Museum Probolinggo

Museum Probolinggo

Museum ProbolinggoMuseum Probolinggo sebagai Salah Satu Obyek Wisata Menarik di Kota Probolinggo.
Museum Probolinggo merupakan salah satu tempat objek wisata menarik yang mengandung banyak jejak bersejarah, yang ada di Probolinggo. Masih banyak lagi tempat wisata yang juga menarik yang terdapat di Probolinggo. Karena Probolinggo merupakan kota besar di propinsi Jawa Timur yang terkenal memiliki banyak obyek wisata yang sangat indah.

Kalau kita berkunjung ke Museum Probolinggo kita akan disuguhi berbagai macam pemandangan yang menarik. Banyak sekali terdapat patung yang merupakan replika dari peninggalan masa lalu. Yang dibuat replikanya adalah patung Ganesha, Bima, Arjuna Wiwaha, Maha Surya, Nandi dan Dwarapala.

Disamping replika patung-patung, kita juga akan dapat melihat banyaknya pusaka yang digunakan pada jaman dahulu kala dan beberapa masih dipakai sampai saat ini. Seperti keris, kapak, patil dan tombak.

Benda-benda peninggalan masa lampau yang berasal dari abad yang berbeda-beda juga dapat kita temukan di Museum Probolinggo. Ada peluit kayu, patung Rara Anteng dan Jaka Tengger, kecapi, sempoa, keramik dan naskah kuno.

Yang lebih menarik lagi kita juga akan dapat mengetahui sejarah pemerintahan kota Probolinggo beserta para pemimpinnya. Dimulai dari jaman penjajahan Belanda sampai dengan saat ini. Kita juga bisa menikmati kota Probolinggo jaman dahulu dengan melihat foto-foto yang dipajang di Museum Probolinggo.

Beberapa adat budaya dan tradisi yang dimiliki oleh kota Probolinggo dapat kita temui replikanya di tempat ini. Antara lain ada replika karapan kambing, Kenong telo, Jaran Bodhak dan Lengger Probolinggo beserta alat musiknya. Selain itu ada juga replika patung wanita yang sedang membatik kain Batik Manggur yang merupakan kain asli kota Probolinggo.

Banyak sekali hal menarik yang dapat kita nikmati. Oleh karena itulah para wisatawan banyak yang tertarik untuk mengunjungi Museum Probolinggo.

Baca, info menarik lainnya:
– Pulau Gili Ketapang Probolinggo
– Objek Wisata Mangrove BJBR Probolinggo

Sekilas Sejarah tentang Museum Probolinggo
Museum Probolinggo adalah museum bersejarah yang terdapat di Probolinggo yang dapat dijadikan destinasi wisata apabila kita berkunjung ke kota tersebut. Museum Probolinggo berlokasi di tempat yang sangat strategis, yang gampang dijangkau oleh wisatawan-wisatawan, dari manapun itu.

Pada tahun 1814 untuk pertama kalinya Museum Probolinggo dibangun. Dulunya bangunan ini merupakan bangunan peninggalan penjajah Belanda yang bernama Gedung Societiet Gebow Harmony.

Oleh karena itulah arsitekturnya dibangun menyerupai bangunan khas orang Belanda. Pada jaman masih dijajah oleh bangsa Belanda, bangunan ini memiliki fungsi ballroom. Semua kegiatan yang sifatnya hiburan banyak diadakan di ballroom ini.

Kaum jetset dan ningrat Belanda banyak yang bersosialisasi satu sama lain dan mencari hiburan di tempat tersebut. Mereka menari, bernyanyi, bermain bilyard dan menikmati berbagai macam hiburan yang lainnya lagi.

Sekarang Museum Probolinggo digunakan oleh masyarakat dan sejumlah instansi di Probolinggo untuk melakukan berbagai macam kegiatan. Sehingga Museum Probolinggo saat ini berubah fungsi menjadi gedung serba guna.

Ide didirikannya Museum Probolinggo datang pada akhir tahun 2008, dari berbagai macam elemen yang ada di masyarakat. Seperti dari Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata, dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, dari British Indonesia Artist Society dan dari beberapa personal lainnya lagi. Mereka mengajukan proposal yang ditujukan kepada walikota Probolinggo.

Museum Probolinggo

Walikota menyetujuinya sehingga mulai awal tahun 2009 mulai dilakukan proses pendirian Museum Probolinggo. Akhirnya pada tanggal 26 Agustus 2009 Museum Probolinggo resmi dibuka untuk umum. Tanpa harus membayar, para wisatawan bebas untuk berkunjung ke Museum Probolinggo.

admin