bisa Anda nikmati saat berkunjung di Alas Purwo ini. Tempat wisata apa sajakah itu? Simak saja artikel ini sampai selesai ya!

  1. Hutan Bambu
    Goa Istana merupakan salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi. Nah, sebelum mencapai goa ini, ada spot indah yang akan Anda lewati, yaitu Hutan Bambu. Hutan yang masih alami ini menawarkan udara sejuk namun penuh unsur magis. Sebagaimana namanya, hutan yang tanpa penjagaan ini dipenuhi pohon bambu yang padat dan terkadang melengkung. Bahkan, Anda harus sesekali merunduk agar bisa berjalan lebih jauh. Meskipun begitu, tempat ini sangat bagus dijadikan tempat untuk berselfie.
  2. Pantai Triangulasi
    Di Taman Nasional Alas Purwo ini juga terdapat pantai yang sangat elok pemandangannya. Pantai Triangulasi. Deburan ombaknya yang tinggi membuat tempat ini dilarang untuk digunakan sebagai arena berenang. Meskipun begitu, view yang ditawarkan sungguh sangat menawan. Pantai pasir putih ini memang bisa dibilang masih alami. Kebersihan pantai yang masih terjaga dan pemandangan sunset yang cantik, membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya. Belum lagi pemandangan hutan di sekitar pantai yang didominasi pohon nyamplung dan bogem. Sungguh, mahakarya elok yang rugi untuk Anda lewatkan.
  3. Padang Savana Sadengan
    Anda ingin berlibur di padang savana dengan berbagai hewan yang hidup liar di sana? Tidak perlu jauh-jauh ke Afrika. Datangi saja Sadengan yang ada di Taman Nasional Alas Purwo. Binatang yang dibiarkan hidup bebas di sana adalah sapi, banteng, rusa, bahkan sekawanan burung merak. Untuk bisa melihat binatang-binatang tersebut dari dekat dan mengabadikannya, Anda harus meminta bantuan petugas untuk mengantarkan. Sebab, sebenarnya hanya petugas yang diperbolehkan masuk ke padang ini. Bagi wisatawan, sudah disediakan menara pandang untuk melihat semua jenis hewan tersebut.
  4. Pantai Pancur
    Satu lagi pantai yang terdapat di Taman Nasional Alas Purwo ini, yaitu Pantai Pancur. Keistimewaan dari pantai yang mempunyai pasir putih ini adalah muaranya yang mengandung air tawar. Masyarakat setempat meyakini bahwa air ini mempunyai khasiat bisa membuat awet muda bagi siapa saja yang mengonsumsi atau menggunakannya untuk cuci muka. Karena ombaknya tidak begitu besar, pantai ini aman digunakan untuk bermain bersama keluarga.
  5. Goa
    Di Taman Nasional Alas Purwo, terdapat tiga goa yang terkenal, yaitu Goa Istana, Goa Mayangkoro, dan Goa Padepokan. Pada umumnya, wisatawan hanya mengunjungi Goa Istana karena dua goa yang lain terbilang keramat dan sering digunakan untuk bersemedi.

Taman Nasional Alas Purwo

Itulah beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur.

admin