Rute dan Akses Menuju Wisata Kawah Ijen

Rute dan Akses Menuju Wisata Kawah Ijen

Rute dan Akses Menuju Wisata Kawah IjenRute dan Akses untuk Menikmati Pesona Kawah Ijen.
Rute dan akses menuju wisata kawah Ijen pasti banyak dicari mengenai infonya, terutama bagi para pecinta alam. Kawah Ijen telah menjadi objek wisata yang telah dikenal, baik oleh para wisatawan domestic maupun oleh para wisatawan asing. Hal tersebut karena kawah yang merupakan salah satu atraksi wisata gunung berapi di Indonesia memiliki keindahan dan keelokan panorama alamnya.

Sekilas tentang kawah Ijen
Kawah Ijen terletak di tengah area cagar alam yang merupakan kawasan wisata yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bondowoso. Dinding kaldera kawah Ijen memiliki tinggi sekitar 300 hingga 500 meter. Kawah yang merupakan danau dengan warna hijau tosca tersebut berada di ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut. Meskipun memiliki tingkat keasaman 0° (nol derajat) pada danaunya, keasaman yang cukup kuat untuk melarutkan pakaian bahkan juga jari manusia misalnya, namun danau yang memiliki kedalaman sekitar 200 meter ini tetap memiliki pesona yang indah.

Baca juga: Tips Wisata ke kawah Ijen

Luas kawah diperkirakan sekitar 5.466 hektar dengan volume sekitar 200 juta meter kubik. Meskipun air kawah tersebut cukup tenang, namun panasnya dapat mencapai 200 derajat celcius. Sehingga saat matahari yang biasanya keluar dari balik gunung kembarannya, yaitu gunung berapi meneroka, air pada kawah Ijen akan terlihat seperti hijau keemasan yang berkilauan. Hal itulah yang membuat kawah Ijen sangat diminati oleh para wisatawan.

Rute dan akses jalan menuju kawasan wisata kawah Ijen
Jalan menuju kawasan wisata kawah Ijen terbagi menjadi dua rute, yaitu rute melalui Banyuwangi dan rute dari Situbondo. Namun, perlu diingat rute manapun yang dilalui harus memiliki stamina yang kuat dan sehat karena hampir akses tersebut lebih banyak ditempuh dengan cara berjalan kaki. Cara ini juga akan lebih mengeksplorasi kawasan kawah Ijen secara lengkap. Berikut dua rute dan akses menuju wisata kawah Ijen yang sering digunakan oleh para wisatawan;

  1. Rute dari Banyuwangi
    Rute ini dimulai dari Banyuwangi menuju Licin dengan jarak mencapai 15 kilometer. Meskipun dapat dilalui dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat, namun hanya selama 30 menit karena kondisi jalanan yang juga rusak. Akses jalan ini biasanya lebih digunakan oleh para pendaki sebagai rute pendakian menuju Gunung Ijen dan merupakan rute yang lebih sulit untuk dilalui, terlebih jika bukan seseorang yang biasa mendaki gunung.
    Kendaraan bermotor dapat kembali digunakan saat sampai di Licin menuju Paltuding dengan jarak 18 kilometer. Kendaraan motor yang digunakan biasanya jenis double jeep gardan. Karena melewati tanjakan erek-erek yang merupakan tanjakan dengan lengkungan berbentuk huruf “S” sehingga dibutuhkan kendaraan bermotor seperti itu. Perjalanan antara Licin menuju Paltuding membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan. Kemudian setelah sampai di Paltuding, jalan kaki merupakan cara untuk sampai di kawah Ijen dengan melewati tebing kaldera yang merupakan jalan setapak. Perjalanan hanya sekitar 3 kilometer untuk sampai di tempat tujuan. Jika dihitung, jarak perjalanan menuju rute ini kurang lebih berjumlah 38 kilometer.
  2. Rute dari Bondowoso
    Jalur atau rute yang kedua dapat diakses melalui Situbondo menuju Bondowoso atau Sempol yang melewati Wonosari. Rute ini merupakan jalan yang paling mudah diakses karena kondisi jalan yang bagus dan lumayan mulus sehingga dapat dicapai dengan kendaraan bermotor, yaitu dari Wonosari langsung ke Paltuding yang kemudian dilanjutkan menuju lokasi kawah Ijen.

Rute dan Akses Menuju Wisata Kawah Ijen

Dapat dikatakan bahwa Paltuding merupakan area pemberhentian sebelum naik menuju wilayah kawah Ijen. Baik dari rute dan akses menuju wisata kawah Ijen melalui Banyuwangi maupun Situbondo, keduanya akan berhenti terlebih dahulu di kawasan Paltuding yang biasanya terdapat perkemahan serta asrama dan kantor penerangan taman nasional. Sehingga para pendaki akan diberi informasi sebelum menuju kawah mengenai keselamatan. Demikian rute dan akses menuju wisata kawah Ijen yang terkenal akan keindahannya.