Objek Wisata Patung Budha Empat Wajah

Objek Wisata Patung Budha Empat Wajah

Objek Wisata Patung Budha Empat WajahSiapa bilang untuk melihat patung Budha yang besar, megah dan mengagumkan anda harus pergi ke negara-negara yang masih menggunakan agama Budha seperti Thailand sebagai panutannya? Jika anda tidak memiliki cukup dana untuk mengunjungi tempat wisata patung Budha berwajah 4 di Thailand, anda tidak perlu khawatir karena anda juga bisa mengunjungi patung Budha berwajah 4 di Indonesia tepatnya di Surabaya.

Surabaya memiliki banyak sekali wisata yang berhubungan dengan patung, monumen dan juga tugu, salah satunya adalah patung Budha berwajah 4. Patung Budha berwajah 4 ini mirip dengan patung Budha berwajah 4 yang ada di Thailand, ukurannya yang besar dan juga permukaannya yang dilapisi dengan warna emas membuat tempat wisata ini menjadi salah satu tempat wisata yang unik dan juga menarik untuk warga disekitarnya.

Baca juga info menarik lainnya:
– Museum House of Sampoerna
– Wisata Jembatan Nasional Suramadu

Bentuk fisik dari Objek wisata Patung Budha Empat Wajah
Objek wisata Patung Budha Empat Wajah ini terdiri dari sebuah patung dengan saung yang melindungi patung tersebut. Ada banyak warna emas yang bisa anda lihat disana. Warna emas adalah salah satu warna yang mencerminkan budaya dari agama Budha. Empat wajah yang dimiliki oleh patung Budha ini melambangkan sifat yang dimiliki oleh Budha yaitu pengasih, pemurah, adil dan juga ketenangan batin dari cara meditasi. Karena memiliki 4 wajah, patung di dalam Objek wisata Patung Budha Empat Wajah ini juga memiliki 8 buah tangan. Masing-masing tangan yang dimiliki oleh patung Budha ini memegang benda-benda dan memilik arti sendiri sendiri. Benda-benda yang di pegang oleh patung dalam Objek wisata Patung Budha Empat Wajah ini antara lain adalah tasbih panjang, cakram, tongkat, kerang, kitab, cupu, teratai dan juga dadanya sendiri. Ke-8 tangan yang dibuat untuk patung ini konon di lambangkan sebagai kekuatan yang dimiliki oleh Budha.

Ukuran dari Patung Budha Empat Wajah ini adalah 9 x 9 meter. Sedangkan untuk tingginya adalah 36 meter yang termasuk dengan tinggi kubah atau saung yang dimilikinya. Jarak dari lokasi Objek wisata Patung Budha Empat Wajah ini dengan pusat Kota Surabaya adalah 9 kilometer. Bagaimana menurut anda cukup janggal bukan? Ada banyak angka 9 yang ditemukan di patung ini. Hal ini sebetulnya bukan hal yang aneh bagi anda yang mengerti ajaran Budha. Mengapa? Karena dalam budaya Budha, angka 9 adalah salah satu angka yang spesial. Bagaimana spesialnya kita akan bahas di subbab selanjutnya.

Objek Wisata Patung Budha Empat Wajah

Untuk membangun Objek wisata Patung Budha Empat Wajah ini, pemerintah mengeluarkan dana sekitar 4 milyar rupiah. Bukan angka yang kecil bukan? Hal ini disebabkan karena ternyata warna emas yang ada di permukaan patung ini merupakan emas murni yang di datangkan dari negara Thailand.

Mengenai angka 9
Patung Budha Empat Wajah ini adalah patung yang dinobatkan sebagai patung Budha berwajah 4 yang memiliki ukuran terbesar yang ada di Indonesia. Nilai spesial dari Objek wisata Patung Budha Empat Wajah ini bukan hanya karena ukurannya yang besar, ukuran yang dimiliki oleh patung Budha berwajah 4 ini juga memiliki makna spesial dimana angka 9 disebut sebagai angka keberuntungan. Bukan hanya angka 9 saja tapi juga perkalian dari 9, hal ini bisa kita lihat juga pada tinggi total tempat wisata ini yaitu 36 meter yang merupakan perkalian antara 9 x 4.