Rute dan Akses menuju Puncak B29

Rute dan Akses menuju Puncak B29

Rute Dan Akses menuju Puncak B292 Buah Rute dan Akses Menuju Puncak B29
Rute dan akses menuju puncak B29 tentunya tidak terlalu sulit, terdapat 2 buah rute yang dapat dipiilih oleh para pendaki untuk mengunjungi kawasan puncak B29 Bromo ini. Rute ini dapat mereka pilih berdasarkan berbagai macam faktor.

Puncak B29 ini sendiri adalah salah satu kawasan wisata yang terletak di Gunung Bromo. Kawasan puncak ini sendiri terletak di 2 desa yang berbeda yaitu desa Ngadirejo, kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo dan desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Kawasan ini disebut dengan negeri di atas awan karena letak dari daerah ini yang cukup tinggi, sekitar 2900 Mpdl, yang membuat tempat ini lebih tinggi dari awan.

Di bawah ini adalah beberapa Rute dan Akses menuju Puncak B29 Argosari Lumajang yang bisa anda pelajari jika anda akan mengunjungi puncak B29 di Bromo Jawa Timur Indonesia.

  1. Desa Argosari
    Jalur pertama yang dapat dilalui oleh para pendaki adalah melalui desa Argosari. Dari daerah Lumajang, Anda akan menuju kecamatan Senduro, yang melewati Pura Mandara Giri Semeru Agung kemudian menuju desa Kandang Tepus. Ketika masuki desa Kandang Tepus Anda harus menyiapkan penerangan baik, karena di desa ini tidak ada penerangan sama sekali ketika malam tiba. Jarak tempuh dari Lumajang hingga desa Argosasi sekitar 40 km, untuk sampai ke desa Argosai ini, para pendaki dapat menggunakan kendaraan pribadi, karena memang tidak ada kendaraan umum yang menuju daerah tersebut. Anda dapat menggunakan motor atau mobil, dan pastikan kesiapan kendaraan Anda, karena ada beberapa kondisi jalan yang tidak baik. Kondisi jalan cenderung berbatu dan juga berkelok-kelok, karena rute ini belum diaspal. Oleh karena itu, jika Anda hendak pergi ke puncak B29 melalui desa Argosari disarankan untuk tidak menggunakan motor matic, atau jenis motor berat lainnya, karena jika tidak dikalankan dengan baik, ditabah jalan yang tidak mendukung pastinya akan sulit untuk dilalui.
    Ketika sampai di desa Argosasi, Anda akan disambut oleh para tukang ojek, yang tidak lain adalah warga desa Argosari. Kendaraan yang Anda gunakan akan diparkir di tempat parkir, agar aman. Jarak dari desa Argosari ke puncak B29 sekitar 8 km, yang dapat ditempuh menggunakan kendaraan selama 30 menit.  Sedangkan jika ditempuh dengan jalan kaki akan memakan waktu selama 4-5 jam. Jika Anda ingin pergi ke puncak sebaiknya menggunakan jasa ojek dari warga setempat, mereka akan memandu Anda ke tempat yang tepat. Menggunakan ojek seperti ini cenderung aman, karena kondisi jalan dari desa menuju puncak tidak bgitu baik. Anda tidak perlu khawatir ketika melakukan perjalanan ke puncak B29 melalui desa Argosari, karena selama perjalanan terdapat beberapa warung, sehingga Anda dapat membeli makanan atau minuman untuk kebutuhan Anda. Selama perjalanan pun Anda akan disuguhkan pemandangan kebun sayur mayur yang indah, seperti  kentang, wortel, kol, dll. Pastinya akan menjadi perjalanan yang sangat menyenangkan.
  2. Desa Ranupani
    Rute kedua yang dapat Anda lalui adalah melalui desa Ranupani, desa Ranupani ini sangat nyaman untuk dilalui, karena jalannya sudah diaspal, dan dapat dilalui oleh motor atau juga sepeda. Namun ketika Anda melalui jalur ini pastinya akan memicu adrenalin, bagaimana tidak kanan dan kiri jalan terdapat jurang yang cukup terjal. Jika Anda senang akan tantangan adrenalin tidak ada salahnya untuk melakukan hiking di rute ini.

Rute dan Akses menuju Puncak B29

Semua lelah, dan perjalanan yang memicu adrenalin ini akan terbayarkan ketika Anda berada di puncak B29. Akan lebih baik ketika mengunjungi kawasan ini pada pagi hari sebelum matahari terbit, dengan begitu Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbit dengan leluasa, udara yang bersih, dan yang lebih penting adalah Anda dapat menikmati pemadangan di atas awan. Jadi  bagi Anda yang ingin mengunjungi kawasan ini sebaiknya pilih rute dan akses menuju puncak B29 yang baik dan aman untuk dilalui.

admin