Gunung Penanjakan

Gunung Penanjakan

Gunung PenanjakanKebanyakan orang yang datang ke Gunung Bromo adalah untuk menyaksikan sendiri kemegahan sunrise yang disebut-sebut sebagai pemandangan matahari terbit terindah di Indonesia. Reputasi keindahan pemandangan sunrise di Gunung Bromo ini tidak hanya dikenal oleh masyarakat domestic saja tapi juga banyak terdapat wisatawan asing jika Anda sudah sampai di sana. Untuk bisa menikmati pemandangan matahari terbit Anda setidaknya sudah tiba di Gunung Bromo pada tengah malam. Jangan takut sepi karena banyak juga wisatawan yang menikmati keindahan alam Bromo pada malam hari, terutama bagi mereka yang juga ingin menyaksikan matahari terbit. Sunrise di Bromo dimulai pada pukul 4 pagi yang bisa dilihat dari beberapa spot di kawasan Gunung Bromo. Anda bahkan bisa menyaksikannya langsung dari kawah Gunung Bromo, atau dengan menuju Gunung Penanjakan yang ada di sekitar Bromo. Gunung Penanjakan yang digunakan wisatawan untuk melihat sunrise Bromo ada dua yaitu Penanjakan 1 dan Penanjakan 2. Apa bedanya? Ini dia ulasannya.

Baca: Sejarah Panjang Letusan Gunung Bromo

Penanjakan 1 yang populer
Melihat pemandangan sunrise di Bromo yang paling terkenal memang di Penanjakan 1 ini. Saking populernya, Anda sebaiknya datang lebih awal apabila tidak ingin kehabisan tempat bagus untuk melihat matahari terbit dan berfoto dengan bebas. Spot di Penanjakan 1 ini cukup kecil, hanya muat untuk sedikit lebih dari 200 orang saja. Untuk menuju ke Penanjakan 1, Anda harus menggunakan mobil jeep yang bisa Anda sewa di agen perjalanan atau menyewanya di Cemoro Lowong, pintu masuk Gunung Bromo. Anda juga bisa menyewa mobil jeep ini sekaligus dengan paket wisata Gunung Bromo pilihan Anda. Ini karena dari pintu masuk Anda akan disambut dengan medan yang berpasir dan akan sulit untuk ditempuh dengan mobil atau motor biasa, apalagi jalan kaki karena cukup jauh.

Penanjakan 1 di Gunung Bromo ini letaknya di sebelah barat gunung dengan ketinggian 2.700 meter di atas permukaan laut. Dengan demikian suhunya cukup dingin dan disarankan bagi Anda untuk memakan pakaian hangat karena meski sudah siang hari, suhunya masih tetap dingin. Melihat pemandangan sunrise dari puncak Penanjakan 1 Anda akan disuguhi dengan pemandangan eksotis yang tidak Anda dapatkan di tempat lain. Gunung Bromo yang sesekali mengeluarkan asap dari kawahnya itu didampingi oleh Gunung Batok dan juga latar belakang Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Baca Juga: Tips wisata menuju gunung Bromo

Penanjakan 2 sebagai alternatif
Karena pengunjung yang semakin banyak dan membludak di Penanjakan 1 untuk menyaksikan matahari terbit di Gunung Bromo, akhirnya beberapa tahun lalu pemerintah Probolinggo memutuskan untu meresmikan sebuah puncak penanjakan lain untuk menampung wisatawan yang tidak kebagian tempat di Penanjakan 1. Penanjakan 2 ini letaknya berada di Desa Seruni, Sukapura. Karena infrastruktur yang belum baik, jalur menuju Penanjakan 1I ini sempat ditutup karena longsor. Tapi sekarang sudah dibuka kembali dengan perbaikan jalan dan infrastruktur lainnya.

Penanjakan 2 ini memang belum banyak diketahui oleh wisatawan tetapi bisa menjadi alternatif view point bagi Anda dengan pemandangan yang tidak kalah indah dengan yang ada di Penanjakan 1. Sama seperti akses menuju Penanjakan 1, untuk sampai ke titik Penanjakan 2 ini Anda juga sebaiknya menggunakan mobil jeep. Medan jalur menuju Penanjakan 1 bahkan lebih berat dibandingkan ke Penanjakan 1 sehingga cocok bagi Anda yang berjiwa petualang.

Gunung Penanjakan

Bagaimana anda tertarik untuk melihat keindahan matahari terbit Bromo yang begitu mempesona di puncak Gunung Penanjakan, ? jika ia, datang dan nikmati keindahan alam yang tiada duanya ini.

admin