Rute dan Akses Menuju Wisata Gunung Bromo

Rute dan Akses Menuju Wisata Gunung Bromo

Rute dan akses menuju wisata gunung BromoGunung Bromo menempati wilayah 4 kabupaten di Jawa Timur yaitu Probolinggo, Lumajang, Malang, dan Pasuruan. Dengan lokasi tersebut memudahkan wisatawan untuk masuk ke kawasan Bromo dari segala arah, transportasi umum juga cukup mudah untuk ditemukan. Namun untuk masuk ke kawasan Gunung Bromo sebaiknya Anda menggunakan motor, mobil pribadi, atau mobil jeep yang bisa Anda sewa baik saat masuk ke kawasan atau sudah Anda pesan jauh hari sebelumnya. Ini karena untuk masuk ke kawasan Gunung Bromo medannya cukup berat sehingga bus besar akan susah masuk ke kawasan tersebut.

Meski medan yang berat dan jalan berliku khas pegunungan yang kadang membuat wisatawan tidak merasa nyaman, pemandangan selama perjalanan bisa Anda nikmati sebagai pemanasan, kemegahan Gunung Bromo juga bisa menjadi obat yang manjur. Berikut adalah rute dan akses menuju Wisata Gunung Bromo dari beberapa daerah di Pulau Jawa.

Baca: Tips Wisata ke Gunung Bromo

Rute Gunung Bromo dari Jakarta
Jika Anda hendak berwisata ke Gunung Bromo dari kota Jakarta, Anda bisa menggunakan transportasi kereta api atau pesawat terbang. Menggunakan pesawat terbang Anda bisa turun di bandara Surabaya lalu lanjut dengan jalur darat menuju Gunung Bromo via Probolinggo. Jika menggunakan kereta api Anda bisa berhenti di Malang kemudian mengambil jalur Probolinggo untuk masuk ke kawasan Bromo. Jalur masuk Probolinggo merupakan jalur yang paling banyak diminati karena fasilitasnya sudah cukup lengkap seperti berbagai rumah makan dan penginapan mulai dari kelas melati sampai yang berbintang.

Rute Gunung Bromo dari Yogyakarta/Semarang
Berangkat ke Gunung Bromo dari kota Yogyakarta atau Semarang hampir sama dengan rute dari Jakarta. Anda bisa menggunakan transportasi pesawat atau kereta untuk mempersingkat waktu perjalanan Anda. Namun, jika lebih suka menggunakan kendaraan pribadi, dari Yogyakarta ke Gunung Bromo memakan waktu kurang lebih 13 jam perjalanan. Anda bisa meninggalkan mobil Anda di penginapan kemudian menyewa mobil jeep untuk menjemput Anda atau bisa Anda sewa langsung di Cemoro Lawang. Ini karena medan untuk menuju Gunung Bromo lebih nyaman bila ditempuh dengan kendaraan bermesin besar seperti mobil jeep.

Rute Gunung Bromo dari Surabaya
Rute dan Akses menuju wisata gunung Bromo dari Surabaya, Anda bisa menyewa mobil sekaligus sopirnya di agent kami paket wisata bromo, untuk membawa Anda ke pintu masuk Gunung Bromo. Atau jika lebih memilih untuk naik angkutan umum berikut adalah rute dan aksesnya. Dari bandara Anda bisa naik bus Damri lalu turun di terminal bus Bungurasig. Dari terminal bus, naiklah bus yang berjalur Jember atau ke Banyuwangi, lalu turun di terminal Probolinggo. Dari terminal Probolinggo, Anda bisa naik angkutan desa berupa mobil colt yang akan membawa Anda ke Kecamatan Ngadisari yang termasuk dalam kawasan perbukitan Cemoro Lawang yang merupakan pintu masuk kawasan Gunung Bromo. Dari Surabaya menuju kawasan Gunung Bromo memakan waktu kurang lebih 4 jam perjalanan darat.

Rute Gunung Bromo dari Malang
Rute dan akses menunju Wisata Gunung Bromo yang terakhir adalah dari kota Malang. Telah disebutkan di atas beberapa cara untuk Anda sampai ke kota Malang dari beberapa kota seperti Jakarta, Yogyakarta, dan Semarang. Dari Malang ke Gunung Bromo jalurnya memang tidak terlalu mulus bahkan cenderung terjal, tetapi ketidaknyamanan yang mungkin Anda rasakan bisa terbayarkan dengan indahnya pemandangan khas pegunungan terlebih ketika sudah memasuki kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang asri. Jalur menuju Gunung Bromo dari Malang bisa ditempuh dengan rute Malang – Tumpang – Gubungklakah – Ngadas – Jempang – Gunung Bromo. Jalur ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi yang tidak terlalu besar, jika ingin menggunakan bus sebaiknya gunakan bus mini saja untuk membawa rombongan karena jalur yang terlalu beresiko untuk dilewati bus besar.

Rute dan Akses Menuju Wisata Gunung Bromo

Demikianlah artikel kali ini mengenai Rute dan Akses Menuju Wisata Gunung Bromo yang bisa anda pilih, semoga bermanfaat bagi anda yang akan berliburan ke Bromo.

admin