Air Terjun Kali Bendo

Air Terjun Kali Bendo

Air Terjun Kali BendoAir terjun Kali Bendo adalah salah satu air terjun yang indah dan berada di kawasan desa Kampung Anyar di Banyuwangi. Air terjun ini sendiri memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter dan berada di kawasan Agro Wisata Kalibendo. Dimana dikawasan ini juga terdapat perkebunan kopi, cengkeh dan juga kopi. Kawasan ini juga berada didekat dengan kawasan kaki Gunung Ijen.

Lokasi Air Terjun Kali Bendo Banyuwangi
Untuk anda yang ingin liburan dan traveling ke kawasan ini, jika anda dari banyuwangi maka kawasan ini hanya berjarak sekitar 15 km. Dan ada banyak jalur alternatif yang bisa anda tempuh untuk bisa sampai kekawasan ini hingga akhirnya sampai ke Air Terjun Kalibendo. Jika anda dari pusat kota Banyuwangi, maka anda bisa melakukan perjalanan yang mengarah ke Terminal Sasak Perot yang lokasinya sendiri berada di Desa Bakung, Glagah, Banyuwangi. Lalu perjalanan anda diteruskan dengan mengambil arah lurus menuju ke arah barat sehingga anda akan tiba di kawasan pertigaan patung barong yang letaknya berada didesa Banjarsari. Dari pertigaan ini anda harus tetap saja lurus sehingga anda bisa melintasi Desa Kemiren hingga menuju ke Desa Tamansuruh. Dan perjalanan anda akan bisa dilanjutkan sekitar beberapa menit sehingga bisa masuk ke kawasan kampung anyar. Setelahnya anda bisa masuk ke kawasan kalibendo, namun harus masuk melalu Gerbang dari PT Perkebunan Kalibendo. Dimana anda bisa langsung memarkirkan di area parkir yang sudah disediakan di dekat dengan Gedung pertemuan.

Baca juga: Air Terjun Tirto Kemanten Banyuwangi

Setelah Anda memarkirkan kendaraan, selanjutnya perjalanan anda akan dilanjutkan dengan melakukan aktivitas jalan kaki atau lebih dikenal dengan trekking dengan menyusuri jalanan yang setapak dan melewati kawasan perkebunan cengkeh dan juga pohon bendo. Kondisi jalan yang memang setapak ini masih berupa sebuah tanah dengan kontur menurun dan juga agak berliku. Lalu anda akan tiba pada sebuah sungai yang memiliki jembatan untuk anda bisa melintasinya. Setelah melakukan perjalanan dengan menggunakan jembatan kayu selebar sekitar 1 meter, anda akan melihat pemandangan dari perbukitan yang sangat indah dan tanaman hiterogen yang ada di kawasan ini.

Dari sungai ini anda harus melanjutkan perjalanan anda dengan meyusuri jalanan yang setapak dari atas sisi sungai yang kurang lebih jaraknya hanya 300 meter saja dari arah barat , lalu anda akan ketemu lagi dengan sebuah sungai. Dan setelah itu anda akan tiba di lokasi air terjun Kali bendo. Walaupun perjalanannya cukup jauh dan sangat melelahkan, tapi pemandangan yang disajikan dari air terjun disini memang tidak akan membuat anda merasa kecewa. Karena pemandangan indah dengan suasana yang asri benar – benar akan menghilangkan rasa capek yang anda alami dan anda rasakan.

Fasilitas Air Terjun Kali Bendo
Saat anda melakukan kunjungan atau rekreasi di air terjun kali bendo ini sebenarnya tak perlu khawatir mengenai fasilitasnya, karena di kawasan wisata satu ini sudah dilengkapi dengan area untuk parkir yang sudah disediakan oleh pihak dari pengelola. Dan di pinggir dari sungai aliran air terjun ini sudah banyak juga beberapa warung – warung yang juga menjual banyak jenis minuman dan makanan ringan dan berat. Jadi sebagai wisatawan yang ingin berkunjung ke kawasan ini juga tidak perlu lagi untuk membawa banyak bekal.

Air Terjun Kali Bendo

Dengan kemudahan dan fasilitas yang diberikan tak heran saat ini, kawasan air terjun kali bendo menjadi salah satu pilihan tujuan wisata untuk anda yang ingin liburan bersama dengan keluarga dan teman – teman terdekat sekedar menghilangkan rasa penat.