Coban Rondo, Objek Wisata Air Terjun yang Wajib di Kunjungi Ketika Liburan ke Malang

Air Terjun Coban Rondo sebagai salah satunya air terjun yang berada di propinsi Jawa Timur, persisnya di kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Air terjun ini jadi tujuan favorite beberapa pengunjung karena tawarkan keelokan alam dan beragam kegiatan menarik.

Udara sejuk ketinggian 1.135 mdpl ditambahkan derasnya air terjun menambahkan fresh situasi sekitaran teritori Coban Rondo. Tinggi air terjun ini capai 84 mtr. dengan dengan debet air yang bisa melewati 90 L per detik.

Saluran air terjun Coban Rondo ini mengambil sumber dari mata air di kaki gunung Kawi yaitu Cemoro Dudo. Kemurnian dan kesegaran Coban Rondo berikut yang menjadi satu diantara daya magnet untuk wisatawan.

Coban Rondo

Sejarah Air Terjun Coban Rondo

Riwayat Coban Rondo tidak terlepas dari narasi rakyat mengenai Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo. Menurut cerita, sesudah sekian hari menikah mereka merencanakan untuk ke Gunung Anjasmoro.

Tetapi hal itu dilarang karena menurut tradisi jawa kuno, bila umur pernikahan belum genap selapan pengantin baru dilarang bepergian. Sayang Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo masih tetap ngotot berangkat.

Sampai di tengah-tengah perjalanan kelompok mereka dihadang oleh Joko Lelono yang ingin merampas Dewi Anjarwati yang cantik. Pada akhirnya terjadi pertempuran di antara Joko Lelono dan Raden Baron Kusumo.

Supaya masih tetap aman Dewi Anjarwati sembunyi dibalik air terjun sampai dijemput kembali oleh Raden Baron Kusumo. Sayang Joko Lelono dan Raden Baron Kusumo meninggal karena pertempuran hingga Dewi Anjarwati meratap nasibnya jadi janda.

Air terjun tempat Dewi Anjarwati berikut yang selanjutnya dinamakan Coban Rondo yang memiliki arti Air Terjun Janda. Sampai sekarang ini narasi itu terus dipercayai warga dan jadi kekhasan tertentu dari Air Terjun ini .

Mitos Air Terjun

Narasi asal mula Coban Rondo yang ironis membuat beberapa dogma dan mistis tersebar di warga. Satu diantaranya ialah kemunculan figur wanita di atas batu besar dekat air terjun.

Warga yakini figur itu ialah Dewi Anjarwati yang belum mengikhlaskan dianya jadi janda. Cukup banyak pengunjung yang tiba untuk menunjukkan kebenaran hal itu.

Dogma lain mengatakan bila sepasang pacar yang kekasihan tiba ke Coban Rondo, bersiap untuk jalani jalinan yang tidak langgeng. Argumennya karena Dewi Anjarwati cemburu dan ingin sepasang pacar itu memiliki nasib sama dengan nya.

Wahana di Sekitar Lokasi Wisata

Lepas dari beragam dogma dan mistis yang tersebar, air terjun ini sebagai tempat rekreasi alam keluarga yang komplet. Bukan hanya menyuguhkan panorama alam, tetapi beragam sarana dapat bisa dimainkan pada tempat ini.

Bahkan juga Coban Rondo dikenali jadi tempat terbaik untuk lakukan aktivitas outbound bersama-sama. Berikut 3 sarana harus yang dapat Anda coba saat bertandang ke Coban Rondo.

Taman Labirin

Sarana yang terpopuler di teritori Coban Rondo ini ialah Taman Labirin. Tempat ini mendapatkan panggilan taman karena labirin yang ada dibuat dari tanaman asli yang tumbuh dan tersusun sebegitu rupa supaya membuat skema tertentu.

Dengan tinggi sekitaran 2 mtr. dan lebar jalan 1.75 mtr., pelancong yang tiba akan cukup kesusahan menyaksikan jalan keluar labirin. Tetapi tersebut letak serunya, pengunjung harus usaha cari jalan keluar labirin.

Di tengah-tengah labirin ada air terjun dan jembatan tinggi yang memungkinkannya pengunjung menyaksikan sekitaran tempat labirin. Tempat ini yang umumnya jadi tempat favorite berpose beberapa pengunjung.

Di luar tempat labirin ada gardu pandang untuk menyaksikan dan jadi tempat memberikan instruksi ke arah jalan keluar labirin. Dari gardu pandang ini cameramen dapat memperoleh angle terbaik untuk berpose di taman labirin.

Fun Tubing

Bermain air di lokasi air terjun bisa saja benar-benar membahagiakan bila Anda berani coba sarana Fun Tubing. Dengan sarana ini, Anda bisa menelusuri saluran sungai air terjun Coban Rondo yang segar.

Anda akan melalui beragam jeram di sungai sekalian nikmati panorama memakai ban khusus untuk kegiatan ini. Saluran sungai yang jeram dan deras yang melawan sanggup memicu adrenalin Anda sejauh perjalanan.

