Masjid Cheng Ho Surabaya

Masjid Cheng Ho Surabaya

Masjid Cheng Ho SurabayaWisata Religi Unik Masjid Cheng Ho Surabaya.
Di daerah Surabaya banyak sekali wisata religi yang bisa anda kunjungi sebagai salah satu tujuan wisata keluarga anda. Namun diantara berbagai macam wisata religi di kota Surabaya yang paling terkenal adalah wisata religi masjid Cheng Ho Surabaya.

Mungkin bagi sebagian orang masih belum mengetahui mengenai salah satu wisata religi masjid Cheng ho ini , bukan? Pada kesempatan kali ini artikel ini akan membahas lebih jauh mengenai objek wisata religi ini.

Apa itu masjid Cheng Ho dan dimana letaknya?
Apabila kita melihat dari namanya saja “Cheng Ho’’ pasti anda akan bertanya – tanya kok nama masjidnya seperti nama orang China? Bukankah hampir sebagian besar orang China tidak memeluk agama islam ?
Jika pada umumnya , bangunan masjid yang ada diseluruh dunia diberikan nama – nama yang berkaitan dengan bahasa arab, namun masjid yang terletak di kota Surabaya ini sangatlah berbeda dari yang lain. Perbedaanya bisa dilihat dari namanya. Pemberian nama pada masjid yang menggunakan bahasa China membuat masjid ini menjadi salah satu masjid unik di Indonesia. Mengapa bisa demikian? Yuk kita bahas

Pada dasarnya wisata masjid Cheng Ho adalah sebuah wisata religi yang memiliki nuansa Tiong Hua yang mana terletak Jalan Gading , Ketabang, Genteng Surabaya yang mana tepatnya sekitar kurang lebih 1000 meter dari arah utara gedung Balaikota kota Surabaya.

Masjid ini didirikan dan diprakarsai oleh para kaum Tiong Hoa muslim di kota Surbaya dan para penggurus Yayasan Haji Cheng Ho Indonesia di Jawa Timur. Masjid unik satu ini dibangun pada sekitar 15 Oktober 2001 tepatnya bertepatan dengan peringatan Isra’ Mijrad dan diresmilan sekitar tanggal 13 Oktober 2002.

Baca juga info menarik lainnya:
– Pantai Ria Kenjeran Surabaya
– Objek Wisata Jembatan Nasional Suramadu

Masjid Cheng Ho Surabaya dijadikan sebagai salah satu tempat wisata favorit keluarga.
Pada awalnya, bangunan masjid Cheng Ho atau yang disebut juga dengan Masjid Cheng Ho Surabaya ini digunakan hanya sebagai tempat beribadah masyarakat sekitar wilayah dibangunya masjid tersebut. Namun sampai sekarang ini, masjid ini dijadikan salah satu destinasi wisata keluarga. Hal ini disebabkan karena masjid ini mempunyai berbagai macam keunikan. Masjid ini dibangun beda dari bangunan masjid yang sering kita lihat pada umumnya, Bnagunan masjid ini mencampurkan dua arsitektur, yaitu arsitektur TiongHoa dan Arab.

Masjid ini dibangun menyerupai Klenteng ( tempat persembayangan umat Tri Dharma ) dengan nuansa warna merah, kuning dan hijau. Jika anda masuk pertama kali ke masjid ini, anda akan disugguhkan dan akan melewati pintu masuk yang berupa banggunan pagoda dengan diletakanya patung naga dan singa yang juga dihiasi dengan lilin. Pada puncak pagoda terdapat tulisan lafaz allah dengan bahasa arab dan di sisi kiri masjid terdapat bedug besar sebagai pelengkapan bangunan masjid.

Selain karena arsitektur bangunanya yang unik, alasan lain banyak orang menjadikan masjing Cheng Ho sebagai salah satu tujuan wisata ini adalah masjid ini terletak tidak jauh dari pusat kota Surabaya. Dan selain itu disekitar masjid ini juga sudah dilengkapi berbagai macam toko – toko yang menjual berbagai macam oleh – oleh sehingga para pengunjung tidak usah repot – repot untuk membeli berbagai macam cinderamata khas Surabaya yang bisa dijadikan sebagai oleh – oleh keluarga di rumah.

Masjid Cheng Ho Surabaya

Masjid arsitektur TiongHoa seperti masjid Cheng HO Surabaya ini sebenarnya tidak hanya bisa di temukan di kota Surabaya saja, namun anda bisa menemukanya di kota Palembang, Pandaan Malang dan banyak lagi lainnya.

admin