Kabupaten Malang, Jawa Timur

Kabupaten Malang, Jawa Timur

Kabupaten MalangKabupaten Malang dan Berbagai Macam Wisatanya.
Kabupaten Malang merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa timur yang terdiri dari 33 kecamatan dan 65 kelurahan dengan luas 3.535 km². Kepanjen merupakan ibu kota Kabupaten Malang.

Sebagian besar wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur merupakan dataran tinggi dan pengunungan dengan hawa sejuk dan di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Jombang. Kabupaten Pasuruan, dan Kota Baru, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo, sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia, sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Blitar dan Kabupaten Kediri, dan juga berbatasan langsung dengan Kota Malang yang berada tepat di tengah-tengahnya.

Kabupaten Malang, Jawa Timur merupakan salah satu daerah tujuan wisata utama di Provinsi Jawa Timur seperti Kota Malang dan Kota batu dan merupakan bagian dari Wilayah Metropolitan Malang atau yang lebih dikenal dengan sebutan Malang raya. Begitu banyak jenis wisata yang akan kita jumpai di Kabupaten Malang ini mulia dari wisata sejarah, wisata gunung, wisata air, wisata air terjun, wisata pantai, wisata agro, bahkan wisata religi. Hal tersebut membuat Kabupaten Malang menjadi salah satu destinasi favorit bagi para wisatawan.

Bagian timur dan utara Kabupaten Malang digunakan sebagai tempat perkebunan apel, di pegunungan sebelah barat dijadikan sebagai tempat menanam sayuran sehingga menjadikan Kabupaten Malang sebagai salah satu penghasil sayuran utama di Provinsi Jawa Timur.

Jika anda menyukai wisata sejarah, anda dapat mengunjungi situs-situs bersejarah peninggalan Kerajaan Singhasari dan Kerajaan Kanjuruhan yaitu Candi Singosari dan Arca Dwarapala yang terletak di Kecamatan Singosari, Makam Ranggawuni di Candi Jago (Jayaghu) di Kecamatan tumpang, dan makam Anusapati yang terletak di Candi Kidal kecamatan Tumpang, dan apabila kita menyusuri kota Malang tempat wisata sejarah pun tidak kalah menarik untuk dikunjungi seperti museum Malang rempo doeloe,  Museum Zoologi Frater Vianney, Ijen Boulevard, dan banyak lagi tempat bersejarah lainnya.

Bagi anda pecinta gunung, Kabupaten Malang memiliki banyak gunung yang indah untuk didaki yaitu Gunung Bromo yang telah terkenal dengan keindahannya, Gunung Semeru yang juga telah dikenal keindahannya dan merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi ketiga di Indonesia, Gunung Kawi di Kecamatan Wonosari yang terkenal dengan tempat wisata spiritualnya, Gunung Arjuno-Welirang, Gunung Anjasmoro di Kecamatan Pujon, dan Wisata Payung Batu di Kota Batu.

Kabupaten Malang juga memiliki banyak pantai yang tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang dimiliki oleh kabupaten lain. Anda dapat menikmati keindahan suasana dan pemandangan Pantai Modangan yang terletak 70 km dari pusat Kota malang, Pantai Jonggring Saloko, Pantai Kondang Bandung, Pantai Kondang Iwak, Pantai Bantol, Pantai Balekambang, Pantai Bajul Mati, Pantai Sipelot di Tirtoyudo, Pantai Licin di Ampelgading, dan masih banyak lagi pantai yang indah di Kabupaten Malang, jawa timur ini.

Kabupaten Malang juga banyak memiliki air terjun yang eksotik seperti air terjun Coban Rondo yang terletak di Kecamatan Pujon, air terjun Coban Pelangi di Kecamatan Poncokusumo, air terjun Banyu Anjlok yang unik karena terletak di Pantai Lenggoksono, air terjun Parang Teja di Kecamatan Dau, dan air terjun Coban Glothak di Kecamatan Wagir.

Kebun Teh PTPN Wonosari di Kecamatan lawang dapat menjadi pilihan bagi anda yang sedang mencari tempat wisata agro. Di sana terdapat cottage yang disewakan. Terdapat pula wisata petik jeruk di Kecamatan Dau, dan Wisata durian bagi anda pecinta buah durian di Desa Pait.

Terdapat pula Masjid Ajaib di Sananrejo, Turen dan pesarehan Gunung Kawi di Gunung Kawi yang dijadikan sebagai wisata religi oleh Pemerintah Kabupaten Malang.

Kabupaten Malang, Jawa Timur

Jangan lupa untuk membeli kripik buah apel, nangka, dan kripik tempe sanan yang merupakan oleh-oleh khas Kabupaten Malang.