Rute dan akses menuju Air Terjun Madakaripura

Rute dan Akses Menuju Air Terjun Madakaripura

Rute dan akses menuju Air Terjun MadakaripuraSangat penting bagi Anda untuk tahu rute dan akses menuju Air Terjun Madakaripura, apalagi kalau ini adalah kali pertama Anda pergi ke sana. Air Terjun Madakaripura merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Jawa Timur dan masih berada di area Taman Nasional Bromo Tengger. Lokasi air terjun yang masih alami pun membuat aksesnya cukup sulit untuk ditempuh. Namun bagi Anda yang menyukai tantangan, rasanya sayang untuk melewatkan Air Terjun Madakaripura dari daftar liburan ke Jawa Timur.

Sebelum mengetahui rute-rutenya, mari kita simak dahulu letak dari Air Terjun Madakaripura.
Letak Destinasi Wisata Air Terjun Madakaripura
Seperti yang telah disebutkan, Air Terjun Madakaripura terletak di Jawa Timur. Tepatnya berada di desa myapih, lumbang, kabupaten Probolinggo dan berada di kaki Gunung Bromo yang dikenal sebagai salah satu gunung api dengan pemandangan terindah di Indonesia. Bromo sendiri secara administratif berada di empat kabupaten, yakni Malang, Probolinggo, Lumajang, dan Pasuruan. Jadi Anda sebenarnya dapat pergi ke air terjun tersebut melalui keempat kabupaten tadi. Namun, untuk rute tercepat, Anda bisa mengakses lewat Probolinggo melalui Kecamatan Lumbang.

Setelah mengetahui demografinya, di bawah ini ada beberapa rute dan akses menuju air terjun madakaripura yang bisa Anda ambil untuk pergi ke obyek wisata tersebut.

  1. Rute ke Air Terjun Madakaripura Lewat Surabaya
    Jika pergi dari Surabaya, Anda dapat mengambil rute langsung ke Kecamatan Lumbang. Jalur yang akan Anda ambil adalah Pasuruan-Probolinggo. Kemudian sesampainya di Lumbang, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Desa Sapih yang merupakan tempat Air Terjun Madakaripura. Rute dari Surabaya tersebut bisa dikatakan mudah untuk ditempuh.
  2. Rute ke Air Terjun Madakaripura dari Terminal Bus Antarkota Probolinggo
    Selain lewat Surabaya, rute dan akses menuju Air Terjun Madakaripura dari terminal bus antarkota pun terbilang sangat mudah. Sebab kebanyakan armada bus sudah mengetahui rute menuju air terjun, jadi Anda tidak perlu cemas karena tidak akan tersesat. Sesampainya di terminal bus, Anda dapat mengambil angkutan dengan jurusan Lumbang-Bromo. Kemudian, Anda lanjutkan perjalanan dengan angkot menuju Madakaripura setelah sampai di Kecamatan Lumbang.
  3. Rute ke Air Terjun Madakaripura dari Jakarta
    Anda yang pergi dari Jakarta dapat mengambil rute lewat Surabaya atau Malang. Jika Anda memilih via Malang, Anda bisa memulai perjalanan dari Bandar Abdurahman Saleh, Terminal Arjosari, maupun dari Stasiun Kota Lama. Sedangkan kalau mengambil via Surabaya, Anda dapat memulainya dari Bandara Juanda, Stasiun Gubeng, Terminal Bungurasih, atau Stasiun Gubeng. Selanjutnya lanjutkan perjalanan lewat jalur menuju Air Terjun Madakaripura dari Surabaya seperti yang sudah disebutkan di atas.
  4. Rute ke Air Terjun Madakaripura dari Bali
    Jika Anda pergi dari bandara atau stasiun di Bali, ambil jalur ke Gili Manuk. Anda nantinya akan melewati Ketapang, Banyuwangi, Situbondo, sampai ke Probolinggo. Sesampainya di Probolinggo, Anda lanjutkan perjalanan menuju Bromo atau Air Terjun Madakaripura lewat Kecamatan Lumbang seperti yang sudah disebutkan di atas.

Rute dan akses Menuju Air Terjun Madakaripura

Sejauh ini, rute favorit yang paling mudah dan nyaman menuju Air Terjun Madakaripura adalah melalui Probolinggo. Maka tak heran kalau banyak agen travel atau armada angkutan lainnya yang memberikan fasilitas perjalanan ke Air Terjun Madakaripura lewat jalur tersebut. Pastikan Anda juga siap mengambil rute dan akses menuju Air Terjun Madakarupura tersebut kalau menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil.

admin