Panorama Bromo yang Mempesona

Panorama Bromo yang MempesonaPanorama Bromo yang Mempesona
Sebagai tempat tujuan wisata favorit, panorama Bromo memang sangat mempesona. Keindahan gunung ini sangat terkenal hingga ke mancanegara. Dari puncak Pananjakan, wisatawan dapat menikmati keindahan matahari terbit di ketinggian Bromo. Dengan latar depan Gunung Semeru yang mengeluarkan asap dan terpaan sinar matahari di waktu fajar menciptakan pemandangan luar biasa yang wajib diabadikan dengan kamera.

Sejarah Gunung Bromo
Mengulang kembali akan Sejarah Gunung Bromo yang telah kita bahas sebelumnya, di ceritakan kisah singkatnya:
Kata Bromo sendiri berasal dari kata Brahma yang merupakan salah satu dewa utama umat Hindu. Masyarakat asli yang mendiami Bromo adalah orang-orang Majapahit yang melarikan diri ketika kehancuran kerajaan tersebut. Sebagian lagi melarikan diri ke pulau Bali. Itu sebabnya kedua tempat tersebut masyarakatnya sama-sama memeluk agama Hindu.

Masyarakat Hindu yang berada di Bromo dikenal dengan sebutan suku Tengger. Nama ini dipercaya berasal dari mitos Roro Anteng dan Joko Seger. Termasuk upacara Yadnya Kasada yang merupakan bentuk persembahan masyarakat Tengger pada dewa gunung, berdasarkan mitos Roro Anteng dan Jaka Seger.

Konon pasangan suami istri tersebut lama tidak memiliki keturunan. Kemudian, mereka memohon bantuan kepada dewa gunung untuk diberi keturunan. Menurut perjanjian mereka akan dianugerahi 24 anak, namun yang lahir 25 anak. Akhirnya, anak bungsu mereka yang bernama Jaya Kusuma dikorbankan ke dalam kawah Bromo untuk menenangkan amarah dewa gunung. Selanjutnya, mereka memerintahkan masyarakat Tengger untuk selalu memberi persembahan hasil bumi sebagai ganti korban.

Baca juga: Aktivitas Gunung Bromo

Tempat Wisata Gunung Bromo
Dibalik cerita ironi Gunung Bromo, pemandangan yang disajikan Bromo menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Ada beberapa tempat di Bromo yang wajib dikunjungi, seperti berikut.

  • Kawah Gunung Bromo
    Tempat ini merupakan tempat utama di Gunung Bromo yang wajib dikunjungi. Untuk mencapai tempat ini, pengunjung dapat menyewa Jeep yang ada di parkiran kendaraan. Pilihan lain adalah menggunakan kuda atau berjalan kaki sejauh 1,5 kilometer. Sebelum menaiki 250 anak tangga, pengunjung akan melewati Pura Luhur Poten dan ladang berpasir.Kawah gunung juga menjadi puncak upacara Yadnya Kasada, saat suku Tengger melemparkan persembahan. Cerukan dengan garis tengah 800 meter (utara selatan) dan 600 meter (timur barat), ini sangat indah saat Bromo tenang.
  • Pasir Berbisik
    Tempat ini berupa hamparan lautan pasir hitam yang luas dan indah. Lokasinya berada di sekitar kaldera gunung, tepatnya di bagian timur tempat wisata Bromo. Pasir berbisik menjadi sangat terkenal setelah dijadikan latar dalam film berjudul sama “Pasir Berbisik” yang dibintangi Dian Sastrowardoyo. Di tengah lautan pasir, terdapat Pura Luhur Poten yang berbentuk candi.
  • Puncak Pananjakan
    Puncak Pananjakan adalah lokasi terbaik untuk menikmati panorama Bromo yang sesungguhnya. Tempat ini selalu ramai menjelang fajar tiba, sebab para wisatawan menunggu munculnya matahari terbit. Pemandangan sunrise dengan latar Gunung Semeru memang sangat menakjubkan.Untuk mencapai puncak, Anda dapat menyewa Jeep dari parkiran atau menunggang kuda (Sewa kuda Bromo). Jika fisik masih kuat, perjalanan bisa ditempuh dengan berjalan kaki sejauh 1,5 kilometer dengan rute menanjak.
  • Bukit Teletubbies
    Bukit ini merupakan padang savannah yang hijau, mirip seperti di film anak-anak, Teletubbies. Hamparan rumput yang hijau dikelilingi perbukitan menciptakan keindahan alam yang menakjubkan. Pemandangan ini melengkapi kesempurnaan alam Gunung Bromo. Di sini pengunjung dapat bersepeda dan trekking. Hobi fotografi juga dapat disalurkan dengan mengabadikan latar Bukit Teletubbies.

Demikian, beberapa keindahan panorama Bromo yang layak dikunjungi dan diabadikan dalam kamera Anda.

admin