Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Air Terjun Tumpak Sewu LumajangPesona keindahan Coban Sewu atau Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang, Jawa Timur.
Indonesia adalah negara yang kaya akan destinasi wisatanya, salah satunya adalah dengan banyaknya wisata alam yang ada. Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang adalah salah satu contoh dari sekian banyak wisata alam Indonesia yang perlu Anda kunjungi suatu hari nanti bersama keluarga dan kerabat terdekat Anda.

Wisata ini sendiri terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, bagi Anda yang sudah sibuk seharian berjibaku dengan rutinitas kerja maka mengunjungi tempat yang satu ini rasanya akan sangat tepat mengingat pemandangan alamnya yang terkenal indah dan hawanya yang sejuk akan memberikan relaksasi tersendiri bagi Anda sekeluarga. Oh iya, perlu Anda ketahui bahwa ketika anda memasuki lokasi wisata ini, maka Anda akan disambut banner besar bertuliskan “serpihan surga itu memang ada” banner ini benar – benar menggambarkan rupa dari Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang.

Kenali Lebih Dekat
Agar bisa sampai ke lokasi ini Anda bisa melalui kota Malang yang memerlukan waktu sekitar dua setengah jam dari arah kota Malang menuju Kota Lumajang, Anda perlu melewati Bululawang, Dampit, Tirtomoyo, dan Pronowijo, kemudian sebelum melewati tugu perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang Anda perlu melalui gang turun pada kiri jalan sekitar kurang lebih 100 m bila Anda dari arah Lumajang. Kemudian Anda tinggal lurus hingga menjumpai sebuah sungai, sedangkan kendaraan Anda bisa diparkirkan dahulu di parkiran yang ada di sekitarnya, barulah Anda harus menempuh sekitar 200m lagi untuk bisa sampai ke air terjun.

Air terjun yang satu ini selain biasa disebut sebagai air terjun Tumpak Sewu juga dikenal masyarakat sebagai air terjun Coban Sewu. Mengapa selalu ada kata “sewu” pada nama air terjun ini? dalam bahasa Jawa sendiri kata sewu berarti seribu, air terjun yang satu ini memang pantas dijuluki air terjun Tumpak Sewu karena jumlah air terjun yang ada disini memang terdiri atas beberapa air terjun/ mata air yang terjun langsung ke dasar tebing dibawahnya yang saling berjajar, sehingga sekilas terdiri atas banyak air terjun dan membuatnya diibaratkan berjumlah “sewu” atau seribu. Secara geografis air terjun ini terletak pada aliran sungai Glidih, yang merupakan perbatasan antara Kecamatan Ampel Gading, Malang dan Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.

Relaksasikan Diri Anda Bersama Keluarga
Rasa lelah yang dirasakan selama perjalanan Anda akan terbayar seketika ketika Anda sudah menyaksikan karya alam Tuhan yang satu ini, Anda akan merasakan relaksasi alam yang sangat ampuh melepas segala penat rutinitas harian. Disepanjang perjalanan akan disediakan anak tangga yang cukup membantu para wisatawan. Sembari melewati anak tangga ini Anda akan menjumpai satu spot wisata lagi berupa Goa Tetes. Dahulu Goa satu ini justru lebih awal dikenal masyarakat sebelum air terjun Tumpak Sewu Ini begitu terkenal di kalangan wisatawan. Goa ini juga tak kalah mempesona karena di dalamnya terdapat sumber mata air yang ada di atasnya yang memancar ke semua arah sehingga air tersebut mengenai setiap sisi gua seperti tetesan air yang perlahan – lahan jatuh. Cukup unik bukan? Anda tidak hanya menikmati satu wisata alam berupa air terjun saja, namun juga ditambah dengan karya lain Yang Maha Kuasa berupa Goa yang menakjubkan.

Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Oh ya, jangan lupa persiapkan pose terbaik Anda untuk berfoto ria disekitar area air terjun yang mempesona ini. Bagaimana sudah siap untuk berlibur ke Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang?