Rute dan akses Perjalanan Menuju Wisata Baluran

Rute dan akses Perjalanan Menuju Wisata Baluran

Rute dan akses Perjalanan Menuju Wisata BaluranCara Untuk Menuju ke objek Wisata Taman Nasional Baluran, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia.
Rute dan akses perjalanan menuju wisata Baluran – perjalanan untuk menuju taman wisata baluran memakan waktu sekitar 6 jam dari Surabaya. Tempat Wisata ini terletak di Banyuputih, Wongsorejo Kabupaten Situbondo Jawa Timur. Memiliki luas sekitar 10.000 hektar yang dimana berisi padang savana serta hutan pesisir yang diapit dengan 3 gunung yaitu Baluran, Ijen dan Merapi. Taman wisata ini bisa ditempuh dari Surabaya dengan melewati pantai utara Jawa Timur menuju ke arah timur dan melewati kota Pasuruan, kota Probolinggo, Situbondo dan Banyuputih. Setelah itu ke arah selatan sampai ke desa Bilik. Rute dan akses perjalanan menuju wisata Baluran yang paling mudah adalah apabila anda menggunakan jasa transportasi umum seperti kereta, turun di stasiun Banyuwangi dan lanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum lain menuju ke Wisata Baluran. Ada beberapa cara untuk menuju ke Taman Nasional Baluran apabila dituju dari kota Yogyakarta.

Dari stasiun Banyuwangibaru, ke terminal Sri Tanjung Ketapang
Stasiun Banyuwangibaru adalah stasiun pemberhentian terakhir dari kereta Sritanjung dengan menggunakan rute Jogja – Banyuwangi. Jangan ikut orang orang untuk turun di stasiun sebelumnya. Untuk menuju tempat wisata ini, anda turun di stasiun banyuwangibaru. Setelah sampai ke luar stasiun dan jalan kaki ke arah jalan besar. Cari angkot yang menuju terminal Sri Tanjung Ketapang untuk naik bus menuju Situbondo.

Dari Ketapang menggunakan bus antar kota ke Surabaya
Sampai di Terminal Sri Tanjung Ketapang, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum bus yang mengarah ke Surabaya dan biasanya bus yang ada adalah bus dengan kelas ekonomi. Anda cukup bilang ke kernet busnya bahwa anda ingin turun di Baluran, pasti kernet bus itu akan tau maksud tujuan anda ke mana. Anda akan dikenakan biaya sekitar 8.000 per orang (bisa lebih). Bus tersebut akan menurunkan anda tepat di depan gerbang masuk Wisata Baluran. Jangan heran apabila gerbang masuk Taman Wisata Baluran letaknya dekat dengan perkampungan para penduduk.

Cara lain ke taman nasional Baluran
Tempat Wisata Baluran adalah tempat wisata yang mudah untuk dijangkau mulai dengan menggunakan angkutan umum atau dengan menggunakan kendaraan pribadi karena tempat masuknya yang ada di jalur lintas antar utara dari Surabaya ke Banyuwangi. Ada jalur alternatif lain dengan menggunakan bus antar kota dengan cara estafet.

Estafet menuju Baluran
Apabila anda dari Surabaya, anda menuju terminal Bungur yang terdapat di Purabaya, lalu meneruskan perjalanan ke kota Probolinggo dengan tarif 29.000 rupiah dengan memakan waktu sekitar 2 jam. Dari terminal Probolinggo anda melanjutkan dengan naik bus yang menuju Ketapang. Bus ini akan mengantarkan anda ke depan gerbang Taman Wisata Baluran.

Rute akses langsung dari Surabaya
Rute dan akses menuju wisata Baluran yang lain anda bisa menggunakan bus dari Terminal Surabaya menuju ke Ketapang. Tarif yang harus anda bayar adalah sebesar 48.000 rupiah (bisa lebih).

Rute dan akses Perjalanan Menuju Wisata Baluran

Itu tadi adalah beberapa rute dan akses perjalanan menuju wisata Baluran yang bisa anda gunakan. Apabila anda tidak ingin menggunakan jasa transportasi, anda juga bisa menggunakan transportasi pribadi. Dan perlu diingat untuk senantiasa memperhatikan barang bawaan anda jangan sampai tertinggal. Dan anda yang menggunakan jasa transportasi, harus menyiapkan uang untuk membayar bus/kereta agar tidak terlalu repot. Sekian artikel ini tentang rute dan akses perjalanan menuju wisata Baluran.