Harga Tiket Masuk Wisata Kawah Ijen

Harga Tiket Masuk Wisata Kawah Ijen

Harga Tiket Masuk Wisata Kawah IjenDalam menyusun rencana perjalanan atau itinerary ke Gunung Ijen, tentu membutuhkan informasi, seperti harga tiket masuk wisata kawah Ijen. Informasi harga tiket dan ongkos perjalanan penting diketahui untuk memudahkan menghitung pengeluaran selama liburan. Jadi budget liburan bisa diperkirakan.

Berwisata di kawah Ijen memberikan pengalaman tersendiri bagi siapa saja. Keindahan pemandangan kawah yang membentuk danau berwarna biru kehijauan ini sudah mendunia. Apalagi dengan fenomena blue fire yang hanya ada dua di dunia, dan salah satunya ada di kawah Ijen.

Kawasan wisata Ijen masuk ke dalam Cagar Alam Gunung Ijen dengan luas 2.560 hektar, termasuk hutan wisata seluas 92 hektar. Kawah Ijen berada di puncak Gunung Ijen. Secara administratif termasuk dalam Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi juga Kecamatan Klobang Kabupaten Bondowoso. Gunung Ijen sendiri merupakan gunung yang masih aktif dengan ketinggian 2.443 meter di atas permukaan laut. Di sebelahnya ada Gunung Raung dan Gunung Merapi yang juga masih aktif.

Rute Menuju Kawah Ijen
Ada dua rute yang bisa dilewati untuk menuju kawah Ijen, yaitu melalui jalur Banyuwangi dan jalur Bondowoso. Kedua jalur tersebut akan berakhir di Patulding, yaitu pintu masuk ke kawah Ijen.

Jika Anda datang dari Surabaya, maka jalur termudah adalah melalui Bondowoso. Sayangnya, panjang jalan dari Bondowoso ke Patulding sejauh 76 km. Namun, kalau Anda datang arah Banyuwangi, maka hanya menempuh 30 km menuju Patulding dengan kondisi jalan mulus.

Sampai Banyuwangi pengunjung bisa menyewa mobil atau motor untuk menuju ke Paltuding, sebab belum ada angkutan umum yang melayani rute ke Gunung Ijen. Tapi tidak perlu khawatir, karena jalannya sudah beraspal mulus dan tinggal mengikuti arah jalan tersebut.

Ongkos sewa motor cukup murah hanya 75 ribu rupiah berhari, sedangkan ongkos sewa mobil jeep berkisar 600 ribu sampai 700 ribu tergantung negosiasi. Apabila berwisata ala backpacker bisa menyewa angkot di terminal Sasak Perot yang hanya berjarak 300 meter dari stasiun Karangasem. Tarif per orang sekitar Rp 10.000,00 – Rp 15.000,00.

Tiket Masuk ke Kawah Ijen
Perjalanan ke kawah Ijen dimulai dari Patulding yang merupakan pos PPH (Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam) milik Perhutani yang ada di kaki Gunung Merapi – Ijen. Sebelum memulai pendakian, setiap pengunjung wajib melapor di pos jaga, sekaligus membayar retribusi tiket masuk kawah Ijen.

Meskipun sudah membayar tiket masuk, bukan berarti setiap saat bisa melakukan pendakian. Pengunjung diperbolehkan mendaki tergantung dari kondisi alam. Apabila dirasa cukup aman, maka jalur pendakian dibuka.

Normalnya jalur pendakian kawah Ijen dibuka pada pukul 01.00 WIB – 12.00 WIB. Tapi sewaktu-waktu jalur pendakian bisa ditutup jika cuaca tidak bersahabat atau ada kondisi darurat yang membahayakan keselamatan pengunjung, seperti longsor, asap belerang yang mengarah ke jalur pendakian, hujan lebat, atau kebakaran hutan.

Patulding memiliki area yang luas dan dilengkapi fasilitas yang memadai. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan bermotor tersedia lapangan parkir yang luas. Fasilitas lain yang tersedia adalah kamar mandi, mushola, dan warung makan. Wisatawan bisa membeli perbekalan di beberapa warung tersebut sebelum melakukan pendakian.

Bagi pengunjung yang akan melakukan pendakian dini hari untuk melihat blue fire bisa menyewa homestay yang berada di sebelah pos pintu masuk Paltuding untuk singgah beristirahat. Harga sewa homestay tersebut cukup terjangkau. Pecinta alam yang ingin merasakan tidur di udara terbuka, bisa mendirikan tenda atau tidur di hammock di camping ground.

Baca juga: Rekomendasi Penginapan di Kawasan Wisata kawah Ijen

Harga Tiket Masuk Wisata Kawah Ijen

Jarak Paltuding ke kawah Ijen jaraknya hanya 3 km, tapi karena kondisi jalur rute yang terjal waktu yang dibutuhkan bisa mencapai 2-3 jam. Jadi siapkan fisik sebelum mencapai kawah Ijen, dan budget untuk harga tiket masuk wisata kawah Ijen.

admin