Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Air Terjun Madakaripura Probolinggo

air terjun madakaripura probolinggoMenelusuri Keindahan Alam Air Terjun Madakaripura di Probolinggo
Apa Anda pernah mendengar Air Terjun Madakaripura Probolinggo ? Destinasi wisata alam ini berada di Jawa Timur, tepatnya berada di area Taman Nasional Bromo Tengger. Letaknya yang tersembunyi dan medannya yang terbilang sulit sangat cocok dijelajah bagi Anda yang menyukai petualangan. Selain itu, karena masih belum sering dijamah, pemandangan di sekitar Air Terjun Madakaripura pun sangat asri. Sehingga Anda yang penat akibat tekanan tugas atau pekerjaan dapat melepaskan penat di sini.

Untuk mengenal lebih dalam tentang Air Terjun Madakaripura Probolinggo, simak penjelasannya berikut ini.
Keindahan Alam Air Terjun Madakaripura
Siapapun yang mengunjungi Air Terjun Madakaripura akan terpesona saat melihat bentuknya. Sebab, air terjun ini berada di kawasan yang bentuknya seperti lingkaran. Setibanya di sana, Anda akan merasa seperti berada di dalam sebuah botol raksasa. Selain itu, pepohonan yang berada di sekitar air terjun membentuk dinding-dinding raksasa yang membuat suasana di sana jadi amat menenangkan. Anda pun akan merasa sejuk dan relaks seketika.

Air Terjun Madakaripura memiliki tinggi kurang-lebih 80 meter. Di sekitar air terjun terdapat banyak ceruk dan bebukitan yang perlahan dapat meneteskan air. Jadi Anda akan seolah-olah melihat hujan di dinding tebing. Lantas, ada tiga bukit yang terbilang aktif mengeluarkan air yang amat deras dan menciptakan air terjun. Keunikan tersebut adalah salah satu hal yang akan Anda dapatkan saat mengunjungi Air Terjun Madakaripura yang memukau.

Dari Berfoto Ria Hingga Berenang di Madakaripura
Fenomena hujan yang terjadi di sekitar dinding tebing pun membuat tempat wisata ini dijuluki sebagai Air Terjun Abadi. Tebing-tebing setinggi 200 meter juga menjadikan Air Terjun Madakaripura Probolinggo tampak seperti tabung raksasa. Pemandangan yang sangat cantik tersebut menarik banyak pengunjung untuk menggunakannya sebagai latar berfoto. Bahkan beberapa di antaranya sengaja membawa kamera canggih demi mendapatkan potret yang bagus.

Seperti air terjun kebanyakan, Anda juga dapat melakukan aktivitas fisik seperti berenang di tempat ini. Salah satu tempat favorit para wisatawan adalah kolam besar dengan warna hijau kebiruan pada airnya. Tempat tersebut merupakan bagian kaki dari Air Terjun Madakaripura yang airnya terasa dingin sekaligus menyegarkan tubuh. Setelah itu, Anda bisa membersihkan tubuh di kamar mandi umum dan melanjutkan aktivitas lain seperti makan atau bermain dengan anak-anak.

Baca juga: Tips Memilih Paket Wisata

Legenda Patih Gadjah Mada dengan Madakaripura
Banyak cerita dari masyarakat sekitar yang percaya bahwa Air Terjun Madakaripura merupakan tempat Patih Gadjah Mada bertapa untuk kali terakhir. Anda pasti sudah tahu Gadjah Mada adalah seorang patih yang berasal dari Kerajaan Majapahit. Berdasarkan kitab Jawa Kuno, Negarakertagama, Mardakaripura adalah tanah pemberian Raja Hayam Wuruk untuk sang patih. Di air terjun tersebut, Gadjah Mada kerap menyendiri untuk menyusun taktiknya demi menyatukan wilayah nusantara.

Kepercayaan lainnya adalah konon sang patih mengalami moksa. Dalam Bahasa Jawa berarti dia telah hilang secara fisik di dunia fana secara spiritual. Lantas, masyarakat di sana kemudian menggunakan Air Terjun Madakaripura sebagai tempat bersemedi bagi lelaku ritual setiap malam 1 Sura. Maka Anda tidak perlu heran atau kaget saat melihat patung Patih Gadjah Mada sedang bersemedi saat memasuki area Air Terjun Madakaripura.

Air Terjun Madakipura Probolinggo

Sangat menarik untuk dikunjungi, bukan? Jika ingin berkunjung ke Air Terjun Madakaripura Probolinggo, pastikan Anda sudah menyiapkan budget maupun kebutuhan agar perjalanan lancar.