Pesona Keindahan Gunung Ijen, Jawa Timur

Pesona Keindahan Gunung Ijen

Pesona Keindahan Gunung IjenMenikmati Pesona dan Keindahan Alam di Gunung Ijen Banyuwangi Jawa Timur.
Pesona keindahan gunung Ijen telah dikenal luas baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Gunung Ijen memiliki kawasan wisata yang juga disebut dengan kawah Ijen. Kawah Ijen inilah yang terkenal akan keindahannya yang menjadi daya tarik bagi para pengunjung. Dengan panorama alam yang juga tak kalah indahnya, kawah Ijen menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia yang dapat dibanggakan.

Awal mula mendunianya pesona kawah Ijen di gunung Ijen
Ijen merupakan nama dari gunung yang memiliki kawah berupa danau. Dapat dikatakan bahwa nama dari tempat ini mulai terkenal di dunia saat turis asing yang berasal dari Perancis bernama Nicolas Hulot dan Katia Kraft datang pada tahun 1971. Pasangan suami-istri tersebut menceritakan tentang pesona keindahan dari Kawah Ijen di majalah Geo, Perancis. Bukan hanya itu saja, mereka juga menuliskan tentang kehidupan para penambang belerang yang keras. Hal tersebut yang menjadi daya tarik bagi para turis asing untuk datang ke kawasan wisata ini. Bukan hanya untuk membuktikannya sendiri, tetapi juga untuk mengabadikan keindahan dari kawah ini terutama bagi para fotografer dunia.

Letak dari gunung Ijen
Gunung Ijen terkenal akan kawahnya yang juga disebut dengan kawah Ijen. Kawah ini berada di puncak gunung tersebut. Gunung Ijen berada di sebelah Timur dari gunung Merapi yang sebelumnya terdapat gunung Bromo dan Semeru. Kawasan wisata ini juga disebut dengan Cagar Alam Taman Wisata Ijen yang tepatnya berada di wilayah Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Klobang, Kabupaten Bondowoso. Sehingga, untuk mencapai ke tempat wisata kawah Ijen, akses dan rute yang digunakan dapat melalui Banyuwangi atau melalui Situbondo.

Baca juga: Rute dan Akses Menuju Wisata Kawah Ijen

Ragam pesona keindahan di gunung Ijen
Meskipun berbahaya, tetapi gunung Ijen selalu dikunjungi oleh para wisatawan terutama bagi mereka yang memiliki hobi untuk mendaki gunung. Rasa lelah akan terbayar dengan keindahan dan pesonanya saat sampai di kawasan wisata gunung Ijen tersebut. Keindahan apa saja yang dapat dilihat di puncak gunung tersebut, berikut diantaranya;

Kawah Ijen
Kawah Ijen merupakan tujuan para wisatawan karena terlihat sangat indah saat dilihat dari atas gunung Ijen. Merupakan danau besar yang berwarna hijau kebiruan atau hijau tosca dengan kabut dan asap belerang yang menjadi ciri khasnya.

Kawah Ijen memiliki ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut dengan berada di tengah kaldera yang paling luas sepulau Jawa, yaitu 20 kilometer ukurannya. Volume airnya sekitar 200 juta meter kubik. Air belerang dari kawah terlihat indah namun sangat berbahaya karena memiliki tingkat keasaman yang mendekati nol. Dengan kata lain, dapat melarutkan pakaian hingga tubuh manusia karena memiliki suhu 200 derajat celcius.

Keindahan kawah Ijen akan sangat terasa di pagi hari, saat matahari muncul sambil menyinari kawah tersebut yang biasanya akan terlihat pantulan keemasan dari warna hijau kebiruannya. Selain itu, suhu yang dingin akan memberikan sensasi yang juga menyejukkan. Bukan hanya itu saja, berbagai tanaman yang khas di dataran tinggi akan ditemukan seperti misalnya cemara gunung dan bunga legendaris yaitu Edelweiss Jawa.

Para penambang tradisional di gunung Ijen
Salah satu pusat perhatian bagi para wisatawan di kawasan wisata gunung Ijen ini yaitu para penambang belerang. Keberanian para penambang dalam mendekati dan hampir berada di dasar kawah yang berupa danau tersebut menarik perhatian para pengunjung, karena bukan hanya menggunakan alat sederhana, tetapi para penambang juga harus memikul belerang hasil galian mereka hanya dengan keranjang.

Pesona Keindahan Gunung Ijen

Berada di kawasan wisata yang masih alami memang akan terasa sangat menakjubkan, selain menikmati keelokannya, juga mengingatkan akan keindahan dalam melestarikan alam ini, terutama untuk menjaga pesona keindahan gunung Ijen.

admin