Objek Wisata Rafting Sungai Pekalen

Objek wisata rafting Sungai Pekalen

Objek Wisata Rafting Sungai PekalenMemacu Adrenalin di Objek Wisata Rafting Sungai Pekalen.
Mengunjungi objek wisata rafting Sungai Pekalen sangat wajib dilakukan bagi Anda yang hobi memacu adrenalin atau menyukai tantangan. Rafting dikenal sebagai wisata alam dengan genre adventure di mana Anda akan melakukan arung jeram. Sungai Pekalen terletak di Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Sungai tersebut dikenal dengan arusnya yang deras dan cocok digunakan untuk kegiatan rafting yang sangat menantang.

Lantas, bagaimana cara untuk bertualang di Sungai Pekalen dengan melakukan rafting?
Memacu Adrenalin dengan Rafting di Sungai Pekalen
Sungai Pekalen terdiri dari Pekalen Atas (12 kilometer), Pekalen Tengah (7 kilometer), serta Pekalen Bawah (10 kilometer). Lebar sungainya sendiri sekitar 5 hingga 20 meter dengan kedalaman 1 sampai 3 meter. Sumber Sungai Pekalen berasal dari mata air di Gunung Argopuro serta Gunung Lamongan. Dari detail tersebut, maka tak heran kalau para pecinta arung jeram ingin mencoba untuk rafting di Sungai Pekalen saat berkunjung ke Probolinggo, Jawa Timur.

Baca info laiinya: Harga Tiket Masuk Wisata Madakaripura

Setidaknya membutuhkan waktu selama 3,5 jam untuk mengarungi jalur dari Start sampai Finish. Anda juga akan bertemu setidaknya 50 jeram dengan berbagai nama unik. Antara lain Batu Jenggot, Rajawali, Tripple Ace, Xtravaganza, Cucok Rowo, The Fly Matador, hingga Jeram Inul di mana peserta arum jeram harus “bergoyang” seperti sang penyanyi dangdut. Sedangkan untuk tingkat kesulitannya berkisar dari grade II hingga III+.

Lokasi Basecamp Rafting di Sungai Pekalen
Lokasi basecamp rafting dari Noars maupun Songa sebenarnya mudah untuk ditemukan, sebab Anda bisa melihat petunjuknya di jalan raya Probolinggo. Namun untuk sampai ke basecamp objek wisata rafting Sungai Pekalen, Anda harus menempuh jarak yang cukup jauh, yakni sekitar 15 kilometer. Selain itu, kondisi jalan yang belum terlalu bagus juga kerap menyulitkan pengunjung. Meski begitu, kelelahan yang Anda rasakan akan langsung terbayar setibanya di basecamp.

Perrsiapan dan Terjun untuk Rafting di Sungai
Setelah beristirahat dan berganti pakaian, pemandu akan memberikan Anda pelindung seperti helm serta jaket pelampung. Anda dan tim juga akan menggunakan perahu karet bersifat inflatable raft yang khusus dirancang untuk arung jeram. Udara yang terdapat di dalamnya akan meredam berbagai benturan yang akan Anda temui selama melakukan rafting. Sebelum terjun, pemandu juga akan memberi istilah-istilah yang akan Anda lakukan saat berada di permukaan sungai.

Stamina peserta juga harus kuat, karena Anda akan naik mobil dan jalan dalam jarak tempuh yang jauh sebelum tiba di lokasi rafting. Start point untuk arung jeram berada di Dusun Angin-angin (Desa Ranu Gedang) dan finish point-nya berada di Dusun Gembleng (Desa Pesawahan). Ketika akhirnya terjun, bukan hanya tantangan, tetapi juga pemandangan indah akan Anda lihat di sepanjang perjalanan. Sebut saja Air Terjung Angin-angin, gua kelelawar, hingga struktur bebatuan yang terbentuk secara alami.

Objek Wisata Rafting Sungai Pekalen

Pemandangan tersebut akan mengusir rasa tegang dan lelah Anda saat rafting. Waktu sepanjang 3,5 jam pun tidak akan terasa karena Anda dan tim menikmati petualangan tersebut. Setelah tiba di finish point, Anda dan tim akan digiring kembali ke basecamp. Biasanya Anda harus melewati jalan setapak dahulu sebelum akhirnya naik mobil yang mengantarkan tadi. Sesampainya di basecamp, Anda bisa membersihkan badan, beristirahat, atau menyantap hidangan yang disediakan. Jadi, tertarik untuk datang ke objek wisata rafting Sungai Pekalen?

admin