Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur

Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur

Kabupaten PasuruanWisata Lokal Berkelas Internasional di Kabupaten Pasuruan.
Kabupaten Pasuruan adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terletak di selatan Surabaya dekat dengan Kota Malang. Di Kabupaten ini, tidak hanya pusat perindustrian saja yang dikembangkan namun ada begitu banyak tempat wisata yang tidak pernah sepi pengunjung tiap harinya. Apakah hanya pengunjung domestik saja yang datang? Tentu tidak! saat Anda bertandang ke tempat wisata di kabupaten ini, Anda akan melihat para turis asing lalu lalang, selfie, berjemur dengan tas ransel dan sepatu casual khas mereka.

Baca info menarik lainnya:
– Wisata Museum Angkut Batu
– Wisata Pemandian Air Panas Cangar Batu

Bagi Anda yang memiliki planning untuk berlibur ke Jawa Timur, tidak ada salahnya jika Anda menjadikan Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur sebagai destinasi wisata Anda kali ini. Apa saja yang bisa Anda kunjungi disini, simak ulasan berikut!

  1. Pemandian Alam Banyu Biru
    Lokasi pemandian ini tepatnya adalah di desa Sumberejo, Winangon, Pasuruan. Pemandian ini memiliki pemandangan yang masih asri dan telah ada sejak jaman Belanda dulu (buktinya ada foto kuno yang diambil sekitaran tahun 1900-an koleksi dari Tropen Museum Belanda dan KILTV).
    Dahulu tempat ini dinamai Telaga Willis yang merupakan petilasan Raja Majapahit yang bernama Hayam Wuruk. Saat penat dan pening, beliau akan singgah dan berendam sebentar di pemandian ini. Uniknya, disini Anda akan menemukan ikan Sengkaring yang dikeramatkan oleh warga setempat. Tidak ada satupun yang berani menyentuhnya, ikan ini memiliki panjang lebih dari 1 meter.
    Selain ikan sengkaring, ada banyak arca yang dikumpulkan oleh penjajah Belanda pada sekitaran tahun 1930-an, salah satu arca tersebut bernama Batara Kala. Hingga saat inipun, tempat ini masih menjadi wisata favorit para turis Eropa.
  2. Gunung Bromo
    Siapa tidak kenal Gunung Bromo, namanya semasyhur nama presiden kita di mata dunia. Hehe. Gunung Bromo menjadi salah satu icon wisata di Jawa Timur. Hawanya sejuk dengan rata-rata 5-8 derajat celcius perhari dan sangat cocok untuk menikmati indahnya matahari terbit. Gunung ini memiliki ketinggian 3676 meter dari permukaan laut. Di pagi hari, selepas melampaui Penanjakan, Anda akan sampai pada gunung yang masih aktif ini. Kawah dan kabut indah mengelilinginya dengan semburan belerang di tengah-tengahnya. Sungguh mempesona!
    Selain itu, hal lain yang bisa Anda dapatkan disini adalah berinteraksi dan mengenal lebih jauh dengan tradisi masyarakat Tengger. Mereka biasanya berkuda, memakai sarung, bertudung kepala, dan bermatapencaharian sebagai petani sayur-sayuran. Ada pula padang rumput savana (bukit teletubbies) ataupun Pasir Berbisik di sekitaran Gunung Bromo yang cocok untuk backgroud foto prewedding.
  3. Taman Safari Indonesia II
    Taman Safari Indonesia II adalah nama lain dari Taman Safari Prigen sebab berkolasi di Taman Nasional Gunung Arjuna, Prigen. Taman safari ini menjadi berbeda dengan taman-taman lain sebab memiliki daya tarik tersendiri berupa pemandangan pegunungan yang luar biasa. Pemerintah Indonesia menunjuk tempat wisata yang satu ini sebagai Stud Book Keeper yang akan menjaga kelestarian Banteng Jawa dan Gajah Sumatra. Konon, tempat wisata ini adalah taman safari terbesar di Asia.
  4. Masjid Cheng Ho
    Mendengar namanya saja kita bisa menebak bahwa ini adalah akulturasi dari 2 hal yang berbeda, yaitu agama Islam dengan etnis Tionghoa yang umumnya non muslim. Masjid ini berlokasi di sebelah utara Pasar Buah Kasri Pandaan yang dibangun untuk mengenang jasa Laksamana Muslim Tionghoa, Cheng Ho. Masjid ini juga menjadi pusat perkumpulan warga Tionghoa dari seluruh Jawa Timur.

Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur

Keempat tempat wisata tersebut bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang ingin menghabiskan waktu di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Selamat berakhir pekan, selamat liburan!