Rute dan Jalur Pendakian ke gunung Semeru

Rute dan Jalur Pendakian ke gunung Semeru

Rute dan Jalur Pendakian ke gunung SemeruMengenal Rute dan Jalur Pendakian ke puncak Gunung Semeru 3.676m dpl.
Rute dan Jalur Pendakian ke gunung Semeru – Mendaki gunung kini kegiatan ini dijadikan hobi bagi para anak muda terutama mereka mahasiswa. Hobby ini bisa dikatakan sebagai salah satu kegiatan olahraga yang mengasyikkan, karena jelas hal ini adalah sebuah kegiatan yang tidak biasa dan membutuhkan stamina yang luar biasa untuk bisa melakukannya. Kegiatan ini seakan sudah mewabah dan menjadi viral di dunia remaja oleh sebab itu banyak sekali para anak muda menggemari kegiatan yang satu ini. Berbagai trek mereka hadapi demi menggapai satu tujuan mereka yaitu berdiri di puncak tertinggi dari suatu gunung atau bukit. Oleh sebab itu persiapan para pendaki tentunya sangatlah matang dan kadang jauh-jauh hari sebelum mereka melakukan aktivitas yang satu ini mereka sudah disibukkan dengan kegiatan latihan fisik guna menunjang aktivitas pendakian.

Baca juga: Sejarah Panjang Letusan Gunung Semeru

Banyak spot-spot gunung yang bisa dijadikan sebagai objek pendakian, dan biasanya gunung-gunung yang diincar oleh para pendaki memiliki kriteria tertentu salah satu kriterianya adalah memiliki pemandangan yang sangat indah ketika berada di puncak salah satu pegunungan itu, dan juga memiliki trek yang menantang dimana mereka bisa mengabadikan setiap perjalanan mencapai puncak dalam memori kenangan di pikiran kita. salah satu spot favorit pendaki adalah gunung Semeru, sebuah gunung yang berlokasi di antara 2 kabupaten yaitu kabupaten lumajang dan kabupaten Malang, Jawa Timur. Puncak dari gunung Semeru ini dikenal dengan nama Mahameru dengan tinggi 3.676 Mdpl. Tentu tinggi yang bisa dikatakan sangatlah menantang terutama bagi para pendaki. Dan berikut adalah rute dan jalur pendakian ke gunung Semeru yang harus kita tempuh bilamana kita ingin mendaki gunung yang dijadikan sebagai primadona dari pendakian :

Pertama, rute Ranu Pane – Ranu Kumbolo
Tentu nama tempat di atas sudah tidak asing di telinga kita, karena keindahan serta keajaiban pemandangan yang disediakan di tempat itu, rute pendakian melalui Ranu Pane – Landengan Dowo – Watu Rejeng – Ranu Kumbolo rute ini merupakan rute yang banyak dijadikan sebagai pilihan utama para pendaki karena waktu tempuhnya hanya 4-5 jam perjalanan . bila kita sudah sampai di Ranu Kumbolo akan terlihat sebuah bukit yang menjulang tinggi dan ini adalah sebuah jalur pendakian ke gunung Semeru dan semua pendaki pasti akan melewati jalur ini, jalur ini memiliki tanjakan yang sangat landai yang dimana tanjakannya dikenal dengan tanjakan cinta, letaknya disebelah barat Ranu Rumbolo.

Kedua, Ranu Kumbolo – Kalimati
Trek kedua yang akan kita lewati adalah Kalimati yang dimana untuk sampai disana kita harus melewati tanjakan cinta, Oro-Oro Ombo, Cemoro kandang, dan jambangan. Waktu tempuhnya kurang lebih 3 jam perjalanan. Dan di kawasan kalimati terdapat sebuah sumber mata air yang bisa kita jadikan sebagai bekal perjalanan.

Ketiga, Kalimati – Arcopodo
Setelah sampai di kalimati target kita selanjutnya adalah Arcopodo, mendaki dan sampai di puncak Mahameru bukanlah hal yang mudah karena membutuhkan kondisi fisik yang benar-benar sehat karena trek pasir yang tentu sangat susah untuk kita pijaki. Waktu tempuh kalimati – arcopodo 6 jam.

Keempat, Puncak Mahameru
Dan setelah melewati perjalan yang sangat panjang dan tentunya melelahkan sampailah kita kepada puncak yang memiliki segudang keajaiban pemandangan yang sangat-sangat indah. Dan suhu yang dimiliki di puncak ini yaitu 4°-10° celcius. Dari puncak sinilah para pendaki dapat melihat beberapa gunung seperti Bromo, Raung, Arjuno, Dll. Sebagaimana kita tahu bahwa gunung Semeru bisa dikatakan sebagai gunung yang masih aktif oleh sebab itu sebelum jam 9 pagi para pendaki diharuskan untuk turun karena ditakutkan asap beracun yang dikeluarkan.

Rute dan Jalur Pendakian ke gunung Semeru

Itulah tadi Rute dan Jalur Pendakian ke gunung Semeru dan waktu yang terbaik untuk bisa menempuhnya yaitu pada bulan Juni – September. Demikian informasi rute perjalanan menuju puncak gunung Semeru, dan ingatlah siapkan fisik Anda untuk bisa mendaki gunung yang satu ini.