Pantai Rajegwesi Banyuwangi

Pantai Rajegwesi Banyuwangi

Pantai Rajegwesi BanyuwangiDestinasi Wisata Pantai Rajegwesi Banyuwangi, Jawa Timur
Pantai Rajegwesi Banyuwangi – Sebagai negara terkenal dengan salah satu yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia, tentunya Indonesia memiliki banyak pantai – pantai menarik yang sayang untuk dilewatkan. Tidak sedikit pantai – pantai di Indonesia yang terkenal bukan hanya di dalam negeri saja melainkan hingga manca negara.

Kabupaten Banyuwangi, Jawa timur adalah salah satu sekian dari banyak daerah di Indonesia yang memiliki banyak pantai – pantai yang indah dan juga menarik untuk dikunjungi, Pantai Rajegwesi misalnya. Pantai yang memiliki hamparan pasir pantai kecokelatan yang luas dan juga bersih serta tebing – tebing bebatuan yang ukurannya yang besar dan juga tinggi ini memiliki keindahan tersendiri dibandingkan dengan pantai – pantai lain yang ada di kawasan pesisir pantai selatan, salah satu perbedaannya adalah adanya penangkaran penyu – penyu langka.

Pantai Rajegwesi
Pantai ini berlokasi di tengah – tengah wilayah perkampungan nelayan, sebab sebagian besar penduduk sekitar bekerja sebagai nelayan. Pemandangan di pantai ini sangat menawan, hal ini dikarenakan pantai ini memiliki tebing – tebing bebatuan yang mengandung besi, selain itu juga pantai yang memiliki hamparan pasir pantai yang luas dan juga bersih menambah keindahan dari pantai ini. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna kecokelatan, hal ini tentunya berbeda dengan pasir pantai yang berada di kawasan pesisir pantai selatan yang berwarna putih. Pasir kecokelatan ini diakibatkan oleh endapan lumpur sungai yang terbawa dan kemudian bermuara di pantai ini di saat banjir tiba.

Pemandangan lain yang dapat kita jumpai adalah dengan dijadikannya sebagai pelabuhan bagi para nelayan tradisional dan juga dijadikan sebagai tempat untuk pelelangan ikan. Para wisatawan dapat melihat ikan – ikan hasil tangkapan para nelayan di saat para nelayan mendarat dari melaut.

Pantai Rajegwesi Banyuwangi ini juga merupakan pintu masuk dari tempat – tempat wisata lainnya yang ada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Anda hanya perlu menyeberang menggunakan perahu agar sampai di destinasi wisata lainnya yang masih satu kawasan.

Habitat Penyu Langka
Pantai Rajegwesi ini memiliki kesamaan dengan pantai Sukamade yakni menjadi tempat habitat penyu langka dan juga sebagai tempat penangkaran penyu – penyu langka. Anda akan bisa menyaksikan bagaimana proses dari penyu – penyu langka yang sedang bertelur, dan juga anda bisa melihat bagaimana proses anak – anak penyu yang baru menetas dan sebelumnya sudah dipelihara dengan baik dan kemudian dilepaskan ke arah lepas pantai agar bisa berkembang dan tumbuh besar. Penyu – penyu langka yang ada di penangkaran antara lain penyu hijau, penyu slengkrah, penyu belimbing, dan juga ada penyu sisik.

Asal Nama Rajegwesi
Pantai ini memiliki ombak yang relatif kecil jika dibandingkan dengan pesisir pantai selatan lainnya, hal ini disebabkan karena terdapat tebing – tebing bebatuan yang tinggi dan besar menyerupai tembok raksasa yang mampu menahan gelombang yang datang langsung dari laut selatan (Samudera Hindia). Itulah mengapa pantai ini disebut dengan Rajegwesi yang artinya “rajeg” yang berarti pagar atau tiang panjang dan “wesi” yang artinya besi dalam bahasa jawa. Rajegwesi merupakan nama yang diambil dari bahasa jawa yang artinya pagar besi.

Pantai Rajegwesi Banyuwangi

Itulah sedikit ulasan mengenai Pantai Rajegwesi Banyuwangi, Jawa Timur yang sangat cocok sebagai salah satu tempat berlibur anda. Namun perlu diingat, Banyuwangi juga masih banyak memiliki pantai – pantai yang tak kalah menariknya seperti pantai Pulau Merah dan Pantai Plengkung (G-land). Rute yang dilalui pun sangat mudah untuk diakses. Selamat mencoba!

admin