Fenomena Milky Way di Kawah Ijen

Fenomena Milky Way di Kawah Ijen

Fenomena Milky Way di Kawah IjenNikmati Keanggunan Milky Way Di Kawah Ijen.
Fenomena milky way di kawah Ijen merupakan salah satu fenomena alam yang bisa ditemukan di langit sebuah kawah yang terletak di atas gunung Ijen. Pada kawah yang terletak di atas ketinggian 2.443 permukaan laut ini terdapat salah satu fenomena alam yang juga terjadi di gunung Bromo yaitu milky way atau yang biasa kita sebut bima sakti. Hal ini menjadikan wisata alam kawah ijen menjadi populer dikalangan turis domestik maupun mancanegara selain fenomena milky way di bromo. Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan tentang pesona keindahan gunung Ijen berupa fenomena milky way khusnya yang terjadi di kawah ijen.

Akses Menuju Kawah Ijen
Sebelum melihat milky way dengan jelas, anda perlu melewati beberapa akses menuju kawah ijen. Saya sarankan anda mulai mendaki pada pukul 10 malam lalu menunggu dengan sabar dibukanya jalur pendakian tepatnya di daerah Paltuding yang akan buka pukul 01.30. Jangan lupa untuk selalu memakai pakaian tebal karena kita akan mendaki gunung. Setelah jalur dibuka, anda akan mulai mendaki sebanyak 3 km dengan rintangan yang berliku. Saat inilah keberanian mulai diuji. Sekitar 2.5 jam, anda pun akan sampai tepat di kawah Ijen dan untuk bisa melihat milky way secara jelas sebaiknya anda segera masuk mendekat kawah Ijen dengan menggunakan perlengkapan masker.

Milky way kawah Ijen
Meski tidak sepopuler milky way gunung Bromo, namun Milky way di kawah Ijen tak kalah cantiknya bahkan anda bisa melihatnya hanya dengan mata telanjang! Semua itu bisa dilakukan apabila anda datang di waktu yang tepat terutama pada saat cuaca cerah. Perjalanan selama 2.5 jam pun saya rasa akan terbayar ketika anda melihat keanggunan milky way di kawah Ijen! Milky way merupakan salah satu dari fenomena alam yang berada di angkasa. Salah satu keindahan alam ini merupakan suatu gugusan atau kumpulan bintang serta sejumlah debu dan jas di angkasa yang membentuk pola tertentu dan berkumpul pada satu titik yang disebut black hole. Kumpulan bintang ini pada dasarnya memiliki berbagai macam bentuk pola antara lain adalah spiral, elips, dan tak berbentuk, khusus untuk milkyway memiliki pola spiral. Di Indonesia, fenomena ini biasa disebut dengan Bima Sakti yang berasal dari salah satu tokoh wayang yaitu ‘Bima’, sedangkan di barat istilah milky way jauh lebih populer karena fenomena ini membentuk jalur layaknya pita kabut putih. Pada sistem tata surya, Bima Sakti merupakan satu dari jenis galaksi tempat bumi berada.

Fenomena Milky Way di Kawah Ijen

Apabila anda berencana untuk melihat maupun fenomena milky way di kawah Ijen, maka perlu saya peringatkan kembali untuk selalu membawa baju tebal beserta masker karena cuaca di atas nantinya akan sangat dingin serta akan ada bau belerang yang cukup menusuk apabila anda berjalan di sekitar kawah Ijen. Selain itu, yang kalian harus ingat adalah moment yang tepat tidak akan bisa langsung dicapai. Dibutuhkan kesabaran serta perjuangan untuk mencapainya! Apabila anda merasa lelah mendaki namun tidak segera mendapatkan fenomena milky way, anda harus tetap bersabar menunggu keindahan milky way muncul di atas langit kawah Ijen karena yang sedang ingin anda saksikan bukan sekedar objek wisata, melainkan sebuah fenomena alam yang tidak bisa dijadwalkan kedatangannya. Selain milky way, anda juga dapat melihat berbagai fenomena alam seperti sunrise pertama di Jawa Timur dan Blue Fire yang sangat terkenal di kawah Ijen. Itulah sekiranya mengenai Fenomena milky way di kawah Ijen.

admin