Rute dan Akses Menuju Rafting Sungai Pekalen

Rute dan Akses Menuju Rafting Sungai Pekalen

Rute dan Akses Menuju Rafting Sungai PekalenTips Menempuh Rute dan Akses Menuju Objek wisata Arung Jeram/Rafting sungai Pekalen.
Rute dan akses menuju rafting Sungai Pekalen termasuk rute yang bisa ditempuh dengan berbagai kendaraan, mulai dari mobil pribadi hingga transportasi umum. Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu Anda pikirkan terlebih dahulu terkait penggunaan kendaraan menuju Pekalen.

Kalkulasi waktu perjalanan
Hal pertama yang perlu Anda pikirkan adalah masalah kalkulasi waktu, dimana Anda perlu mengkalkulasi total waktu perjalanan yang akan ditempuh apapun kendaraan yang Anda gunakan. Dengan kalkulasi waktu yang sesuai dan sudah ditambah perkiraan waktu delay atau waktu tertunda ketika Anda menggunakan kendaran umum. Dengan begitu, Anda akan bisa mencapai Pekalen tepat waktu dan menikmati suasana arung jeram yang ditawarkan. Kalkulasi waktu perjalanan juga dibutuhkan untuk menghemat stamina Anda selama perjalanan. Contoh Anda ingin mencapai Objek wisata sungai Pekalen dengan kereta sore sehingga Anda bisa beristirahat penuh untuk berpetualang arung jeram esok hari, maka Anda menggunakan kereta api dari Surabaya ke Probolinggo dengan waktu tempuh sekitar 2 jam dan berangkat pukul 15.30WIB.

Baca juga: Sewa penginapan murah di pekalen

Kesiapan fisik
Tahukah Anda, kegiatan yang akan menguras stamina Anda selama menempuh perjalanan ke suatu tempat adalah kegiatan menunggu atau duduk diam didalam kendaraan selama perjalanan itu sendiri. Oleh karena itu, persiapkan fisik Anda dengan benar dan konsumsi vitamin yang bisa digunakan untuk menjaga stamina tetap bugar saat sampai di lokasi arung jeram.

Kondisi kendaraan
Apapun kendaraan yang Anda gunakan untuk berkunjung ke Pekalen harus dipastikan dalam kondisi baik, selain untuk menjaga keamanan dan kenyamanan Anda, kendaraan yang terbukti dalam kondisi baik akan mampu membuat Anda datang ke Pekalen tepat waktu. Jika Anda menggunakan kendaran pribadi, pastikan semua onderdil mobil, aki, ban, dan bahan bakar dalam kondisi baik, sehingga mobil tidak akan mengalami kerusakan di tenagh jalan. Sedangkan untuk kendaraan umum, tak ada salahnya Anda menggunakan jenis kendaraan patas atau kendaraan kelas bisnis yang terjamin keamanannya.

Waktu perjalanan
Hal lain yang perlu dipertimbangkan terkait waktu perjalanan adalah waktu Anda melakukan perjalanan wisata, dimana dalam hal ini akan lebih baik jika Anda tidak melakukan perjalanan wisata di musim liburan kegamaan, musim libur sekolah, ataupun musim penghujan. Karena waktu-waktu tersebut hanya akan membuat perjalanan terasa tidak nayaman dan kegiatan arung jeram terancam batal. Setelah mengetahui beberapa tips diatas, berikut adalah rute dan akses menuju rafting sungai Pekalen yang bisa dipilih.

  1. Bus umum. Rute yang satu ini bisa dimulai dari Surabaya dan lanjut ke area Jember hingga sampai ke Probolinggo, tepatnya di desa Ranugedang, Tiris, Probolinggo. Perjalanan bisa ditempuh sekitar 2.5 jam. Namun demikian, untuk mencapai area rafting, perjalanan masih dilanjutkan dengan menggunakan jeep atau berjalan kaki ke Pekalen bawah maupun Pekalen atas.
  2. Mobil pribadi. Rute yang satu ini bisa dimulai dari Surabaya yang melanjutkan kearah Sidoarjo dan berbelok kearah Bangil sebelum lurus ke Pasuruan. Dari Pasuruan, perjalanan lanjut ke Bandilan, Bayeman, dan Probolinggo.
  3. Kereta. Anda bisa naik kereta Mutiara Timur (Surabaya menuju Banyuwangi dan Probolinggo sebelum Denpasar), Cantik Ekspress (kereta dengan rute Surabaya Jember yang melalui rute Probolinggo) maupun Logawa yang mampu membawa Anda dari Surabaya ke Probolinggo selama 2,5 jam.

Rute dan Akses Menuju Rafting Sungai Pekalen

Semoga dengan berbagai tips diatas, Anda bisa menempuh rute dan akses menuju rafting sungai Pekalen dengan lancar dan aman.