Puncak Mentigen Bromo

Puncak Mentigen Bromo

puncak mentigen bromoPuncak Mentigen Bromo, Tempat Alternatif Menikmati Sunrise di Bromo.
Puncak Mentigen Bromo merupakan tempat alternatif lain untuk menikmati panorama matahari terbit di Gunung Bromo. Hampir semua wisatawan yang mengunjungi Bromo bertujuan untuk melihat pemandangan sunrise dan sunset yang mempesona. Selama ini Puncak Pananjakan adalah tempat utama untuk menikmati pemandangan tersebut.

Belum banyak pengunjung yang mengetahui jalur alternatif Puncak Mentigen untuk menikmati sunrise dan sunset di Bromo. Beberapa orang yang mengunjunginya menyebutnya dengan Puncak Pananjakan 2. Tempat ini lebih mudah ditempuh, karena berada lebih dekat dengan hotel. Jarak yang cukup dekat itu dapat dicapai dengan berjalan kaki, tanpa harus menyewa Jeep. Meskipun demikian, pemandangan alam yang disuguhkan dari Puncak Mentigen tidak jauh berbeda dari Puncak Pananjakan.

Baca: Panorama Bromo yang Mempesona

Puncak Mentigen, Alternatif Mudah Menikmati Sunrise
Puncak Mentigen Bromo berada di salah satu perbukitan di Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura Kebupaten Probolinggo. Dari sisi ini pengunjung dapat melihat pemandangan Gunung Bromo, Gunung Batok dan hamparan lautan pasir dari ketinggian 2.273 meter dari atas permukaan laut.

Saat matahari mulai naik dan kabut hilang perlahan, wisatawan akan disuguhi pemandangan awan-awan yang menggantung di atas lautan pasir. Dari kejauhan tampak Jeep berjejer menanti penumpang yang akan menyewa untuk diantarkan ke tempat wisata di sekitar Bromo.

Pemandangan dari puncak ini di sore hari saat matahari tenggelam juga sangat menawan. Ini dikarenakan tidak ada perbukitan tinggi yang menghalangi di kanan kiri. Jadi pandangan pengunjung dapat luas ke depan. Selain itu, di Puncak Mentigen terdapat padang rumput hijau yang luas dan ditumbuhi bunga-bunga indah. Banyak pasangan yang menjadikan tempat ini sebagai latar foto prewedding.

Para wisatawan memilih Puncak Mentigen sebagai tempat menikmati sunrise dengan alasan takut terlambat bangun pagi. Memang jika ingin menikmati sunrise di Puncak Pananjakan, wisatawan harus siap pukul 3 dini hari untuk mendaki. Sebab terlambat sebentar saja, pemandangan sunrise yang menakjubkan dapat terlewatkan.

Baca juga opsi lain menikmati sunrise:
Bukit Kingkong Bromo
Bukit Cinta alternatif melihat sunrise
Puncak penanjakan 2 seruni

Faktor lain tempat ini menjadi pilihan, karena jalur pendakiannya tidak sesulit melalui Puncak Pananjakan. Jarak tempuh yang harus dilewati hanya 1 kilometer dengan kontur jalan yang tidak terlalu terjal dan berbatu. Jadi siapa pun dapat mendaki dengan mudah, karena cukup dengan 30 menit berjalan kaki. Itu sebabnya tempat ini sangat cocok dikunjungi jika Anda mengunjungi Bromo bersama keluarga untuk melihat sunrise. Pihak Taman Nasional Bromo-Semeru terus mengembangkan kawasan ini menjadi lebih baik, agar semakin ramai dikunjungi wisatawan.

Akses Menuju Puncak Mentigen
Bagi wisatawan yang hobi trekking dapat menempuh tempat ini dengan berjalan kaki sejauh 8 kilometer dari Cemara Lawang. Tapi yang ingin praktis bisa menyewa Jeep menuju Puncak Mentigen. Sebenarnya tempat ini berada tidak jauh dari penginapan di Cemara Lawang. Jadi bagi pengunjung yang memang ingin mengeksplor Bromo, dapat menginap di hotel yang ada di sekitar lokasi.

Puncak Mentigen Bromo

Bagi Anda yang tidak mau repot berwisata ke Bromo dapat memanfaatkan jasa agen travel. Tentunya liburan Anda akan lebih berkualitas, karena semua akomodasi sudah disediakan dengan lengkap. Tempat wisata Bromo yang dikunjungi juga lebih banyak, bahkan Anda akan dibawa menuju spot-spot wisata Bromo yang belum banyak diketahui wisatawan. Misalnya saja Puncak B29 yang berada di ketinggian 2.400 mdpl dan terletak di sebelah timur Gunung Bromo. Dari tempat ini semua pemandangan Gunung Bromo dapat terlihat secara utuh. Jumlah pengunjung yang mendatangi Puncak B29 juga semakin meningkat dari tahun ke tahun. Jadi tidak ada salahnya mengunjungi Puncak Mentigen Bromo dengan menyewa agen travel.