Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Kabupaten Lumajang, Jawa TimurWisata Air Terjun di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Indonesia.
Kabupaten Lumajang merupakan daerah yang sangat terkenal akan kekayaan alamnya. Selain Gunung Semeru yang sangat popular itu, banyak lagi objek wisata yang bisa dikunjungi di Kabupaten ini. Kabupaten Lumajang terletak di daerah yang berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Jember serta Kabupaten Malang. Daerah di sekitar objek wisata di Jawa Timur, termasuk Lumajang, sering di sebut sebagai daerah Tapal Kuda.

Tahukah anda, Selain memiliki pantai-pantai cantik nan bersih, dan gunung-gunung tinggi masyur bagi para pendaki, ternyata Lumajang juga memiliki beberapa lokasi Air Terjun indah yang masih sangat alami dan sayang untuk dilewatkan pelancong.

Baca info lainnya: Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Papuma

Karena dikaruniai oleh daerah yang dikelilingi pegunungan, maka tak heran jika Lumajang memiliki banyaik spot Air Terjun indah sekaligus unik.

  1. Air Terjun Manggisan
    Air Terjun Manggisan terletak persis di Desa Kandangan, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 55 m dengan air yang bersih dan jernih. Jika ingin merasakan sensasi air terjun ini, maka Anda wajib mandi di kolam air tersebut, dan merasakan sendiri kesegaran air dari pegunungan.
    Nilai tambah dari air terjun ini adalah pemandangan nya yang masih sangat alami dan bersih. Belum banyaknya pengunjung disini,membuat pengalaman menikmati alam lebih terasa dan berkesan bagi pengunjung. Luarbiasa pastinya.
  2. Air Terjun Tumpak Sewu
    Air Terjun Tumpak Sewu atau sering di kenal dengan Grojogan Sewu merupakan spot Air Terjun yang terletak di aliran sungai Glidih, berbatasan dengan kecamatan Ampel Gading, Malang dan Kecamatan Pronojiwo. Air terjun ini memiliki sumber aliran air yang banyak (lebih dari satu Air Terjun), sehingga dinamakan juga Coban Sewu.
    Banyak pengunjung yang datang ke spot ini untuk mengambil foto dengan latar air terjun yang mengelilingi tebing, dengan sumber air yang mengalir di beberapa lokasi, Anda akan serasa berada di surga.
    Karena keindahan lokasi dan alamnya, air terjun ini wajib ada dalam list tempat wajib dikunjungi untuk menghabiskan akhir pekan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
  3. Air Terjun Coban Pawon
    Dengan jarak sekitar 20 Km dari pusat Kota Lumajang, Anda bisa mengunjungi salah satu Air Terjun terkenal lainnya di Kabupaten Lumajang, yaitu Air Terjun Coban Pawon. Air terjun ini terletak persis di Dusun Kertowono, Desa Wangkit, Kecamatan Gucialit, Lumajang, Jawa Timur.
    Yang membuatnya unik, Air Terjun ini berada di dalam sebuah goa kecil, dimana terdapat langit-langit yang terbuka sebagai tempat cahaya masuk. Coban Pawon juga dikenal dengan nama Antrukan Pawon.
    Air terjun Coban Pawon memiliki ketinggian kurang lebih 15 m, dengan panorama khas goa dan sungai yang berada di dalam goa, mengalir menuju hilir. Goa nya sendiri berdiamater kira-kira 6 m dan dengan berada didalamnya, Anda akan bisa mengamati struktur goa yang terlihat jelas, ditambah udara bersih dan cahaya yang masuk dari lubang goa tidak membuatnya terlalu gelap. Namun jika berkunjung, patutlah untuk tetap berhati-hati karena bebatuan yang licin.
  4. Air Terjun Kapas Biru
    Satu lagi kekayaan alam di Kabupaten Lumajang, yaitu Air Terjun Kapas Biru. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 m dengan volume air yang cukup deras, membuatnya salah satu tujuan wisata paling cocok untuk menyegarkan pikiran.
    Berada di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang (Lumajang barat-selatan), air terjun ini bisa ditempuh dari Kota Lumajang maupun Malang. Dari Kota Malang, bisa di tempuh ± 2-3 jam.
    Anda juga tidak perlu khawatir dengan perjalanan yang akan di hadapi, karena kondisi jalan sudah baik dan dapat di lalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Rasa lelah setelah perjalan jauh akan terbayar dengan pesona keindahan alam Air Terjun Kapas Biru.

Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Selain wisata air terjun diatas masih banyak lagi tempat wisata tersembungi di kawasan Lumajang yang dapat anda expose, tentunya dengan pemandangan yang elok dan eksotis.