Monumen Tugu Pahlawan Surabaya

Monumen Tugu Pahlawan Surabaya

Monumen Tugu Pahlawan SurabayaSiapa yang tidak kenal dengan Surabaya? Kota Surabaya adalah ibu kota dari Provinsi Jawa Timur. Kota ini adalah salah satu kota yang spesial yang ada di Indonesia. Mengapa? Hal ini disebabkan karena Kota Surabaya memiliki catatan yang panjang dalam sejarah perjuangan kemerdekaan di Indonesia. Hal ini menyebabkan Surabaya dijuluki sebagai Kota Pahlawan.

Surabaya yang merupakan kota yang sarat dengan sejarah perjuangan yang dilakukan untuk mencapai kemerdekaan secara utuh. Saat ini Kota Surabaya adalah sebuah kota yang besar yang bahkan merupakan salah satu jajaran kota metropolitan di Indonesia dan kota terpadat ke dua di Indonesia setelah Jakarta. Kehidupan di Surabaya tidak lepas dari sejarah masa lalu, salah satunya adalah dengan adanya Tugu Pahlawan (Heroes Monument). Monumen Tugu Pahlawan Surabaya adalah salah satu tanda dari perjuangan masa lalu yang dilakukan oleh bangsa Indonesia.

Mengenai Monumen Tugu Pahlawan Surabaya
Monumen Tugu Pahlawan Surabaya merupakan sebuah tugu yang memiliki tinggi sekitar 45 yard, memiliki 10 lengkungan dan dibangun dari 11 ruas. Mengapa ciri-ciri ini disebutkan? Hal ini disebabkan karena detail dari Tugu Pahlawan Surabaya ini adalah salah satu hal yang mengisyaratkan tanggal penting yang ada di Indonesia. Tanggal penting tersebut adalah 10 November 1945. Mengapa tanggal tersebut penting? Tanggal tersebut penting karena pada tanggal tersebut, di Surabaya terjadi pertumpahan darah dari penduduk Indonesia yang berjuang dengan sekuat tenaga melawan pasukan dari Belanda. Pertempuran tersebut terjadi pada tahun 1945 dimana pada waktu itu Indonesia sudah menyatakan diri sebagai negara yang merdeka. Meski sudah merdeka, pada saat itu pasukan Sekutu kembali menyerang karena ingin kembali menguasai Indonesia. Pada akhirnya banyak darah dari pejuang Surabaya yang tertumpah pada hari itu. Karena adanya peristiwa itu, hingga saat ini setiap tanggal 10 November Indonesia memperingatinya sebagai salah satu hari besar yaitu Hari Pahlawan. Hal ini digunakan untuk mengingat jasa dan perjuangan dari masa lalu.

Tugu Pahlawan Surabaya ini berlokasi di alun-alun Contong di Kecamatan Bubutan, Surabaya. Monumen Tugu Pahlawan ini berada di daerah yang berdekatan dengan kantor Gubernur Jawa Timur dan merupakan salah satu ikon dari Kota Surabaya yang istimewa.

Baca info menarik lainnya:
– Objek Wisata Monumen Kapal Selam
– Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya)

Wisata di Monumen Tugu Pahlawan Surabaya
Bagi anda yang datang ke Surabaya, anda wajib datang ke daerah ini. Hal ini disebabkan karena ada banyak hal yang bisa anda nikmati di sana. Selain mengenang peristiwa bersejarah dari Monumen Tugu Pahlawan ini, anda juga bisa mengenang perjuangan yang dilakukan oleh arek-arek Suroboyo pada zaman perjuangan di Museum yang dimiliki oleh Kota Surabaya ini. Museum perjuangan di Kota Surabaya ini berada di bawah lahan tempat berdirinya Tugu Pahlawan Surabaya ini. Museum ini di dedikasikan untuk mengenang jasa mereka yang berjuang demi tetap menjaga status merdeka yang telah di serukan oleh Bangsa Indonesia. Museum ini diresmikan pada masa pemerintahan Presiden K.H. Abdurrahman Wahid yang meresmikan sendiri oleh beliau.

Monumen Tugu Pahlawan Surabaya

Ada banyak orang yang terlibat di dalam pembangunan dan pemeliharaan Tugu Pahlawan Surabaya ini. Salah satunya adalah Arsitek dari ITS atau Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Beliau adalah Ir. Sugeng Gunadi. Beliaulah yang memimpin pembenahan lingkungan dari Monumen Tugu Pahlawan Surabaya ini. Konon katanya pembangunan dari Tugu Pahlawan Surabaya ini dimulai pada masa Ir Soekarno sang proklamator, akan tetapi belum ada kepastian siapa yang menjadi pemrakarsa dibangunnya Monumen Tugu Pahlawan ini. Selain itu ada beberapa orang lain yang diduga terlibat dalam pembangunan Tugu Pahlawan Surabaya ini, diantaranya adalah Kepala Daerah Surabaya pada saat itu, Ir. Tan dan atau Ir Soeratmoko selaku perancang monumen.

admin