Daftar Hotel di kawasan gunung Ijen

Daftar Hotel di Kawasan Gunung Ijen

Daftar Hotel di kawasan gunung IjenSebelum berlibur ke kawah Ijen, tentunya Anda perlu mencari informasi mengenai daftar hotel di kawasan Gunung Ijen. Objek wisata Gunung Ijen berada di kawasan yang jauh dari pemukiman padat penduduk. Jadi tidak heran jika wisatawan agak sulit menemukan tempat persinggahan di daerah sekitar tempat wisata.

Dua kota terdekat dari tempat wisata adalah Bondowoso dan Banyuwangi. Di kedua kota tersebut banyak ditemukan penginapan yang layak dan nyaman dan sesuai dengan budget. Hanya saja jaraknya agak jauh dari lokasi wisata Gunung Ijen. Tapi sebenarnya ada beberapa penginapan yang cukup bagus dan nyaman di sekitar kawasan Gunung Ijen. Berikut daftar penginapan tersebut :

  1. Guest House Jampit
    Wisata Jampit ini berada di daerah terpencil di sekitar perkebunan kopi. Bangunan bergaya Eropa ini berjarak 19 km dari Sempol. Yang menarik dari penginapan ini adalah adanya taman yang ditumbuhi berbagai bunga, seperti lily, chrysant, gladiol, aster, dan sebagainya. Udaranya juga sejuk karena berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut.
  2. Ijen Resto Guest House
    Hotel ini berada 15 km dari titik awal hiking pendakian ke kawah Ijen. Penginapan ini menawarkan suasana pedesaan dengan rumah bambu dan arsitektur sederhana. Perabotan yang digunakan juga terbuat dari bambu dan kayu. Meskipun demikian, kamar mandi hotel menyediakan air panas yang ada di tipe kamar Anggrek 1 dan Anggrek.
  3. Ijen Resort and Villas Banyuwangi
    Ijen Resort and Villas merupakan hotel mewah yang berada di kaki Gunung Ijen. Lokasi penginapan terletak di desa Randu Agung, Licin, Banyuwangi dan berada di ketinggian 643 mdpl. Fasilitas yang tersedia di hotel ini adalah 30 kamar luas dengan pemandangan indah dan tersedia balkon di setiap kamar. Masing-masing bungalow dilengkapi dengan fasilitas lengkap ala hotel berbintang. Taman hotel memiliki pemandangan 360o ke arah Gunung Ijen dengan luas 4 hektar.
  4. Hotel Arabica Homestay
    Hotel ini memiliki pemandangan perkebunan kopi yang sangat indah. Jika Anda ingin menjelajahi perkebunan kopi dan melihat proses pengolahannya sejak dari tanaman hingga menjadi bubuk kopi di sinilah tempatnya. Tampilan hotel juga dibuat ala kafe kopi yang simple dan hangat.
    Ada tiga tipe kamar dan termasuk kamar yang dilengkapi kamar mandi air panas. Di sini tamu bisa menikmati makan siang dan makan malam yang disediakan hotel.
  5. Hotel Catimor Homestay
    Catimor Homestay merupakan penginapan yang berjarak paling dekat dengan Ijen. Tidak heran jika malam hari suhu udara di penginapan mencapai 1o C. Hotel ini menyediakan kolam air panas yang diisi dengan air panas alami yang mengandung belerang. Pemandian air panas ini diisi air selama 5-6 jam pada malam hari dengan air yang terus mengalir.
    Selain pemandian air panas, hotel juga menyediakan kolam renang air tawar yang bisa digunakan para tamu untuk berenang. Para tamu juga bebas mencicipi kopi dan teh dari hasil perkebunan di sekitar Blawan.
  6. Ijen Cliff Resort Banyuwangi
    Resort ini berada di sebelah timur pegunungan Ijen. Pemandangan alam sekitar hotel sangat asri karena dikelilingi sawah dengan latar belakang pegunungan. Jaraknya ke Paltuding hanya setengah jam menggunakan kendaraan. Fasilitas yang disediakan berupa cottage dengan balkon pribadi, kamar mandi air panas, alat pembuat kopi dan mini bar.
    Ukuran kamar superior sebesar 35 m2 dan deluxe room sebesar 66 m2. Kamar Deluxe dilengkapi kamar mandi dalam dan sisi teras taman terbuka. Resort ini termasuk dalam daftar hotel di kawasan Ijen yang direkomendasikan para wisatawan.

Daftar Hotel di Kawasan Gunung Ijen

Itulah beberapa daftar hotel di kawasan gunung Ijen yang bisa anda pilih ketika sedang liburan ke wisata Kawah Ijen.