Ijen Boulevard

Ijen Boulevard

Ijen BoulevardNostalgia Malang Tempoe Doeloe di Jalan Ijen Boulevard.
Jalan Ijen Boulevard Malang berada di salah satu kota sejarah di Indonesia yaitu di Kota Malang yang terkenal memiliki banyak tempat bersejarah sehingga tidak heran jika jalan ini pun juga menjadi salah satu ikon kota. Bagi anda yang belum pernah ke Kota Malang, pasti anda akan bertanya-tanya mengapa suatu jalan di Kota Malang bisa menjadi salah satu ikon terkenal kota tersebut. Ternyata Jalan Ijen Boulevard di Kota Malang ini telah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Jalan tersebut tertata dengan sangat indah dan memiliki ciri khas yaitu ukurannya yang lebar dan luas serta di bagian tengahnya terdapat taman hijau, perdu, dan bunga yang indah yang menjadi pemisah dua bagian jalan tersebut. Jalan Ijen Boulevard ini membentang sepanjang hampir 2 km mulai dari jalan Bundaran Simpang Balapan sampai di perempatan jalan Kawi. Jalan ini lebih tepatnya berada di Jl. Kawi No.47, Bareng, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, begitu dekat dengan monumen tugu Malang.

Pada zaman penjajahan Belanda, Ijen Boulevard ini merupakan komplek perumahan elit orang Belanda. Seiring perkembangan zaman, keadaan bangunan tersebut banyak yang mulai berubah. Saat ini, rumah-rumah yang berada di pinggir jalan tersebut adalah rumah besar milik beberapa orang-orang penting di kota Malang. Akan tetapi, sebagian besar rumah-rumah tersebut adalah masih peninggalan dari jaman Belanda.

Di Jalan Ijen Boulevard ini, anda dapat menemui gedung perpustakaan modern berwarna orange, Museum Brawijaya yang bersejarah dimana dari depan Museum tersebut anda dapat menikmati deretan pegunungan, dan Museum TNI yang menyimpan senjata tradisional dan modern yang pernah di pakai untuk melawan para penjajah.

Jalan Ijen Boulevard ini merupakan salah satu jalur hijau yang ada di Kota Malang dan yang membedakannya dari jalan lain adalah ciri khasnya yang dihiasi oleh Bunga Bougenvil dan Pohon Palem Raja dengan latar belakang perumahan kolonial belanda. Ukuran jalur pedestriannya yang cukup luas membuat anda mampu berjalan kaki dengan sangat nyaman ditambah dengan adanya pohon palem dan berbagai macam bunga yang warna warni yang membuat suasana terasa sejuk dan membuat kita merasa sedang berada di luar negeri.

Jalan Ijen Boulevard Malang ini dijadikan sebagai tempat kegiatan rutin warga Kota Malang yaitu event Malang Tempoe Doeloe atau Festival Malang Kembali yang diadakan setiap tahun di bulan-bulan terakhir. Festival ini merupakan ikon wisata terbaru Kota Malang dan dilaksanakan menjelang peringatan hari ulang tahun Kota Malang yaitu pada tanggal 1 April setiap tahunnya. Festival ini dilaksanakan selama 1 minggu dengan tujuan untuk mengajak warga kota dan para wisatawan untuk bernostalgia dengan kehidupan Kota Malang di tahun 1947. Jika anda sedang berada di Kota Malang pada saat festival ini berlangsung, anda harus menyiapkan tenaga ekstra untuk berjalan karena jalan tersebut ditutup bagi semua jenis kendaraan.

Ijen Boulevard

Hal yang membuat festival ini menarik adalah jalan tersebut dibagi menjadi 3 blok yaitu blok tradisi, blok kolonial, dan blok pejuangan dan terdapat pameran foto dan arsip dokumentari, panggung hiburan tradisional, foto kuno raksasa, terminal mobil dan kendaraan antik. Anda dapat pula mengelilingi jalan Ijen Boulevard dengan menggunakan dokar. Event lain yang ditawarkan dalam 1 minggu tersebut adalah pengobatan gratis, pasar jajanan rakyat, puisi, lagu, dan permainan anak tempo dulu, serta lomba kostum. Jika anda mencari jajanan khas Kota Malang seperti es Bandul Tali Merang, Gelali, Gula Kapuk, Arbanat, jangan khawatir karena anda juga akan menemukannya di festival tersebut yang diadakan di Jalan Ijen Boulevard Malang.