Harga Tiket Masuk Wisata Bromo

Harga Tiket Masuk Wisata Bromo

harga tiket masuk wisata bromoHarga tiket masuk Wisata Bromo sudah pasti menjadi informasi yang harus Anda ketahui sebelum merencanakan liburan ke kawasan wisata ternama ini. Dengan mengetahui harga tiket dan semua kebutuhan biaya selama wisata, tentunya Anda bisa menentukan berapa anggaran yang harus Anda miliki selama berwisata. Wisata pun akan semakin berkesan karena Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan dana. Sehingga, wisata untuk menikmati keindahan Bromo dan sekitarnya pun akan semakin berkesan.

Tiket Masuk Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Sejak bulan Mei 2014 lalu, harga tiket masuk wisata Bromo mengalami kenaikan. Hal ini disampaikan secara resmi oleh pengelola kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sebagai kenaikan yang wajar karena kawasan wisata gunung Bromo ini memerlukan tingkat perawatan yang optimal.

Kenaikan harga tiket kawasan wisata ini dibedakan berdasarkan jenis pengunjung lokal atau mancanegara. Untuk para wisatawan lokal, kenaikan mencapai 20%, sedangkan untuk wisatawan mancanegara, kenaikan mencapai lebih sari 50%. Meski begitu, kenaikan harga tiket ini tidak menjadikan kawasan wisata ini sepi pengunjung. Sejak pengumuman resmi kenaikan harga tiket, kawasan ini tetap mendapatkan kunjungan wisatawan dalam jumlah yang besar. Terlebih ketika diresmikannya kawasan wisata baru, yaitu Puncak B29 yang menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona.

Baca: Tips menuju Puncak B29 Argosari Lumajang

Harga Tiket Masuk Terbaru ke Kawasan Wisata Bromo
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kenaikan harga tiket masuk wisata Bromo di tahun 2014 lalu merupakan kenaikan yang resmi ditetapkan pengelola. Kepala Balai Besat Taman Nasional Bromo Tengger Semeu menyampaikan bahwa kenaikan hagrga tiket masuk ini dibuat berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 50 tahun 1998 tentang Tarif jasa jenis penerimaan negara bukan pajak, yang direvisi dan diresmikan pada Mei 2014.

Sebelum penetapan kenaikan harga, tiket masuk untuk setiap wisatawan lokal hanya sebesar Rp 10.000,- dan setelah penetapan tersebut harga tiket menjadi Rp 27.500,-. Sebanyak Rp. 25.000,- dari tariff ini merupakan harga tiket dan Rp. 2.500,- untuk pembayaran asuransi. Sementara itu, kenaikan yang lebih signifikan terjadi pada harga tiket bagi para wisatawan mancanegara. Semula harga tiketnya sebesar Rp. 57.000,- dan sekarang menjadi Rp. 217.500,-; tariff ini juga termasuk asuransi. Harga tiket masuk Bromo tersebut berlaku untuk hari kerja atau weekdays, sedangkan untuk masa liburan, tarif berubah menjadi Rp. 32.500,- untuk wisatawan lokal dan Rp. 317.500,- untuk wisatawan mancanegara.

Menurut Kepala Balai Besar, kenaikan harga tiket masuk Bromo ini tentu akan berpengaruh pada jumlah wisatawan yang akan berkunjung ke kawasan wisata ini dan juga tariff sewa kendaraan Jeep atau Hardtop di kawasan wisata. Akan tetapi, pengelola kawasan wisata juga memberikan pengumuman tersebut kepada masyarakat sekitar kawasan wisata. Tariff terbaru kawasan wisata ternama ini disahkan pada tanggal 1 Juni 2014 lalu dan masih berlaku hingga saat ini.

Kenaikan harga juga diberlakukan untuk harga tiket masuk ke area Gunung Semeru dan sekitarnya, yaitu menjadi Rp22.500,- untuk wisatawan lokal dan Rp 307.500 untuk wisatawan mancanegara. Sedangkan untuk kendaraan roda 4, tiket yang diberlakukan adalah seharga Rp 10.000,-, kendaraan roda 2 seharga Rp. 5.000,-, sepeda seharga Rp. 2.000,- dan kuda seharga rp. 1.500,-.

Harga Tiket Masuk Wisata Bromo

Mengingat indahnya panorama alam di sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, harga tiket masuk tersebut dirasa wajar untuk diberlakukan. Uang yang masuk dari penjualan tiket tersebut dapat dijadikan biaya perawatan sekitar kawasan wisata dan juga untuk membayar para karyawan yang bertugas. Dengan begitu mereka dapat bekerja dengan baik dalam merawat keindahan kawasan wisata ini. Jadi, setelah mengetahui harga tiket masuk Wisata Bromo, tentukan waktu liburan Anda.