Makanan Khas Kota Wisata Batu

Makanan Khas Kota Wisata Batu

Makanan Khas Kota Wisata Batu8 Makanan Khas Kota Batu Malang Yang Menggugah Selera.
Jika Anda mengunjungi kota Batu Malang, tentu kurang lengkap jika tidak mencicipi makanan khas Kota wisata Batu, tersebut. Di kota ini ada banyak sekali makanan khas yang tentunya harus Anda coba, ada yang namanya unik, ada juga yang bahan makanannya yang unik. Berikut ini adalah beberapa makanan khas kota wisata Batu yang mengguhah selera:

  1. Sego Goreng Mawut
    Jika diartikan, nama masakan ini adalah nasi goreng berantakan. Itu karena penggunaan bahan dasarnya yang kurang biasa jika dibandingkan nasi goreng yang ada. Nasi goreng mawut ini mencampurkan nasi dengan mie yang juga digoreng, kemudian ditambah dengan aneka macam bumbu, dan juga kecap, pastinya rasanya cukup unik untuk toping kuliner ini menggunakan acar dan juga daun selada.
  2. Cincau
    Makanan ini cukup unik untuk dinikmai, pasalnya makanan ini dibuat dari daun cincau yang di proses untuk diambil sarinya saja,  sari tersebut menghasilkan cairan yang menyerupai jelly kenyal. Makananan ini paling enak jika di campur dengan susu, supaya lebih terasa manis.
  3. Orem-orem
    Beberapa dari Anda mungkin merasa aneh dengan nama masakan yang satu ini. Tapi jika Anda mengunjungi Malang, maka cicipi makanan yang satu ini. Kuliner ini terdiri atas irisan ketupat, ada juga daging ayam, dan juga kuah santan. Untuk rasa, makanan ini memiliki cita rasa pedas, dan untuk menjaga cita rasa masakan ini, cara memasaknya menggunakan bara api dari arang.
    Sebagai toping makanan ini akan disajikan dengan tempe goreng dan juga mendol. Mendol adalah gorengan dari tempat yang telah dihaluskan lalu dicampur dengan bumbu tertentu. Agar terasa lebih nikmat ketika disantap, Anda sebaiknya menambahkan kecap di atas makanan tersebut.
  4. Bakso malang President
    Makanan khas yang terkenal lainnya dari kota Malang adalah Bakso, salah satu yang paling terkenal adalah Bakso Malang President. Yang khas dari bakso Malang ini adalah digunakannya 100 % daging sapi. Sedangkan untuk campuran lainnya sama dengan bakso lainnya.
    Jika Anda mengunjungi tempat ini, Anda akan menemukan berbagai macam variasi menu, seperti aneka bakso berukuran kecil, bakso berukuran besar, bakso goreng panjang, bakso goreng, bakso tulang muda, dll.
  5. Bakso bakar
    Kulier lainnya yang harus Anda coba ketika mengujungi kota Batu Malang adalah bakso bakar. Kuliner yang satu ini memang masih baru, namun tetap saja patut untuk Anda coba. Seperti khas bakso pada umumnya, namun yang membedakan adalah bakso ini akan dipanggang di atas bara api, ditambah dengan aneka macam bumbu lain sebelum dibakar, pastinya membuat sajian yang satu ini begitu menggugah selera. Kebanyakan cita rasa yang dihasilkan oleh masakan ini adalah pedas, dan untuk Anda yang tidak menyukai rasa pedas, dapat memesannya secara khusus.
  6. Ketan Batu
    Makanan ini cukup terkenal di kota Batu, pasalnya makanan khas yang berada di area alun alun kota wisata Batu ini memiliki nama yang unik yaitu Ketan Yuni Shara, kios ketan ini menawarkan beberapa menu yang dapat dipadukan dengan susu, keju, dan coklat sehingga menghasilkan rasa yang manis dan nikmat.
  7. Cwie mie
    Cwie mie yang ada di kota Malang ini cukup berbeda yang kuliner yang ada di tempat lainnya. ayam yang digunakan cenderung dihaluskan, dan lebih mirip dengan bentuk abon, selain itu rasa mie yang biasanya manis, maka di Malang ini rasa mie yang dihasilkan cenderung asin. Untuk menyempurnakan rasanya, Cwie mie ini disajikan dengan kuah dengan rasanya yang gurih, daun selada segar, serta adanya taburan bawang merah goreng. Yang uniknya lagi, mie ini disajikan dalam mangkuk yang berbuat dari pangsit.
  8. Soto kambing
    Makanan unik lainnya yang dapat Anda cicipi hanya di kota Batu Malang adalah Soto kambing. Jika kebanyakan soto lainnya menggunkan ayam, atau sapi, maka di Malang, soto menggunakan bahan dasar Kambing. Jika Anda cicipi, maak rasa soto yang dihasillkan ini perpaduan antara rasa soto dan juga gulai. Terdiri atas potongan daging kambing, taoge, usus, dan irisan kol. Untuk menambah cita rasa, Anda dapat menggunakan irisan jeruk nipis. Mengkonsumsi makanan khas Kota Batu selagi hangat dan ditambah dengan nasi hangat, tentu akan terasa lebih nikmat.

Makanan Khas Kota Wisata Batu

Selain beberapa makanan khas kota wisata Batu di atas, masih banyak lagi makanan khas yang dapat anda nikmati, seperti angsle, sate kelinci, putu, pluntiran dan lain lain. Bagaimana, sangat menggoda bukan, coba datang saja dan nikmati objek wisatanya beserta wisata kulinernya.

admin