Puncak B29 Argosari Lumajang

Puncak B29 Argosari Lumajang

Puncak b29 argosari lumajangPuncak B29 Argosari Lumajang adalah salah satu kawasan wisata yang berlokasi di lereng Gunung Bromo di ketinggian sekitar 2900 mdpl. Kawasan wisata ini tergolong baru karena baru saja diresmikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lumajang. Keistimewaan puncak gunung ini adalah karena kawasan ini merupakan titik tertinggi di tepi kaldera Bromo. Sebelumnya, kawasan Penanjakan I merupakan tempat tertinggi yang menjadi tujuan utama dalam paket wisata Gunung Bromo Tengger Semeru. Ketinggian kawasan ini adalah sekitar 2.770 mdpl.

Keindahan Puncak B29
Puncak B29 selalu berhasil membuat takjub setiap pengunjungnya. Berlokasi di sisi tenggara Gunung Bromo, puncak ini terletak di Desa Argosari, Kecamatan Senduro; sekitar 40 km dari pusat kota Lumajang. Kawasan ini dilingkupi udara yang dingin dan dipenuhi oleh berbagai tanaman dataran tinggi yang khas sehingga selalu memberi kesan tersendiri pada setiap pengunjung.

Setiap pengunjung juga merasa sangat tertantang ketika akan mencapai puncak tertinggi ini. Anda harus melewati jalanan yang berkelok – kelok di lereng Gunung Semeru. Dari Kota Lumajang, Anda akan menempuh jarak sekitar 25 km hingga mencapai Desa Argosari. Kemudian, Anda akan melewati jalan beraspal untuk mencapai Puncak B29. Puncak tertinggi ini hanya bisa dicapai dengan menggunakan motor atau berjalan kaki karena kendaraan roda empat seperti mobil atau jeep sekalipun belum bisa melewati medannya.

Di Puncak tertinggi Bromo ini, para pengunjung bisa menikmati keindahan alam berupa perkebunan sayur – sayuran hijau yang ditanam dengan penataan yang sangat rapi dan indah. Perkebunan di area ini dibuat dengan menyesuaikan kontur tanah pegunungan yang mendaki sehingga perkebunan sayur ini menjadi perkebunan hijau bertingkat yang sejuk dipandang. Keindahan barisan Pegunungan Semeru bisa dinikmati dari puncak ini. Selain itu, puncak ini juga memberikan pemandangan menakjubkan berupa padang pasir di kaldera Bromo yang tertutupi awan tebal. Dari puncak ini, pengunjung juga bisa menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam yang memberikan kesan unik tersendiri.

Puncak B29 Argosari Lumajang bisa menjadi tujuan wisata yang tepat bagi para pecinta petualangan alam, wisata bersama keluarga dan juga anak – anak. Keindahan alamnya pastinya akan membuat takjub siapa saja yang menyaksikan. Selain berbagai keindahan tersebut, para pengunjung juga bisa menikmati air terjun nan indah, pendakian Ranupane dan puncak Semeru, ataupun hanya sekedar berkemah bersama teman atau keluarga.

Cara Mencapai Kawasan Wisata Puncak B29
Meski masih tergolong baru, kawasan wisata ini cukup mudah untuk diakses. Kawasan ini bisa dicapai dalam waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor dari Kota Lumajang. Dari pusat kota ini, Anda harus menuju Senduro dan kemudian belok kiri ke Kandangtepus. Ikuti jalan tersebut hingga Anda mencapai Desa Argosari.

Karena akan menuju puncak gunung, tentunya jalan yang akan Anda lewati akan cukup ekstrim dengan tanjakan – tanjakan dengan kemiringan 10 -40 derajat serta tikungan tajam. Tapi jangan khawatir karena jalan yang akan Anda tempuh cukup aman karena sudah beraspal dan tidak berlubang. Ketika sampai di kawasan wisata B29, Anda masih harus mendaki sedikit ke arah puncak atau gunakan sepeda motor agar tidak terlalu lelah. Akan tetapi, menuju puncak dengan sepeda motor di musim hujan tidak disarankan karena medan yang lebih licin dan dapat membahayakan. Jadi, pastikan Anda mengikuti peraturan pengelola dan pemandu wisata dengan baik agar bisa selamat sampai tujuan dan menikmati indahnya puncak B29 argosari Lumajang.

Puncak B29 Argosari Lumajang

Objek wisata di kawasan Bromo memang selalu menyajikan tempat-tempat yang exotic, oleh karena itu wisata Jawa timur menjadi salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia.