Bukit Kingkong Bromo

Bukit Kingkong Bromo

Bukit Kingkong BromoBukit kingkong (alternatif lain melihat sunrise) merupakan salah satu spot di gunung Bromo yang belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Mungkin yang terlintas di benak anda ketika mendengar tentang matahari terbit di gunung Bromo adalah puncak penanjakan 1 sebagai tempat paling bagus untuk melihat matahari terbit. Padahal, masih ada beberapa tempat yang sebenarnya menawarkan tempat melihat matahari terbit yang tak kalah bagus. Salah satunya adalah Bukit kingkong Bromo yang bisa juga dijadikan sebagai salah satu tempat alternatif untuk melihat matahari terbit yang eksotis di gunung bromo. Selain itu bukit cinta juga sering dijadikan sebagai alternatif lain juga.

Bukit kingkong Bromo ini terletak di kawasan gunung penanjakan yakni sekitar kurang lebih 2,5 kilometer dari Puncak Penanjakan 1 Bromo. Lokasi bukit ini berada lebih rendah dari penanjakan 1 yakni dengan ketinggian kurang lebih sekitar 2.600 mdpl. Meskipun belum populer seperti penanjakan 1 dan juga penanjakan 2, namun bukit ini layak anda jadikan sebagai tempat alternatif melihat matahari terbit yang indah. Jika puncak penanjakan 1 telah penuh sesak dengan pengunjung, anda bisa menuju bukit kingkong ini untuk melihat sunrise secara langsung. Penanjakan 1 akan penuh sesak terutama ketika pada masa-masa liburan dan juga akhir pekan mulai dari hari Kamis sampai dengan hari Minggu meskipun harga tiket masuk pada hari-hari tersebut cenderung lebih mahal.

Asal muasal bukit kingkong
Mengapa bukit ini dinamakan bukit kingkong? Beberapa sumber menyatakan jika ada salah satu tebing yang menonjol di bagian sisi bukit yang jika dilihat lebih lama akan menyerupai wajah dan kepala kingkong. Dari alas an inilah banyak sekali orang yang menyebut kawasan ini sebagai bukit Kingkong. Tebing yang merupakan pahatan alami tersebut terlateak tepat di belakang pagar pembatas wisatawan berdiri. Beberapa ceruk dan juga batuan yang menonjol seakan-akan menyerupai hidung dan mata kingkong.

Akses menuju bukit kingkong ini juga cenderung mudah. Anda hanya perlu berjalan sekitar kurang lebih dua ratus meter dari parkiran mobil jeep. Coba anda bandingkan dengan jarak yang harus anda tempuh untuk menuju penanjakan 1 yakni sejauh 700 meter dari parkiran mobil jeep. Setelah dari parkiran jeep, kemudian anda akan menyusuri jalanan yang sudah terbuat dari aspal yang menurun, tiba di sebuah persimpangan maka ambillah sebelah kiri, nah sekarang anda sudah sampai!

Fasilitas di bukit kingkong
Bukit kingkong Bromo (alternatif lain melihat sunrise).sekarang ini sudah difasilitasi dengan beberapa sarana dan prasaranaa yang lumayan memadai diantaranya yaotu jalan paving, pagar untuk keamanan dan juga tempat parkir yang lebih luas daripada penanjakan 1. Selain itu kawasan seruni juga sudah dibangun tepat dibawah kawasan bukit kingkong ini. Kawasan seruni merupakan taman nasional yang dikelola oleh pemerintah di sekitar gunung Bromo.

Meskipun lokasi bukit ini tidak lebih tinggi dari penanjakan 1 tetapi panorama di tempat ini tak kalah menawan dari penanjakan 1. Ketika sedang berada di tempat ini, anda akan merasakan seperti berada di atas awan, anda juga bisa melihat betapa indahnya lautan pasir, gunung Bromo, gunung Semeru dan juga kota Probolinggo.

Akses menuju Bukit Kingkong
Untuk mencapai lokasi bukit ini, anda bisa melewati beberapa jalur yakni melalui Wonokitri di kabupaten Pasuruan atau bisa juga melalui jalur Ngadisari, Probolinggo atau bisa juga melewati desa gadas, kecamatan Poncokusumo di kabupaten Malang. Setelah tiba di portal pintu masuk gunung Bromo, anda bisa menyewa jeep atau ojek dengan tarif yang bervariasi tergantung berapa lokasi yang ingin anda kunjungi, yang salah satunya tentu saja bukit kingkong Bromo (alternatif lain melihat sunrise).

Bukit Kingkong Bromo

Demikianlah informasi mengenai Bukit Kingkong Bromo sebagai alternatif lain melihat matahari terbit, silahkan datang ke Bromo dan rasakan sensasi yang berbeda di Bukit Kingkong.

admin