Objek Wisata Monumen Kapal Selam

Objek Wisata Monumen Kapal Selam

Objek Wisata Monumen Kapal SelamMenikmati objek wisata Monumen Kapal Selam atau Monkasel bisa menjadi salah satu ide menarik yang bisa kita lakukan saat kita berkesempatan mengunjungi kota Surabaya. Pastinya banyak dari kita yang sudah tahu banyak mengenai kota ini. Ya, kota Surabaya memang merupakan kota yang cukup terkenal dengan sebutan kota pahlawan. Tidak mengherankan jika di kota ini terdapat banyak sekali pilihan objek wisata menarik yang patut dikunjungi seperti objek wisata berupa museum-museum atau monumen-monumen yang berhubungan dengan sejarah. Namun bukan berarti semua objek wisata di Surabaya berupa objek wisata sejarah, karena masih ada objek wisata lainnya di kota tersebut, seperti objek wisata belanja, objek wisata alam, objek wisata edukasi, objek wisata hiburan keluarga, objek wisata wahana air, dan sebagainya.

Namun, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai objek wisata sejarah, yaitu objek wisata Monumen Kapal Selam. Banyak dari kita yang sudah tahu atau setidaknya pernah mendengar tentang objek wisata ini. Monumen ini memang merupakan salah satu monumen bersejarah di Surabaya dan menjadi salah satu objek wisata yang cukup dikenal oleh para wisatawan. Tidak heran jika banyak para pengunjung yang ada di kota Surabaya yang juga tertarik dengan objek wisata sejarah ini karena memang Surabaya merupakan kota pahlawan. Selain itu, objek wisata ini juga memang merupakan objek wisata yang unik sehingga sangat menarik untuk dikunjungi.

Baca info menarik lainnya:
– Objek Wisata Taman Safari Indonesia 2 Prigen Pasuruan
– 5 Makanan Khas Surabaya

Tentang Monumen Kapal Selam
Objek wisata Monumen Kapal Selam memang memiliki banyak peminat. Monumen Kapal Selam ini juga sangat populer dengan singkatannya, yakni Monkasel. Lokasi dari objek wisata Monumen Kapal Selam ini berada di tepian Kali Mas, Surabaya. Letak secara tepat dari monument ini ialah di Jl. Pemuda 39. Lokasinya tepat berada di sebelah Plaza Surabaya. Jadi jika kita sedang berbelanja di mall ini, mungkin kita bisa mampir ke monumen kapal selam ini.

Monumen tersebut sebetulnya merupakan kapal selam yang riil, yakni KRI Pasopati-410. Kapal selam tersebut merupakan armada dari angkatan laut Indonesia. Kapal selam tersebut merupakan kapal selam yang dibuat oleh Uni Soviet dan dibuat pada tahun ’52. Kapal selam ini turut digunakan saat adanya pertempuran Laut Aru. Kemudian, monument tersebut dengan resmi dibuka pada bulan Juni tahun ’98. Monument ini digunakan untuk memperingati jasa dan keberanian pahlawan. Untuk membawa kapal selam yang cukup besar ini ke wilayah daratan, tentu usahanya cukup berat. Kapal tersebut kemudian dimutilasi menjadi 16 potongan yang kemudian kembali dirakit di daratan untuk dijadikan monument. Ada berbagai hiburan juga yang ada di sana, antara lain berupa video, yang menyajikan bagaimana sejarah kapal selam yang ada di Indonesia, dan ada juga pemutaran film mengenai perang Laut Aru. Selain itu, kita bisa menikmati hiburan live music yang ada di panggung terbuka setiap weekend.

Tiket dan Akses Menuju Monumen Kapal Selam
Objek wisata Monumen Kapal Selam ini dibuka setiap harinya. Saat Week days, monument ini beroperasi pada pukul 8 pagi – 8 malam, sedangkan saat weekend dibuka pada jam 8 pagi hingga 9 malam. Untuk tiket masuk kawasan monument kapal selam ini tidaklah mahal, karena kita hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 10 ribu rupiah saja per orangnya. Akses menuju monument ini juga sangat mudah karena berada tepat di pusat kota ini. kita bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Selain itu, jika kita naik kereta api, dari stasiun Gubeng, kita bisa berjalan kaki karena jaraknya kurang lebih hanya seratus meter saja. Jika kita naik bis, kita bisa naik bus dengan jurusan Gubeng – THR untuk menuju ke objek wisata Monumen Kapal Selam.