Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur

Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur

Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur5 Tempat Wisata di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur yang Menakjubkan
Kabupaten Bondowoso di Jawa Timur terkenal dengan berbagai tempat wisata yang indah dan wajib untuk Anda kunjungi. Kondisi geografis kota yang terkenal dengan makanan khas berupa tape ini berupa pegunungan, perbukitan, dan dataran rendah. Jadi, tak heran jika tempat wisata yang ada di daerah ini lebih banyak berupa air terjun, kawah, telaga, dan sejenisnya.

Baca juga wisata di Banyuwangi: Obyek wisata air terjun Lider

Berikut ini rangkuman lebih detailnya untuk beberapa obyek wisata di kawasan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Jangan ragu untuk mengunjunginya, karena Anda akan menikmati pemandangan yang aduhai.

  1. Air Terjun Alami
    Di Bondowoso, terdapat tiga air terjun alami yang indah dan rugi untuk dilewatkan. Ketiga air terjun adalah air terjun Polo Agung, Tancak Kembar, dan Blawan. Masing-masing mempunyai keistimewaannya sendiri. Air terjun Polo Agung mempunyai ketinggian sekitar 20 m dengan keindahan alam yang menakjubkan.
    Sementara itu, air terjun Tancak Kembar mempunyai ketinggian tebing 77 m. Hawanya yang sejuk dan indahnya panorama alam membuat banyak pengunjung yang datang. Selain sebagai tempat wisata, dua air terjun yang ada di lokasi ini juga digunakan sebagai irigasi. Masyarakat setempat percaya bahwa air terjun tersebut bertuah, sehingga siapa pun yang mandi di tempat ini akan awet muda. Beda lagi dengan air terjun Blawan. Air terjun yang terjadi karena adanya rembesan dari Kawah Ijen ini mengandung kadar belerang yang tinggi. Menariknya lagi, air terjun ini mempunyai muara yang langsung menuju dalam tanah.
  2. Bosamba Rafting
    Anda senang dengan olahraga air yang menantang, arum jeram? Nah, Di Bondowoso, Anda akan termanjakan dengan adanya Bosamba Rafting. Objek wisata yang terletak di Taman Krocok Bondowoso ini menggunakan Sungai Sampean Baru yang bertebing, berbelok, dan berbatu. Sungguh menjadi wahana yang mampu menguji adrenalin Anda. Terdapat tiga sumber air terjun di sepanjang sungai ini yang bisa Anda nikmati saat melakukan arung jeram. Banyaknya goa kelelawar yang belum terjamah manusia semakin menambah keindahan alam di sana. Anda tidak akan rugi melakukan ekspedisi di tempat ini.
  3. Pemandian Air Panas
    Di Bondowoso terdapat tiga pemandian yang terkenal, yaitu pemandian air panas, pemandian Damar Wulan, dan pemandian Tasnan. Ketiganya menawarkan kehangatan air yang dapat merilekskan kembali badan yang kaku. Pemandangan alam selama perjalanan menuju lokasi juga sangat menawan. Perkebunan kopi dan teh mampu memberikan kesejukan bagi mata Anda. Belum lagi hutan pinus yang mengelilingi pemandian Tasnan, membuat nyaman suasana saat berendam. Tak jauh dari lokasi juga terdapat tempat wisata berupa situs megalitikum, peninggalan batu zaman prasejarah.
  4. Kawah Ijen
    Untuk menuju obyek wisata Kawah Ijen, Anda tidak perlu bersusah payah karena pemerintah setempat sudah memperbaikinya. Keistimewaan dari Kawah Ijen adalah selalu diselimuti asap belerang yang muncul dari danau belerang yang ada di dalamnya. Selain itu, warna air danau belerang yang tosca dan fenomena alam api biru, membuat semua orang yang melihatnya pasti akan terpesona. Sungguh pemandangan yang sangat eksotis. Dijamin, Anda tidak akan berhenti untuk berdecak kagum.
  5. Padang Savana di Kawah Wurung
    Kawah Wurung merupakan tanah lapang di pegunungan dengan udara yang sejuk. Indahnya perbukitan dan pepohonan yang menghijau seperti yang tergambar dalam film Teletubies ini sangat cocok digunakan untuk bersantai. Kegiatan yang sering dilakukan di sini adalah paralayang, olahraga offroad, atau sekadar berselfie ria sambil melepaskan penat.

Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur

Selain kelima tempat tersebut, masih banyak lagi tempat wisata yang rugi untuk Anda lewatkan, seperti Gunung Raung, Pegunungan Hyang, Bendungan Sampean Baru, perkebunan kopi Arabica, dan sebagainya. Semua tempat wisata tersebut hanya dapat Anda temui di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

admin