Pantai Plengkung (G-land) Banyuwangi

Pantai Plengkung (G-land) Banyuwangi

Pantai Plengkung G-land BanyuwangiPesona Pantai Plengkung atau G- Land di Banyuwangi Jawa Timur.
Pantai Plengkung (G- Land) Banyuwangi – Indonesia merupakan negara kepulauan dimana Indonesia memiliki banyak pulau – pulau yang jumlahnya mencapai ribuan. Sebagai negara terkenal dengan salah satu yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia, tentunya Indonesia memiliki banyak pantai – pantai menarik yang sayang untuk dilewatkan. Tidak sedikit pantai – pantai di Indonesia yang terkenal bukan hanya di dalam negeri saja melainkan hingga manca negara.

Kabupaten Banyuwangi, Jawa timur adalah salah satu sekian dari banyak daerah di Indonesia yang memiliki banyak pantai – pantai yang indah dan juga menarik untuk dikunjungi, Pantai Plengkung misalnya. Pantai yang juga dikenal dengan sebutan G- Land ini berhadapan langsung dengan perairan lepas, Samudera Hindia. Tidak heran apabila pantai ini memiliki gulungan ombak yang cukup besar. Ombak di pantai ini cukup besar dan juga konsisten, mengingat ini merupakan pengaruh dari arus Antartika yang terbawa Samudera Hindia.

Spot Selancar Terbaik
Pantai Plengkung (G-land) Banyuwangi ini dikenal dengan tempat terbaik untuk berselancar. Hal ini tentu dikarenakan pantai ini memiliki ombak yang besar. Ombak di pantai ini berbentuk memanjang dengan kecepatan yang tinggi, dan juga tinggi. Selain itu pantai ini juga mempunyai gulungan ombak yang membentuk tabung dan ini hampir sempurna untuk digunakan berselancar dan digemari para peselancar. Ombak dipantai ini merupakan ombak terbaik kedua dunia setelah Hawai, ini mengapa banyak wisatawan lokal maupun manca negara mengunjungi tempat ini hanya untuk menaklukkan ombak yang ada.

Ombak terbesar akan muncul pada bulan April hingga September, pada bulan – bulan tersebut ombak tingi berdatangan secara bertahap dan berlangsung beberapa hari dengan jarak hanya beberapa hari setiap ombaknya. Apabila bulan purnama atau bulan baru maka ombak yang datang cenderung lebih besar.

Asal nama G- Land
Pantai Plengkung ini disebut juga dengan nama G- Land, G di sini memiliki arti “Grajagan“. Grajakan merupakan nama sebuah teluk yang berada di seberang pantai ini. Masih banyak lagi alasan mengapa disebut dengan G- Land, seperti halnya G di sini diambil dari awalan kata Green karena pantai ini dikelilingi oleh hutan tropis yang hijau dan hutan dataran rendah yang masih alami, dan apabila dilihat dari jarak jauh akan tampak kehijauan. Selain diambil dari kata Green, ternyata G ini jug diambil dari kata Great, dimana ombak dipantai ini sangat besar dan menantang. Bahkan banyak juga yang menyebut pantai Plengkung ini G- Land karena bentuk pantainya melengkung menyerupai bentuk huruf G apabila dilihat menggunakan citra satelit. Dengan posisi dan letak pantai inilah yang membuat pantai Plengkung memiliki ombak yang bagus dan digemari oleh para pecinta selancar.

Pantai Plengkung yang Masih Alami
Berbeda dengan pantai – pantai lain di dunia yang memiliki spot bagus untuk berselancar, pantai Plengkung ini masih sangat alami. Apabila dilihat dari tempat – tempat berselancar yang ada di negara lain yang memiliki latar belakang gedung – gedung besar dan juga tinggi, maka di pantai ini latar belakangnya masih berbau alami yaitu hutan tropis yang sangat hijau dan asri tentunya. Hal ini disebabkan karena pantai ini berada di dalam kawasan taman nasional alas purwo. Jalanan yang dilewati untuk bisa sampai ke pantai sendiri masih alami berupa tanah dan juga tidak diaspal. Lokasinya yang terpencil dan juga bebas dari polusi serta tidak banyak orang ini menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Pantai Plengkung (G-land) Banyuwangi

Itulah sedikit penjelasan mengenai pantai Plengkung (G- Land) Banyuwangi, Jawa Timur yang sangat cocok sebagai salah satu tempat berlibur anda. Namun perlu diingat, Banyuwangi juga masih banyak memiliki pantai – pantai yang tak kalah menariknya seperti pantai Watu dodol Banyuwangi, dan banyak lagi lainnya.

admin