Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya)

Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya)

Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya)Indonesia memiliki banyak ikon di setiap daerahnya, seperti di Amerika yang memiliki patung Liberty, di Surabaya kita juga bisa melihat sebuah patung atau disebut dengan monumen yang bernama Monumen Jalesveva Jayamahe. Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya) adalah sebuah monumen yang ada di Kota Surabaya. Surabaya adalah salah satu kota yang besar di Indonesia, kita bisa mengatakannya sebagai kota metropolitan karena memiliki aktivitas yang sangat sibuk.

Kota Surabaya juga merupakan salah satu kota kebanggaan yang ada di Indonesia, tata kotanya yang saat ini indah dan menawan membuat banyak orang betah berada di kota pahlawan ini. Selain keindahan kotanya, Surabaya juga memiliki kebanggaan yang lain. Kebanggan tersebut adalah adanya Monumen Jalesveva Jayamahe di Surabaya.

Sejarah pembangunan Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya)
Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya) merupakan sebuah monumen yang dibangun sejak tahun 90-an. Pembangunan monuman dipimpin oleh Kepala Staff TNI AL dan di selesaikan oleh Laksamana TNI Muh, Arifiin. Monumen Jalesveva Jayamahe ini dibangun dengan bantuan dari perancang I Nyoman Nuarta dan selesai setelah dilakukan pembangunan selama 6 tahun. Monumen ini tepatnya diresmikan pada tanggal 5 Desember ’96. Dalam pembangunannya, Monumen Jalesveva Jayamahe ini memakan biaya sekitar 27 milyar rupiah, sangat besar bukan?

Baca juga: Objek Wisata Monumen Kapal Selam

Mengenai Monumen Jalesveva Jayamahe
Monumen Jalesveva Jayamahe adalah sebuah monumen yang ada di Dermaga Ujung Madura. Monumen Jalesveva Jayamahe ini seperti yang telah disebutkan sebelumnya merupakan salah satu kebanggaan yang dimiliki oleh Kota Surabaya. Hal ini disebabkan karena monumen ini menggambarkan kekuatan terbesar Indonesia yaitu kekuatan perairan. Seperti yang kita tahu, Indonesia adalah negara yang terdiri dari banyak pulau dan juga memiliki wilayah perairan yang besar sehingga wilayah ini harus dijaga dan dimaksimalkan potensinya, baik untuk menciptakan pertahanan ataupun sumber kehidupan perekonomian yang kuat.

Monumen Jalesveva Jayamahe adalah monuman yang digambarkan dengan sosok perwira TNI AL. Sosok tersebut menggunakan PDU yang lengkap termasuk pedang yang dimilikinya. Sosok tersebut terlihat sedang mengawasi lautan luas Indonesia yang ada di hadapannya. Wajahnya memaling dan menerawang jauh sebagai salah satu tanda kebanggaannya akan angkatan laut Indonesia yang berjaya.

Nama dari Monumen Jalesveva Jayamahe ini diambil juga dari moto yang dimiliki oleh angkatan Laut ini. Yaitu “Jalesveva Jayamahe” yang artinya “Di Laut Kita Berjaya”.

Patung ini memiliki tinggi sekitar 31 meter sehingga terlihat sangat gagah dan juga megah. Dibawah dari patung Monumen Jalesveva Jayamahe ini ada sebuah bangunan gedung yang setinggi 29 meter. Jadi bisa anda bayangkan bukan betapa Monumen Jalesveva Jayamahe ini tidak kalah dengan kemegahan yang dimiliki olhe patung liberty?

Lalu apa fungsi gedung yang ada di bawah Monumen Jalesveva Jayamahe ini? Gedung ini adalah gedung yang digunakan sebagai tempat rapat untuk para eksekutif.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya) adalah salah satu monumen kebanggaan di Indonesia karena bentuknya yang indah dan megah. Selain sebagai salah satu ikon dari kota Surabaya, ternyata Monumen Jalesveva Jayamahe ini juga dimanfaatkan sebagai menara mercusuar untuk kapal-kapal yang ada di sekitarnya.

Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya)

Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya) yang merupakan salah satu ikon dari Kota Surabaya ini hanya bisa anda kunjungi pada saat monumen di buka untuk umum dan juga untuk anda yang memiliki ijin khusus. Mengapa? Hal ini disebabkan dermaga tempat patung in iberada juga merupakan pangkalan dari kapal-kapal perang TNI AL.

admin