Sarana ini juga telah terjaga keamanannya melalui perlengkapan keselamatan yang komplet untuk pengunjung. Disamping itu, beberapa pemandu yang siap mengawasi keamanan Anda sepanjang penelusuran sungai akan turut temani perjalanan Anda.

Fun Tubing ini benar-benar pas Anda kerjakan bersama kelompok sekalian membuat sebuah serangkaian panjang. Serunya dari sarana ini menjadi favorite pelancong saat bertandang ke air terjun yang satu ini.

Paintball

Sarana Paintball menjadi salah satunya sarana hebat yang dapat Anda coba di Coban Rondo. Kesan perang tembak-tembakan dengan senjata khusus dan seragam komplet tentu Anda peroleh di sarana ini.

Antiknya kembali tempat dari permainan ini sebagai tempat rimba asli, hingga pohon dan semak ilalang menjadi tempat persembunyian Anda. Dengan demikian perang antara dua team ini akan makin hebat, sama seperti sedang berperang.

Umumnya permainan ini memerlukan sedikitnya oleh enam orang yang terdiri jadi dua team berbeda. Durasi waktu permainan nya juga sekitaran 30 sampai 45 menit bergantung jumlah peluru dan gas dari senjata.

Keamanan permainan ini sangat terjaga, banyak ketentuan keselamatan yang perlu Anda taati supaya tidak ada kecelakaan. Permainan perang-perangan di tempat rimba Coban Rondo bakal menjadi pengalaman tidak terlewatkan untuk Anda dn kelompok.

Ada banyak sarana hebat yang lain dapat Anda coba di Coban Rondo seperti Flying Fox, memakai sepeda gunung, sampai tunggangi kuda. Tiap sarana yang ada jadikan objek wisata ini tempat rekreasi malang yang komplet untuk Anda, Keluarga, bahkan juga kelompok besar.

Harga Tiket Masuk Coban Rondo

Ongkos masuk yang perlu Anda bayarkan untuk dapat masuk Coban Rondo juga tidak begitu mahal. Semua masih dapat dijangkau ditambah lagi bila Anda bersama kelompok.

Berikut tabel perincian ongkos yang kurang lebih harus Anda bayarkan untuk nikmati keelokan yang berada di Coban Rondo.

  • Wisatawan Lokal, Rp15.0000,00 Weekday | Rp18.0000,00 Weekend
  • Wisatawan Mancanegara, Rp30.000,00 Weekday | Rp35.000,00 Weekend

Harga yang tertera di tabel setiap saat bisa berbeda bergantung peraturan pengurus objek wisata. Tetapi ongkos yang berada di sini dapat Anda menjadikan rekomendasi dan prediksi saat sebelum nanti bertandang ke Malang.

Untuk paket komplet terusan sarana walau tambah mahal, tetapi telah terhitung ongkos dari beberapa sarana plus ticket masuk. Anda dapat nikmati Taman Labirin, Sepeda gunung, dan yang lain tanpa perlu ongkos tambahan lagi.

Bila Anda ingin berlibur di Malang yang tambah murah dapat gunakan paket rekreasi ke Malang dari agen perjalanan. Beragam tujuan rekreasi di Malang dan sekelilingnya dapat Anda datangi lebih irit dan gampang.

Info Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rekreasi Coban Rondo ini berada di Kabupaten Malang persisnya Jl Coban Rondo, Desa Krajan, Dusun Pandesari, Kecamatan Pujon. Lokasinya sekitaran 12 Km dari Kota Batu atau 20 km dari pusat Kota Malang.

Dari arah Kota Batu, pintu masuk rekreasi Coban Rondo in cuma memiliki jarak sekitaran 30 menit perjalanan berkendara. Banyak pelancong yang tiba cenderung pilih untuk rental mobil dibanding memakai kendaraan umum.

Ini karena untuk kendaraan umum, Anda harus seringkali tukar kendaraan dan ongkos tentu lebih mahal. Dasar ke arah Coban Rondo ini ialah pertigaan patung sapi pujon, dengan melalui gang pertigaan ini Anda akan datang loket masuk.

Dari loket masuk, Anda harus jalan kaki lebih dulu saat sebelum sampai ke tempat air terjun. Sejauh perjalanan ini Anda akan memperoleh panorama rimba yang asri dan beberapa sarana yang dapat Anda coba.

Jam Operasional Coban Rondo

Bila Anda merencanakan berkunjung Coban Rondo dapat tiba di antara jam 07.00 WIB sampai jam 17.00 WIB tiap harinya. Saat hari liburan juga tempat ini masih tetap membuka bahkan juga biasanya saat berlibur tempat ini selalu ramai.

Untuk saat terbaik tiba ke Coban Rondo seharusnya tiba saat pagi hari saat sebelum jam 10.00 WIB. Juga bisa saat mendekati sore dimulai dari jam 14.00 WIB supaya tidak begitu panas saat perjalanan.

Jauhi tiba saat musim penghujan karena umumnya jalanan licin dan tertutup kabut. Hadirlah saat musim pancaroba, saat temperatur tidak begitu panas dan hujan masih jarang-jarang terjadi.

lebih baik memesan paket wisata pantai malang selatan atau bromo tour travel untuk menemani liburan kalian.

Tour Planner kami siap membantu anda.